Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariJalan Masih Rusak, Warga Cigayam Ciamis Ancam Tak Bayar PBB

Jalan Masih Rusak, Warga Cigayam Ciamis Ancam Tak Bayar PBB

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ancam mogok bayar PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan.

Ancaman tersebut karena warga merasa Pemkab Ciamis, tidak kunjung memperbaiki jalan Sindangrasa-Cigayam yang rusak.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Karang Taruna Desa Cigayam, Komar Siddiq kepada HR Online, Jumat (12/3/2021).

Menurut Omay sapaan akbar Komar, jika Pemkab Ciamis terus menunda pembangunan ruas jalan Sindangrasa-Cigayam, maka pihaknya bersama warga akan melakukan aksi boikot bayar PBB.

“Apabila pihak pemerintah tidak segera merealisasikan perbaikan ruas jalan tersebut pada tahun anggaran 2021, maka masyarakat secara bersama-sama akan mengambil sikap dan pernyataan untuk menangguhkan pembayaran PBB. Serta melakukan aksi demonstrasi,” tegasnya.

Berita Terkait : Rusak, Pemkab Ciamis Diminta Tangani Jalan Sindangrasa-Cigayam

Lebih lanjut Omay mengatakan, bahwa sumber daya alam di wilayah Kecamatan  Banjaranyar, sangat berpotensi untuk dikembangkan secara maksimal. Yaitu, mulai dari sektor pertanian, peternakan, perikanan hingga kehutanan. Hal itu dapat dikelola secara terintegrasi dan berkelanjutan.

“Namun potensi tersebut tidak akan dapat dimaksimalkan, jika tidak diimbangi dengan pembangunan infrastruktur yang baik. Pasalnya, jalan sebagai penunjang terhadap aksesibilitas arus barang dan jasa yang dihasilkan,” katanya.

Menurutnya, dalam pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu aspek terpenting yang harus menjadi skala prioritas.

“Infrastruktur merupakan roda penggerak atau lokomotif pertumbuhan ekonomi. Dan, pendongkrak pembangunan nasional maupun daerah,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, secara ekonomi makro, ketersediaan infrastruktur juga dapat mempengaruhi Marginal Productivity of Private Capital. 

“Sedangkan dalam ekonomi mikro, ketersediaan infrastruktur juga berpengaruh terhadap efisiensi biaya produksi” paparnya. 

Lebih lanjut Omay menambahkan, ada hal yang menjadi sorotan utama yang kaitannya dengan pembangunan infrastruktur. Seperti, beberapa ruas jalan yang tidak layak dipergunakan berada di Desa Cigayam, salah satunya yaitu Jalan Sindangrasa – Cigayam.

“Jalan tersebut tidak kunjung diperbaiki. Kondisinya juga saat ini sangat mengkhawatirkan dan memprihatinkan. Sehingga sangat mengganggu terhadap perkembangan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -