Aplikasi Video Pendek BARS Facebook, Tampilkan Video Kualitas Keren

Aplikasi Video Pendek BARS
Ilustrasi Aplikasi Video Pendek BARS. Foto: Ist/Net

Aplikasi video pendek BARS akhirnya resmi diluncurkan Facebook dalam beberapa waktu lalu. Ketertarikan Facebook terhadap tren video pendek seperti yang dipopulerkan oleh TikTok hingga kini pun masih berlanjut.

Setelah berhasil meluncurkan Collab untuk menyaingi TikTok pada tahun lalu, akhirnya Facebook kembali memperkenalkan salah satu aplikasi video pendek yang bernama BARS.

Aplikasi ini diperuntukkan bagi para calon rapper dalam membuat serta membagikan konten rap mereka. BARS hadir memudahkan pengguna untuk memilih salah satu dari ratusan beat yang dibuat oleh para profesional.

Dengan demikian, para rapper dapat memodifikasi dengan menuliskan lirik serta merekamnya dalam bentuk video. Selain itu, BARS juga memberikan rekomendasi rima otomatis pada saat rapper ingin menulis lirik lagu. Platform ini juga menawarkan filter audio dan visual yang berbeda serta autotune.

baca juga: Aplikasi Pengelola Pajak Taxpedia Resmi Rilis, Berikut Keunggulannya

Mengenal Aplikasi Video Pendek BARS

Jika Collab hadir dengan tujuan agar penggunanya dapat menciptakan musik secara bersama-sama, akan tetapi untuk BARS hadir sebagai wadah berbagi untuk para calon rapper yang berbakat.

Premis yang terdapat pada aplikasi ini cukup sederhana. Hal menarik dari aplikasi video pendek ini adalah BARS dapat menganjurkan sejumlah kata yang berima (rhyme) untuk para rapper pemula yang masih minim pengalaman.

Namun bagi rapper berpengalaman yang menginginkan tantangan lebih, maka mereka dapat mengaktifkan mode freestyle. Selanjutnya dapat mulai nge-rap dengan menggunakan pilihan kata yang muncul pada layar.

Fitur Aplikasi Video Pendek BARS

Berhubung hasil akhir dari aplikasi ini adalah sebuah Video, maka terdapat sejumlah filter visual yang tersedia. Demikian pula pada beberapa fitur audio yang cukup spesifik seperti autotune.

Saat melakukan perekaman video yang memperoleh iringan musik, maka pengguna dapat menggunakan beragam jenis efek suara. Salah satunya adalah autotune yang banyak tersemat dalam berbagai lagu rap populer.

Efek dari autotune pada aplikasi video pendek ini dapat anda gunakan untuk membuat kualitas rekaman suara menjadi lebih bagus lagi.

Dalam penggunaan fitur ini, Facebook mengklaim bahwa hasil rekaman dari aplikasi video pendek BARS akan menghasilkan kualitas audio yang tinggi.

Hal ini setara dengan hasil rekaman studio. Menariknya lagi, BARS juga mempunyai fitur autosuggest yang bermanfaat untuk memberi petunjuk lirik atau nada dari sebuah lagu rap.

Akan tetapi ,dari awal tampilan aplikasi video pendek BARS terdapat sejumlah fitur yang hampir sama dengan TikTok. Fitur tersebut sepert “New” dan ” Featured” yang serupa dengan fitur “For You” serta Following.

Kemungkinan dengan beragam fitur tersebut, pengguna dapat menelusuri beragam jenis konten BARS lainnya. Hanya dengan mengusap layar ke atas ataupun ke bawah.

baca juga: Aplikasi Puja Indah, Optimalkan SPBE untuk Tingkatkan Layanan Publik

Kelebihan Aplikasi Video Pendek BARS

Seperti yang telah terulas sebelumnya, susunan aplikasi BARS besutan Facebook ini terbagi menjadi dua. Susunan tersebut terdiri dari Featured dan New.

Tombol ini berguna untuk melakukan interaksi video dan juga pada bagian kanan bawah video. Untuk profil pembuat konten terdapat pada kiri bagian bawah.

BARS hadir dengan menyediakan mode Challenge. Para pengguna dapat memodifikasi rekomendasi kata yang dari aplikasi tersebut.

Pengalaman ini hadir dengan tujuan untuk mengakomodasi bagi orang-orang yang hanya ingin bersenang-senang terkait rap. Hampir sama dengan aplikasi Smule AutoRap.

Selanjutnya video yang dihasilkan mempunyai durasi maksimal hingga 60 detik. Video BARS juga dapat anda simpan pada galeri ataupun media sosial pengguna lainnya.

Saat ini aplikasi video pendek BARS tersedia dalam versi beta bagi para pengguna iOS di Amerika Serikat. Aplikasi ini pun hingga kini belum dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Bagi mereka yang akan menggunakannya, maka masukkan ke dalam waiting list. Jika aplikasi telah siap, maka akan muncul notifikasi bagi para pendaftar.

Saat melakukan pendaftaran, maka akan terdapat pilihan level rap yang dapat pengguna lakukan. Mulai dari pemula hingga advanced.

Hal ini bertujuan untuk memunculkan mode freestyle bagi para rapper yang telah ahli. Pada mode ini akan memberikan delapan kata acak untuk akhirnya menjadi lirik rap 16 bar.

Bagi anda para rapper yang tertarik dengan aplikasi ini, maka anda tidak perlu khawatir. Semua karya yang telah anda unggah pada aplikasi video pendek BARS akan tetap menjadi milik anda. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid