Aplikasi Zoom Escaper, Solusi Unik untuk Atasi Kejenuhan Zoom Meeting

Aplikasi Zoom Escaper
Ilustrasi Aplikasi Zoom Escaper. Foto: Ist/Net

Aplikasi Zoom Escaper dapat menjadi pilihan tepat bagi anda yang merasa bosan atau jenuh saat melakukan aktivitas virtual Zoom.

Meskipun praktis, kegiatan tatap muka virtual seperti rapat kerja atau kegiatan belajar mengajar selama berjam-jam tentu dapat menimbulkan kebosanan tersendiri.

Hal ini membuat anda seakan ingin kabur dari virtual tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, saat ini telah hadir aplikasi unik yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi kejenuhan tersebut.

Dengan Zoom Escaper, anda dapat membuat suara-suara bising palsu sebagai alasan untuk kabur dari rapat online. Aplikasi ini dibuat oleh seniman asal New York, Amerika Serikat bernama Sam Lavigne.

Sam Lavigne menyebutkan bahwa aplikasi ini merupakan salah satu cara sabotase dunia digital yang dapat mempengaruhi seseorang dalam dunia kehidupan sosial.

Cara kerjanya pun cukup unik dan sederhana. Semakin penasaran dengan Zoom Escaper? Berikut kita simak ulasan lengkapnya.

baca juga: HP Realme dengan Fitur OIS X3 SuperZoom, Gambar Tajam Tanpa Blur

Mengenal Aplikasi Zoom Escaper

Sejak pandemi Covid-19 melanda, pertemuan rapat lebih sering berjalan secara virtual, yakni dengan menggunakan aplikasi internet bernama Zoom.

Hadirnya aplikasi Zoom memungkinkan para pengguna untuk melakukan beragam kegiatan video conference, seperti rapat online hingga kegiatan belajar mengajar secara daring.

Akan tetapi, dibalik kepraktisan penggunaan aplikasi Zoom, faktanya banyak pengguna yang merasa letih dan jenuh karena terlalu lamanya video conference tersebut.

Kondisi ini sering dikenal dengan istilah Zoom Fatigue. Bagi anda yang sering mengalami kondisi ini dan ingin kabur dari rapat yang tengah berlangsung, maka anda dapat memanfaatkan aplikasi unik bernama Zoom Escaper.

baca juga: HP Vivo Kamera Zoom Spesifikasi Handal, Tangkap Objek Detail dan Jelas

Merupakan aplikasi berbasis web yang bisa menghasilkan suara palsu dalam pertemuan virtual zoom. Hadirnya suara tersebut tentu sangat mengganggu para peserta rapat. Dengan demikian, hal ini dapat menjadi alasan bagi anda untuk sign off dari virtual zoom tersebut.

Zoom Escaper bukanlah aplikasi pertama yang dibuat oleh Sam Laigne. Sebelumnya, pria berkebangsaan Amerika Serikat ini telah berhasil menghadirkan aplikasi bernama The Good Life.

Melalui aplikasi ini, memungkinkan para pengguna untuk memperoleh 225.000 e-mail dari Enron. Di mana merupakan perusahaan energi yang telah mengalami kebangkrutan sejak tahun 2001.

baca juga: HP Samsung Kamera Zoom dengan Detail Gambar Ciamik, Ini Pilihannya!

Kelebihan Aplikasi Zoom Escaper

Zoom Escaper merupakan widget web gratis yang memungkinkan anda untuk menambahkan beragam efek audio palsu pada panggilan Zoom yang anda ikuti.

Dengan demikian, ada banyak alasan bagi anda untuk dapat mengakhiri rapat serta melarikan diri dari virtual tersebut selagi anda bisa. Melansir dari theverge.com pada 18 Maret 2021 lalu, Zoom Escaper telah menyediakan delapan efek audio.

Efek audio tersebut antara lain suara koneksi putus-putus, suara angin kencang, suara gema, dan suara konstruksi bangunan. Terdapat pula suara tangisan bayi, suara tangisan seseorang, suara gonggongan anjing, hingga suara buang air kecil.

Pengguna dapat menggunakan salah satu dari pilihan suara tersebut untuk keluar dari rapat online yang tengah berlangsung. Apabila anda menggunakan Zoom Escaper, maka anda tidak dapat benar-benar mendengar efek suaranya sendiri. Fungsi dari aplikasi ini telah melalui tes oleh editor berita The Verge, Chaim Gartenberg.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Escaper

Cara menggunakan aplikasi unik ini adalah dengan mengunjungi situs Zoom Escaper. Selanjutnya, anda juga perlu mengunduh adanya aplikasi tambahan bernama VB-Audio yang terdapat pada halaman situs tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi ini, berperan sebagai jembatan dalam mengantarkan efek audio pada situs Zoom Escaper masuk ke virtual Zoom.

Jika aplikasi VB Audio berhasil terinstal, maka pengguna dapat mengubah pengaturan outputnya yang terdapat pada halaman Zoom Escaper jadi “VB Cable atau virtual”.

Langkah berikutnya, pilih tombol start yang terdapat pada laman Zoom Escaper. Jika telah aktif, maka anda dapat memilih jenis suara palsu yang akan anda gunakan. Bisa pilih sesuai keinginan.

Bagi anda yang tertarik menggunakan aplikasi Zoom Escaper, sebaiknya anda gunakan secara lebih bijak. Meskipun Zoom meeting melelahkan, akan tetapi pasti akan ada sesuatu hal penting di dalamnya. Mungkin anda dapat menggunakan Zoom Escaper untuk kabur dari rapat online dalam hal urusan pribadi di luar kepentingan profesional pekerjaan anda. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid