Anime Dark Ending Selain AOT, Ceritanya Menyayat Hati dan Tragis

Anime Dark Ending
Rekomendasi Anime Dark Ending. Foto: Ist/Net

Sebagai anime paling populer saat ini, Attack On Titan (AOT) akan menjadi anime dark ending selanjutnya. Hal ini ditegaskan oleh sang pencipta AOT Hajime Isayama. Apa sih arti dark ending?

Dark ending adalah kebalikan dari akhir yang bahagia. Alur ceritanya ending mampu mengoyak hati dan perasaan para penontonnya.

Rekomendasi Anime Dark Ending

Selain Attack On Titan sebenarnya masih ada sekitar 30 anime yang memiliki ending yang tragis. Namun, HR Online hanya akan membahas lima anime saja yang memiliki kisah akhir tragis ini.

Code Geass

Anime dark ending pertama berjudul Code Geass, cerita tentang perjuangan Lelouch Vi Britannia untuk membuat dunia yang damai untuk adiknya.

Lelouch adalah sosok kakak yang sangat menyayangi adiknya melebihi apapun. Asalkan adiknya bahagia, dunia pun akan dia lawan.

Baca Juga: Anime Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favorit Kamu?

Adik Lelouch ini bernama Nunnally. Keduanya merupakan anak dari raja Britania yang diasingkan karena hal politik.

Code Geass juga termasuk dalam anime strategi yang terbaik. Dewa kipas atau GM Irene jika bertemu Lelouch kemudian bermain catur mungkin akan kalah juga.

Jangankan catur, Lelouch bahkan bisa membuat organisasi kecil menjadi sebuah asosiasi layaknya PBB. Namun, Lelouch harus menjalani kehidupan yang tragis.

Pada akhir cerita ia sengaja dibunuh oleh sahabat sejatinya Kururugi Suzaku yang menyamar jadi Zero. Lelouch bukan tidak tahu, melainkan itu memang rencananya.

Nunnally pun awalnya biasa saja melihat kakaknya terbunuh karena melakukan banyak kejahatan malah menangis. Rupanya Lelouch menjadi jahat dan musuh dunia hingga terbunuh agar dunia adiknya menjadi damai.

Death Note

Anime Dark Ending yang kedua adalah Death Note. Anime yang mustahil bisa tayang di TV Indonesia.

Hal ini karena anime memang sulit dipahami bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Apalagi sensor di Indonesia sangat ketat hingga tak masuk akal.

Anime yang menceritakan Light Yagami yang memiliki buku kematian. Siapapun yang namanya ditulis dan wajahnya diketahui maka akan mati.

Light Yagami hanya membunuh para penjahat saja. Masalahnya kepolisian tidak menyukai tindakan tersebut dan harus melibatkan detektif terbaik di dunia yaitu L.

Baca Juga: Sinopsis Anime Death Note, Siapa yang Tertulis di Buku Akan Mati

Dengan kecerdasan yang luar biasa, Light bisa membunuh L alias Lawliet. Setelah kematian L ada penerusnya juga yang bernama Nate River atau biasa disebut N.

Akhir tragis bagi Light Yagami, ia tak hanya ditangkap melainkan ditembak. Ia juga tak mati seketika bahkan sempat melihat bayangan masa lalunya.

Clannad

Anime dark ending yang ketiga adalah Clannad dari Season 1 dan 2. Jika Anda ingin menonton siapkan bahu orang tersayang Anda untuk bersandar.

Karena, anime ini benar-benar menyajikan kisah yang sedih di hampir setiap episodenya. Padahal ceritanya hanyalah seperti kehidupan anak SMA hingga menjalani pernikahan.

Kisah cerita cinta antara Okazaki Tomoya dan Furukawa Nagisa. Kisah sedih menghampiri hampir semua pemerannya, bahkan ayah dan ibu dari Nagisa serta Tomoya juga.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Strategi, Bikin Kamu Mikir Keras

Singkat cerita saja ya, Tomoya dan Nagisa ini menikah. Tak lama kemudian Nagisa pun hamil. Anak dari Nagisa dan Tomoya ini bernama Ushio.

Namun saat melahirkan itu, Nagisa harus meninggalkan Tomoya untuk selamanya. Ushio pun diurus mertua Tomoya, karena Tomoya sangat stress hingga bertahun-tahun lamanya.

Singkat cerita Ushio pun tumbuh menjadi anak usia 5 tahun yang mandiri. Tomoya awalnya tak peduli dengan Ushio.

Namun lambat laun kasih sayang ayah muncul dari hati Tomoya. Ia pun yang tadinya peduli amat jadi sangat sayang kepada Ushio.

Naasnya, ketika Tomoya mulai menyayangi anaknya. Ushio malah meninggal dunia juga. Ia menganggap bahwa kota itu sangat membenci dirinya.

Ia kehilangan sosok ibu saat kecil, istri yang sangat ia cintai dan juga anak yang ia sayangi. Namun, ada alternatif ending lainnya.

Nagisa dan Ushio masih hidup dan mereka hidup bahagia. Namun itu hanya sekilas saja yang ingin kisah Tomoya berakhir happy.

Another

Anime dark ending yang keempat adalah Another. Memiliki genre yang sangat horor. Bahkan ada yang menyebut anime Another sebagai The Best anime horor.

Baca Juga: Sinopsis Anime Another, Awas Jangan Nonton Malam Hari!

Karena tidak menunjukkan sosok hantu atau apapun yang menyeramkan. Bagi yang ingin nonton anime ini, siapkan mental Anda terlebih dahulu.

Menceritakan tentang anak SMP kelas 3E yang memiliki aturan khusus. Mereka bisa saja mendapatkan malapetaka jika melanggar aturan.

Malapetaka hadir jika dalam kelas tersebut ada murid tambahan. Namun murid tambahan itu bukan manusia, melainkan orang yang telah meninggal.

Hal yang membuat anime ini memiliki dark ending adalah sosok siswa tambahannya yang tak terduga. Ia adalah guru baru mereka yang sangat ramah dan baik.

Ansatsu Kyoushitsu

Anime dark ending yang terakhir adalah Ansatsu Kyoushitsu atau Assassination Classroom. Memang terlihat kejam juga judulnya, namun memiliki alur cerita yang cukup lucu juga sebenarnya.

Ceritanyaa ada sosok aneh yang tiba-tiba ingin mengajar di kelas 3E yang terkenal sebagai kelas gagal. Kelas tersebut berisi orang-orang yang hanya menguasai satu mata pelajaran saja.

Namun ada satu orang yang cerdas, hanya saja ia sangat suka berkelahi. Makhluk aneh itu adalah buronan militer dunia yang menghancurkan setengah bulan.

Kelas itu memiliki tugas belajar seperti biasa dan mencoba membunuh gurunya itu. Uniknya, hanya dengan peluru karet saja yang bisa melukai guru tersebut.

Guru itu memiliki kekuatan kecepatan 20 Mach. Perjalanan dari Tiongkok ke Jepang saja pulang pergi hanya 10 menit.

Singkat cerita, guru aneh ini sukses dalam mengajar anak-anak yang dianggap gagal. Bahkan membuat anak-anak itu ke jalur yang benar sesuai dengan bakatnya.

Namun, akhir ceritanya adalah para murid yang bahagia dan menyayangi guru itu harus membunuh gurunya. Karena militer telah memiliki senjata yang luar biasa.

Guru itu memilih agar anak-anak tersebut yang membunuhnya daripada oleh militer. Sedih banget pokoknya lah.

Itulah beberapa anime dark ending yang menyayat dan mempermainkan hati penontonnya. Semua anime ini bisa Anda saksikan juga di Netflix. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu