Apa Arti Rumbling di Attack on Titan? Fans Anime Wajib Baca!

Rumbling di Attack on Titan
Apa Arti Rumbling di Attack on Titan? Foto: Ist/Net

Banyak orang yang tak mengetahui mengenai kata Rumbling di Attack on Titan. Apalagi bagi yang sudah membaca spoiler ending Attack on Titan.

Jika di anime memang belum muncul kata Rumbling. Di episode 14 baru membahas mengenai Eren yang membenci Mikasa.

Kata-kata rumbling ini pasti akan muncul menjelang akhir dari Attack on Titan. Karena rumblinglah yang menjadi kunci utama tamatnya Attack on Titan.

Pengertian Rumbling di Attack on Titan

Jika di translate dalam bahasa Indonesia ada dua pengertian dari rumbling ini. Ada yang artinya ‘keroncongan’ dan juga yang berarti ‘suara gaduh’ atau ‘gemuruh’.

Tapi tidak mungkin bermakna keroncongan, masa iya Eren menyerang dunia karena keroncongan lapar? Sementara arti suara gaduh atau gemuruh, ini yang paling masuk akal.

Kata-kata gemuruh sendiri akan Anda temukan di anime atau manga Attack on Titan. Entah itu dari Eren, Reiner hingga Zeke pernah mengucapkannya.

Rumbling di Attack on Titan adalah menyerangnya Wall Titan ke seluruh dunia. Kekuatan Founding Titan yang memerintah Wall Titan tersebut.

Baca Juga: Kenapa Eren Benci Mikasa? Fans Attack on Titan Jangan Sedih Dulu

Di anime Attack on Titan ini hingga season 4 belum ketahuan secara pasti bentuk dan kekuatan Founding Titan. Namun satu yang pasti adalah mampu memanggil dan memerintah Wall Titan sesuka hati.

Mungkin Anda juga akan bertanya, Female Titan dan Beast Titan bisa juga memanggil Titan juga? Jawabannya iya, namun jenis Titan dan efeknya berbeda.

Female Titan yang dimiliki oleh Annie Leonhart bisa memanggil Titan ke tempat ia berada. Namun, Titan yang datang adalah untuk memakannya bukan menuruti perintahnya.

Sedangkan Beast Titan bisa memanggil bahkan memerintah Titan juga. Namun, yang bisa dikendalikannya hanya Titan-Titan lemah.

Hal ini bisa terlihat pada Episode 14 yang 19 menit kemarin. Hanya Levi Ackerman saja bisa membantai seluruh Titan yang ada di sana.

Perbedaan Wall Titan dan Colossal Titan

Banyak orang yang berkata bahwa rumbling di Attack on Titan ini adalah cara mengendalikan Colossal Titan. Padahal Wall dan Colossal Titan ini adalah dua jenis yang berbeda.

Baca Juga: Attack on Titan Season 4 Episode 14, 19 Menit yang Berharga

Pertama adalah dari tingginya. Anda tentu masih ingat episode pertama season 1 anime Attack on Titan. Saat itu kepala Colossal Titan melebihi dinding. Hal ini yang membuat perbedaan mendasar dari Colossal dan Wall Titan.

Kedua, Wall Titan adalah Titan yang berada di tembok. Tembok yang dibuat sangat kokoh bahkan tak ada retakan sedikitpun.

Hal ini karena raja Fritz terdahulu menggunakan kekuatan Titan untuk membangun tembok. Kekuatan pengerasan digunakan, agar tak ada kecacatan pada tembok hingga ribuan tahun sekalipun.

Ketiga,Wall Titan ini tidak memiliki akal. Berbeda jauh dengan Colossal Titan yang dikendalikan oleh seorang saja. Sebut saja Armin yang mengendalikan Colossal Titan untuk merusak kota.

Sementara Wall Titan ini tak memiliki akal sama sekali. Wall Titan hanya mengikuti perintah dari Founding Titan.

Kekuatan Rumbling di Attack on Titan hanya dimiliki oleh Founding Titan. Tak ada yang bisa mengendalikannya kecuali Founding Titan.

Syarat Rumbling

Untuk mendapatkan kekuatan rumbling di Attack on Titan ada syarat yang harus terpenuhi. Bisa dibilang bukan hanya Rumbling tapi kekuatan dari Founding Titan.

Syarat pertama adalah harus memiliki darah kerajaan. Satu-satunya yang memiliki darah kerajaan adalah Historia Reiss.

Tapi tak mungkin Eren memakan Historia. Karena Eren juga memiliki rasa persahabatan yang sangat tinggi terutama pada Historia dan Mikasa.

Namun, syarat ini tak perlu hanya darah saja. Melainkan dengan bersentuhan dengan darah kerajaan saja.

Hal ini terbukti kala Eren bisa mengaktifkan kekuatan Titan koordinat kala bersentuhan dengan Titan Dina Fritz. Selain itu ia juga mendapatkan ingatan yang luar biasa kala menyentuh tangan Historia.

Syarat kedua adalah harus sama-sama Titan Shifter. Satu-satunya orang yang bisa memenuhi syarat ini adalah Zeke. Spoiler lagi, Hal inilah yang membuat Eren ingin bekerja sama dengan Zeke.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Rumbling di Attack on Titan. Kita tunggu saja kengerian yang akan terjadi setelah Eren mendapatkan kekuatan Titan pendiri ini di platform IQIYI yang gratis. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu