Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruAplikasi Krealogi untuk UMKM, Revolusi Digital untuk Optimalkan Bisnis

Aplikasi Krealogi untuk UMKM, Revolusi Digital untuk Optimalkan Bisnis

Aplikasi Krealogi untuk UMKM merupakan besutan dari pembuat serta pemasok kerajinan anyaman, yakni Du Anyam.

Krealogi lahir dari adanya persoalan yang sering menimpa terhadap Du Anyam selama berada di lapangan. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Chief Executive Officer Krealogi, Azalea Ayuningtyas.

Selain itu, Azalea menilai bahwa digitalisasi pada sektor UMKM bukan hanya pada sisi pemasaran saja. Akan tetapi juga pada sisi manajemen usaha serta pengolahan data.

Hadirnya aplikasi ini  bertujuan untuk membantu pelaku UMKM ekraf untuk mengembangkan usaha.

Kemudian, juga meningkatkan pengelolaan operasional serta komunikasi dengan pihak eksternal melalui adanya transformasi digital.

Transformasi teknologi ini mencakup lebih banyak aspek yang berada diluar penjualan produk secara daring. Seperti pada pengolahan sistem, serta data yang baik.

baca juga: Aplikasi Pinjaman Online Terbaik, Apa Saja?

Mengenal Aplikasi Krealogi untuk UMKM

Seperti sebelumnya, Krealogi merupakan salah satu hasil dari inisiatif Du Anyam untuk selalu berinovasi selama masa pandemi.

Hingga bulan Maret 2021 ini, aplikasi Krealogi telah pengguna unduh hingga 10.000 orang. Lalu hingga kini pula, Krealogi terus membantu UMKM untuk dapat melakukan digitalisasi rantai pasok.

Selama masa pandemi Covid-19, memaksa para pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM selalu kreatif dengan menghasilkan inovasi serta beralih ke digital.

Tidak hanya dalam hal pemasaran, akan tetapi UMKM pun perlu melakukan peningkatan dalam hal pengelolaan terhadap operasional sampai pada komunikasi kepada pihak eksternal secara digital. Hal inilah yang mendasari Du Anyam untuk meluncurkan aplikasi Krealogi.

baca juga: Fitur Baru Aplikasi CariParkir, Permudah Reservasi Parkir pada Lobi Mall

Dasar Lahirnya Aplikasi Krealogi untuk UMKM

Hadirnya aplikasi Krealogi sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang ingin terhubung dengan ekosistem digital. Kemudian, juga memudahkan dalam pengembangan rantai pasok.

Direktur Utama Krealogi, Azalea Ayuningtyas menyampaikan adanya transformasi digital menjadi salah satu hal wajib yang perlu diadopsi oleh para pelaku usaha.

Hal ini bertujuan untuk dapat bertahan, serta terus bersaing secara sehat. Azalea juga menambahkan jika para pelaku usaha masih berjuang untuk bangkit dari pandemi.

Bahkan jauh sebelum masa pandemi melanda, Bapak Presiden Jokowi telah mengungkapkan bahwa para pelaku UMKM untuk tidak ketinggalan dalam mengikuti revolusi industri 4.0.

baca juga: Aplikasi Edit Tulisan di PC dengan Fitur Lengkap, Simak Rekomendasinya

Azalea Ayuningtyas juga menyebutkan bahwa salah satu kunci dari revolusi industri tersebut merupakan sistem serta pengolahan data yang populer dengan istilah big data.

Dengan adanya sistem serta pengolahan data yang baik, maka sebuah bisnis dapat melihat adanya perkembangan performa bisnisnya saat ini. Dengan demikian, para pelaku bisnis tersebut dapat melihat peluang perbaikan serta membuka pasar baru.

Maka, diharapkan dengan hadirnya aplikasi Krealogi untuk UMKM ini dapat menjadi penggerak revolusi industri 4.0 serta membantu para pelaku usaha pada masa pandemi saat ini.

Tentang Aplikasi Krealogi untuk UMKM dan Manfaatnya

Krealogi merupakan aplikasi buatan perusahaan pembuat serta pemasok kerajinan anyaman yang bernama Du Anyam.

Sebelum resmi meluncurkan aplikasi ini, Du Anyam pun telah lebih dulu menggunakan serta memanfaatkannya.

Krealogi memberikan penawaran terhadap solusi aplikasi yang ramah bagi pengguna dalam membantu untuk mencatat kegiatan operasional.

Seperti, mengecek dan mengelola pesanan, produksi, stok dan biaya yang dapat membantu para pelaku UMKM menjadi pemasok lebih handal.

Aplikasi Krealogi hadir berdasarkan dari pengalaman Du Anyam dalam membangun untuk rantai pasok terhadap ekonomi kreatif dari wilayah terpencil yang berada di Indonesia.

Dalam aplikasi ini terdapat 3 fitur unggulan yang dapat pengguna manfaatkan. Fitur tersebut antara lain manajemen order, perencanaan produksi, serta perhitungan biaya produksi.

Kehadiran fitur unggulan ini dapat membantu membuat rencana jadwal produksi, pekerja serta penghitungan HPP, standar kualitas, bahkan memantau produksi. Lalu, juga pengeluaran biaya dan juga evaluasi usaha dalam perbaikan, perluasan pasar, bahkan hingga modal kerja.

Dalam waktu kurang dari satu tahun, Aplikasi Krealogi untuk UMKM telah bekerjasama serta menerima ragam penghargaan dari berbagai institusi dari dalam maupun luar negeri.

Akhirnya peluncuran aplikasi Krealogi untuk UMKM ini terselenggara pada Selasa 23 Maret 2021 lalu secara virtual melalui zoom meeting serta live Youtube. Selain peluncuran aplikasi, terselenggara pula sesi talkshow yang membahas mengenai Revolusi Digital bagi UMKM Kreatif Indonesia setelah Pandemi Covid-19 dengan beberapa narasumber. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img