Minggu, Juni 26, 2022
BerandaGaya HidupKhazanahAmalan Hari Jumat untuk Wanita yang Jangan Sampai Terlewatkan

Amalan Hari Jumat untuk Wanita yang Jangan Sampai Terlewatkan

Amalan hari Jumat untuk wanita merupakan suatu amalan yang sayang jika kita lewatkan. Tidak hanya laki-laki saja yang wajib untuk menunaikan ibadah pada hari Jumat. Tetapi juga wanita, ada amalan-amalan yang juga memiliki nilai pahala besar.

Jumat sendiri merupakan hari besar dalam Islam. Rasulullah SAW telah bersabda:

Beberapa Amalan Hari Jumat untuk Wanita yang Bisa Anda Amalkan

Membaca Shalawat Kepada Nabi SAW

Ketika kita memperbanyak membaca shalawat pada hari-hari biasa saja, kelak kita akan mendapatkan syafaatnya, apalagi jika kita membaca dan juga memperbanyakkan ketika hari raya umat Islam ini. Sungguh salah satu amalan hari Jumat untuk memberikan anda pahala yang lebih berlipat ganda.

baca juga: Adab Bangun Tidur Merupakan Anjuran Amalan Baik Baginda Nabi SAW

Sebagaimana dalam hadits baginda Nabi Muhammad SAW:

Selain itu, ada juga hadits yang menyatakan bahwa:

Amalan Hari Jumat untuk Wanita

Memperbanyak untuk Berdoa

Doa merupakan senjata yang super ampuh untuk semua umat muslim. Bahkan ada takdir Allah yang bisa kita ubah dengan memperbanyak berdoa dan juga memperbaiki diri. Misalnya adalah jodoh. Nah, memperbanyak berdoa itu termasuk dalam amalan hari Jumat untuk wanita.

baca juga: Sholat Sunnah Fajar, Amalan yang Mampu Memberikan Rumah Megah

Sebagaimana bunyi hadits:

Memperbanyak Mengucap Istighfar dan Zikir

Allah akan melipatgandakan pahala kepada siapapun yang datang dengan membawa amalan baik. Bahkan, Rasulullah sendiri pada setiap hari Jumat tak pernah sekali pun untuk lalai membaca istighfar.

Tidak hanya membaca istighfar saja, tetapi juga dianjurkan untuk membaca tahmid, tahlil, dan takbir. Namun untuk jumlahnya sendiri tidak ada batasannya. Perbuatan tersebut juga termasuk dalam amalan hari Jumat.

Shalat Dzuhur Tepat Waktu

Meskipun tidak bisa menunaikan shalat Jumat jamaah, namun amalan untuk wanita ini memiliki pahala sama dengan pria yang shalat berjamaah di masjid. Seorang wanita juga bisa menunaikan shalat Jumat tepat pada waktunya.

Membaca Surat Al-Kahfi

Amalan sunnah ini tidak hanya untuk kaum adam saja, tetapi juga menjadi amalan hari Jumat wanita. Berdasarkan kalender hijriyah, Jumat itu mulai pada Kamis petang saat matahari terbenam.

Sebagaimana bunyi hadits:

Memotong Kuku

Mengenai memotong kuku merupakan amalan hari Jumat untuk wanita ini, ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang bagaimana caranya.

Bahkan beberapa riwayat tersebut menyatakan bahwa ada hari-hari tertentu yang afdhal untuk anda gunakan memotong kuku, yakni hari Kamis dan Jumat.

Mandi dan Membersihkan Diri

Meskipun dalam sebuah riwayat hadits telah menyatakan bahwa membersihkan diri ataupun mandi hanya untuk yang hendak melaksanakan shalat Jumat saja, akan tetapi juga menjadi amalan hari Jumat. Bahkan bisa dilakukan untuk anda yang sudah baligh.

Amalan Hari Jumat untuk Wanita

Bagi anda yang belum mengamalkan amalan hari Jumat untuk wanita di atas, mari bersama mengamalkan amalan sunnah ini. Hal ini demi mengharap ridho-Nya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -