Apartemen Peternakan Ayam Masuk Program Petani Milenial Jabar

Apartemen Peternakan Ayam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau apartemen peternakan ayam di Cibodas, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (7/3/2021).

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan Peternakan ayam dengan memanfaatkan teknologi 4.0 atau apartemen ayam akan masuk program petani milenial.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat meninjau apartemen ayam di Cibodas, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (7/3/2021).

Apartemen ayam ini memiliki lima lantai dan struktur kokoh dengan luas 40 meter persegi. Ini merupakan terobosan baru dalam peternakan berbasis teknologi 4.0. Kapasitas apartemen ayam ini mampu menampung sampai 5 ribu ekor. Istimewanya, kandang ini tidak menimbulkan bau dan bersih.

Dalam memberikan pakan, peternakan apartemen ayam ini menggunakan alat dengan pengendali jarak jauh. Kotorannya pun bisa menghasilkan nilai ekonomi dengan langsung melakukan pengolahan dengan cara fermentasi.

“Memberi makan dan minuman pakai teknologi 4.0. Apartemen ini juga bisa sekaligus membersihkan kotoran dengan menggunakan sebuah motor dan memfermentasikannya,” terang Ridwan Kamil.  

Teknologi apartemen ayam ini masuk pada program petani milenial. Sehingga hasil peternakan dari para pemuda sudah pasti terjual. Sehingga tidak perlu mencari pembeli, tapi mulai dari kesanggupan pembeli. Jabar telah menjalin kerja sama dengan pembeli yang siap membeli hasil peternakan sampai 2 juta ekor ayam setiap bulan.

“Jadi untuk menyiapkan 2 juta ekor ayam ini perlu 400 peternakan apartemen ayam. Setiap apartemen harganya Rp 150 juta,” katanya.

Dengan program petani milenial Jabar, Ridwan Kamil optimis bisa mengurangi angka pengangguran. Dapat menjaga ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang