Aplikasi WhatsApp Desktop, Panggilan Suara ataupun Video Lebih Asyik

Aplikasi WhatsApp Desktop
Ilustrasi Aplikasi WhatsApp Desktop. Foto: Ist/Net

Aplikasi WhatsApp desktop resmi hadir dan cukup mencuri perhatian. Saat ini para pengguna WhatApp dapat melakukan panggilan suara ataupun video individual melalui aplikasi baru tersebut. Hadirnya layanan ini telah terenkripsi secara end-to-end sehingga terjamin keamanannya.

Dalam hal ini, WhatsApp menjelaskan bahwa fitur ini dapat menjembatani banyak pihak yang terpisah dari orang-orang terdekat mereka. Bahkan yang masih menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja.

Selain itu, telepon serta video call pada WhatsApp desktop ini diklaim dapat memudahkan pengguna dalam berkomunikasi secara lebih jelas dengan layar lebih luas.

Baca Juga: Aplikasi iMessage di iPhone Jadi Pesaing WhatsApp, Ini Penjelasannya

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi WhatsApp Desktop

Dengan tingginya pengguna fitur panggilan aplikasi WhatsApp, menjadi salah satu alasan platform untuk menyematkan fitur panggilan serta video call pada WhatsApp Desktop.

Sesuai dengan data yang terhimpun dari WhatsApp pada awal tahun 2021, menyatakan bahwa telah terdaftar 1,4 miliar panggilan suara serta video dalam satu hari.

Fitur panggilan video serta suara bukanlah suatu yang baru pada aplikasi ini. Pasalnya, WhatsApp mobile mempunyai layanan ini sejak awal.

Akan tetapi, dengan hadirnya fitur ini dalam aplikasi WhatsApp Desktop, menandakan semua pengguna dapat melakukan panggilan suara serta video pada semua platform ini.

Baik pada versi mobile ataupun dekstop. Tidak jauh berbeda dengan versi mobilenya, fitur ini juga mempunyai keamanan terenkripsi.

Dengan kata lain, WhatsApp dan Facebook tidak dapat mengetahui panggilan tersebut. Namun, fitur panggilan suara serta video pada WhatsApp Desktop ini baru dapat mengakomodasi panggilan pribadi, belum tersedia untuk panggilan group.

Baca Juga: Cara Merekam Telepon WhatsApp Paling Efektif, Simak Ulasannya

Menggunakan Panggilan Suara atau Video pada Aplikasi WhatsApp Desktop

Terdapat beberapa perbedaan dalam melakukan panggilan pada WhatsApp Desktop dengan WhatsApp mobile. Perbedaan tersebut antara lain untuk panggilan pada WhatsApp Desktop, perangkat laptop atau PC yang akan digunakan harus terhubung dengan microphone serta mempunyai kamera yang tersemat pada perangkat tersebut.

Hal ini tentunya sangat menunjang fitur yang akan anda gunakan ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, panggilan suara dan video WhatsApp terenkripsi secara end to end.

Lalu dapat anda gunakan pada Windows 10 32 dan juga 64 bit version 1903 atau terbaru. Bahkan juga MBook macOS 10.13 serta yang terupdate.

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop, maka dapat mengunduh aplikasi pada web https://www.whatsapp.com/download.

Berikut ini cara menggunakan telepon dan suara pada WhatsApp Desktop, antara lain:

  1. Pastikan telah mengaktifkan aplikasi WhatsApp Desktop
  2. Bagi anda yang belum mempunyai, dapat mengunduh aplikasi ini pada MAC atau PC pengguna melalui situs resmi WhatsApp
  3. Buka undahan serta install aplikasi tersebut pada PC atau MAC yang anda miliki.
  4. Pastikan pengguna mempunyai akun WhatsApp yang telah diaktifkan dengan menggunakan nomor seluler
  5. Buka WhatsApp Desktop serta lakukan pemindaian pada kode barcode yang telah tersedia.
  6. Selanjutnya pengguna akan memperoleh tampilan yang hampir serupa dengan WhatsApp Web. Hal yang membedakan keduanya adalah tampilan tersedia panggilan video dan suara pada kanan atas dalam kolom chat.
  7. Langkah berikutnya, pengguna dapat langsung melakukan panggilan dengan mengetuk salah satu fitur tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Pengelola Pajak Taxpedia Resmi Rilis, Berikut Keunggulannya

Panggilan Video Aplikasi WhatsApp Desktop Masih dalam Persiapan

Berdasarkan uji coba yang telah ada, sangat sayang panggilan video melalui WhatsApp Desktop masih belum dapat berjalan dalam aplikasi ini.

Pasalnya, WhatsApp Desktop belum dapat mendeteksi kamera video pada perangkat laptop. Sedangkan pada fitur panggilan, pengguna dapat melakukannya dengan kualitas suara yang cukup jelas dari pengirim serta penerima telepon.

Pengguna akan melihat tampilan jendela secara terpisah pada saat menggunakan fitur panggilan suara. Uji coba ini dengan menggunakan laptop Micro-Star International (MSI) yang telah memperoleh kelengkapan Windows 10 65-bit.

Sedangkan pada MacBook Air, fitur panggilan suara dan video pada WhatsApp Desktop belum tersedia sama sekali. Sayangnya, fitur panggilan suara serta video pada versi dekstop baru dapat mengakomodasi panggilan pribadi, bukan panggilan group.

Terkait dengan hal ini, WhatsApp juga telah menjanjikan bahwa fitur baru versi desktop akan semakin lengkap dengan panggilan suara serta video secara group. Untuk menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop, mengharuskan pengguna untuk mempunyai versi mobilenya.