Anime Youjo Senki, Kisah Bocah Pimpin Pasukan Perang

Anime Youjo Senki
Anime Youjo Senki tayang di Netflix dengan judul Saga of Tanya Evil. Foto: Ist/Net

Pernah melihat seorang bocah memimpin pasukan? Dalam sinopsis anime Youjo Senki ada cerita seperti itu. Youjo Senki atau dalam versi bahasa Inggrisnya adalah Saga of Tanya Evil.

Anime ini merupakan adaptasi dari novel ringan karya Carlo Zen. Kemudian diadaptasi ke anime pada tahun 2019 dengan sutradara Yutaka Uemura.

Perusahaan Crunchyroll yang mendapatkan lisensi anime Youjo Senki ini. Untuk soundtrack lagu openingnya berjudul “Jingo Jungle” yang dibawakan MYTH & ROID.

Untuk Lagu closing berjudul “Los! Los! Los!” oleh Tanya Degurechaff (Aoi Yuuki). Lagu ini cukup unik, karena jarang sekali dubber anime menyanyikan lagu soundtrack juga.

Sinopsis Anime Youjo Senki

Awal cerita saat peperangan, bombardir senjata di mana-mana. Namun, tiba-tiba muncul tentara dengan kekuatan sihir.

Salah satu tentara ternyata adalah anak kecil perempuan bernama Tanya Degurechaff. Rupanya ia adalah seorang komandan pasukan sihir tersebut.

Baca Juga: Kenapa Eren Jadi Jahat? Simak Prediksi Ending Attack on Titan

Kedatangannya membuat pasukan yang ia bela aman untuk sementara waktu. Tanya adalah salah satu tentara dari negara Kekaisaran.

Wilayah kekaisaran ini juga diapit oleh beberapa negara besar di sekitarnya. Kekaisaran juga sangat mengandalkan perang untuk membuat negara lain bertekuk lutut.

Sementara markas kostrad Kekaisaran berada di ibukota yaitu Berun. Markas kostrad ini juga bertugas untuk merencanakan strategi perang.

Neraka Peperangan Medan Rhein

Tanya dan kelompok penyihirnya bertugas di medan Rhein. Lokasi ini sangat strategis dan mengalami kebuntuan dalam peperangan.

Dalam anime Youjo Senki ini, Tanya memiliki kepribadian sangat tegas. Ia juga tak mentolerir adanya pembantahan perintah. Tanya sangat menjunjung tinggi aturan.

Baca Juga: Sinopsis Anime Tokyo Ghoul, Kisah Monster Pemakan Manusia

Misi berat langsung diterima pasukan dari Tanya. Timnya harus menyelamatkan tim pengintai yang terperangkap.

Dengan alat sihir, Tanya dan timnya pun menjalankan misi tersebut. Tak diduga Tanya bisa mengalahkan 1 kompi musuh sendirian.

Fakta Tentang Tanya Degurechaff

Terungkap fakta di anime Youjo Senki, rupanya Tanya bukanlah asli dari Kekaisaran. Tanya ternyata hanya seorang karyawan di kota Jepang.

Zamannya pun berbeda, jika Tanya seolah di zaman dahulu sedangkan sosok aslinya ada di zaman sekarang.

Ia adalah seorang karyawan sebuah perusahaan. Di Jepang itu, ia adalah orang yang rasional. Ia menjadikan aturan adalah segalanya.

Ia bahkan memecat pegawai tanpa ampun sedikit pun. Kemudian ia pergi ke stasiun, kemudian didorong ke kereta yang berjalan oleh orang yang dipecatnya.

Tiba-tiba waktu berhenti. Rupanya tuhan sedang menampakkan diri. Singkat cerita ia dipindahkan kehidupannya ke dunia lain.

Ia dipindahkan ke masa peperangan, namun ingatan ketika masih di Jepang masih ada. Ia menyebut tuhan itu adalah “Keberadaan X”.

Jadi terjawab dalam anime Youjo Senki ini mengapa gadis kecil itu bisa memimpin sebuah pasukan.

Awal Mula Menjadi Tentara 

Sadar ia dipindahkan ke dunia lain, Tanya  ingin hidup aman dengan menjadi militer. Karena satu-satunya agar hidupnya mudah dengan cepat adalah di kemiliteran.

Rupanya, Kekaisaran sering melakukan pengecekan sihir pada anak-anak dan Tanya memiliki energi sihir yang kuat.

Tak perlu menunggu dewasa, Tanya pun langsung menjadi relawan militer. Kemudian ia mendapatkan tugas untuk menjadi pengintai.

Dalam anime Youjo Senki ini, tiba-tiba Tanya diserang oleh penyihir negara Aliansi Entente. Tanya yang sendirian berhasil mengalahkan 10 penyihir Entente.

Atas hal itu ia mendapatkan penghargaan sayap perak militer. Setelah itu ia bertugas menjadi seorang instruktur di garis belakang.

Tanya harus melakukan uji coba alat terbang dengan kekuatan permata. Namun, alat yang ia buat mudah meledak. Bahkan beberapa kali ia nyaris terbunuh dalam mencoba alatnya.

Tiba-tiba sosok “Keberadaan X” menghampiri Tanya. Ia menyuruh Tanya berdoa agar selamat. 

Pagi harinya benar saja, ia nyaris terbunuh karena alat perlindungan tiba-tiba rusak. Namun Tanya berdoa kepada tuhan lalu ia selamat. Alat itupun berfungsi dan bisa ia gunakan kembali di medan tempur.

Pembentukan Batalyon Penyihir

Dalam anime Youjo Senki ini, terbentuk batalyon cepat tanggap. Hal ini karena wakil komandan bernama Zettour mendengarkan pendapat perang dari Tanya. 

Tanya mengatakan akan terjadi perang dunia. Ia pun memberi ide agar ada pasukan penyihir setidaknya satu batalyon.

Rupanya usul tersebut diterima dan ramalan Tanya tentang perang dunia menjadi kenyataan. Tanya pun dengan berat hati mengiyakannya.

Padahal niatnya adalah agar ia “terpakai” oleh atasannya. Ia pun akhirnya membuat satu batalyon. 

Bagaimana perjuangan Tanya dalam anime Youjo Senki ini? Apakah “keberadaan X” mampu membuatnya beriman. Simak kelanjutan aksinya di Netflix dengan judul Saga Of Tanya The Evil. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu