Amalan di Bulan Sya’ban Akan Allah Lipat Gandakan Selama Satu Tahun

Amalan Di Bulan Sya'ban Akan Allah Lipat Gandakan Selama Satu Tahun
Ilustrasi Amalan di Bulan Sya'ban. Foto: Ist/Net

Amalan di bulan Sya’ban sangatlah banyak dan juga dapat menambah pahala untuk kita yang melaksanakannya. Sya’ban sendiri merupakan bulan ke-8 dalam Islam kalender Hijriyah.

Bulan ini juga berada pada tengah-tengah bulan Rajab dan Ramadhan. Banyak juga yang menyebutnya Nisfu yang berarti tengah atau pertengahan. Karena memang bulan ini berada di tengah-tengah.

Tanpa kita sadari bahwa bulan Sya’ban adalah bulan yang terdapat banyak pahala dan juga keutamaan. Bahkan bulan ke-8 ini juga merupakan bulan persiapan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

baca juga: Makanan Khas Bulan Ramadan di Berbagai Negara

Lantas Apa Saja Amalan di Bulan Sya’ban Itu?

Tahukah anda bahwa Sya’ban adalah bulan yang penuh berkah? Karena pada bulan inilah Allah menaikkan amalan-amalan umat manusia selama 1 tahun.

Seorang budak yang bernama Usamah bin Zaid bertanya kepada Nabi Muhammad mengenai bulan Sya’ban yang Rasulullah selalu semangat daripada bulan-bulan lainnya.

Kemudian beliau menjawab:

baca juga: Hadapi Bulan Ramadan 2021, Bulan Penuh Berkah

Puasa Sunnah Sya’ban

Dalam hal ini terdapat hadits yang telah diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah RA:

Sebagai umat Rasul Muhammad, sudah sepantasnya apabila kita mengikuti apa yang telah Beliau ajarkan kepada kita. Salah satunya amalan di bulan Sya’ban ini. Bulan ini juga merupakan bulan kesempatan terakhir untuk anda yang masih mempunyai hutang puasa.

baca juga: Fakta Bulan Purnama Salju Muncul Malam Ini, Catat Waktunya!

Membaca Al-Qur’an

Tak hanya untuk amalan di bulan Sya’ban saja. Akan tetapi, hari-hari biasa pun kita juga harus memperbanyak membaca Al-Qur’an. Para Tabi’in juga meningkatkan amal shalih pada bulan kedelapan ini.

Dengan demikian, berarti kita juga harus membaca Al-Qur’an supaya kita juga mendapatkan pahala yang berlipat tersebut. Allahumma Aamiin.

Namun perlu anda ingat juga, semua itu harus kita lakukan dengan ikhlas dan lillah. Jangan hanya ingin mendapatkan pujian dari manusia saja. Naudzubillahi Mindzalik.

Memperbanyak Melakukan Sedekah

Sedekah sendiri memiliki keutamaan yang sangat dahsyat untuk kehidupan kita. Apalagi jika anda melakukannya pada waktu subuh, Maa Syaa Allah, Allah Maha Besar. Hari-hari saja powernya sungguh luar biasa. Lalu bagaimana jika menjadikan sedekah sebagai amalan di bulan Sya’ban?

Akan berapa banyak dan berapa tingginya pahala yang akan kita dapatkan. Asalkan lillah dan mengharapkan ridho Allah. Sungguh Allah Maha Baik dan yang Terbaik. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menuju surganya. Mengapa masih memilih jalan ke neraka?

Memperbanyak Berdoa Kepada Allah Ta’alla

Ketika Nisfu Sya’ban, maka amalan di bulan Sya’ban yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbanyak berdoa, mengingat Sya’ban adalah bulan yang sangat mulia. Tak hanya puasa saja, tetapi berdoa juga bisa.

Dalam sebuah hadits telah dijelaskan bahwa, Rasulullah Muhammad bersabda:

Amalan di Bulan Sya'ban

Memperbanyak Mengingat Allah dengan Berdzikir

Amalan di bulan Sya’ban yang selanjutnya adalah memperbanyak mengingat Allah SWT dengan berdzikir. Karena dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang.

Dalam Al-Qur’an Surat Ar-Ra’d ayat 28:

Sudah pasti jika kita memperbanyak dzikir saat Nisfu Sya’ban, maka kita juga akan mendapatkan keutamaan dan pahalanya. Sebagaimana telah dijelaskan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi: sudah seharusnya seorang muslim mengisi waktu luangnya dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat. Khususnya pada bulan Sya’ban dan juga pada pertengahannya.

Beberapa amalan di bulan Sya’ban tersebut mari kita amalkan agar menjadi salah satu umat Allah yang mendapatkan semua kebaikannya pada bulan mulia ini. Allahu Akbar. (Muhafid/R6/HR-Online)