Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruArung Jeram Sungai Citarik, Sarana Uji Nyali dengan Keindahan Eksotis

Arung Jeram Sungai Citarik, Sarana Uji Nyali dengan Keindahan Eksotis

Arung jeram Sungai Citarik dapat memberikan pengalaman menarik bagi siapapun yang mengikutinya. Sungai Citarik berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi.

Bagi para penggemar rafting atau arung jeram, tentu kawasan ini cukup populer. Sungai Citarik menjadi salah satu kawasan favorit bagi para pecinta rafting, dengan kondisinya yang sangat mendukung untuk kegiatan ini.

Sungai Citarik memiliki tingkat kesulitan rata-rata pada grade 3 hingga 5 intermediate. Sehingga membuat sungai ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin merasakan pengalaman seru arung jeram.

Dapat dikatakan Sungai Citarik menjadi surganya para pecinta rafting. Selain sebagai tempat olahraga rafting, kawasan ini juga banyak terdapat permainan menarik seperti flying fox, paint ball, team buling, dan lain sebagainya.

Daya Tarik Arung Jeram Sungai Citarik

Sungai Citarik merupakan salah satu sungai terbaik wilayah Jawa Barat yang menjadi pilihan para wisatawan. Terutama para penggemar aktifitas rafting atau arung jeram.

Baca Juga: Kebun Teh Cipasung, Pesona Wisata Alam Lereng Gunung Cakrabuana

Bagi anda yang gemar menguji adrenalin, Sungai Citarik dapat menjadi pilihan tepat untuk mencoba arung jeram pada sungai yang memiliki arus cukup deras. Sungai Citarik memiliki keunggulan dibandingkan dengan sungai-sungai lainnya yang ada di Tanah Air.

Sungai ini mempunyai debit air yang cukup, airnya sangat bersih, serta arus relatif stabil dalam sepanjang tahun. Bahkan, Sungai Citarik pernah menjadi tempat kejuaraan dunia rafting pada tahun 2015.

Kegiatan Arung Jeram Sungai Citarik

Arung jeram merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan dan juga cukup menguji adrenalin. Terdapat banyak manfaat dari kegiatan ini.

Tidak hanya perorangan serta kelompok yang berminat untuk melakukan kegiatan ini. Bahkan banyak perusahaan yang menggunakan arung jeram sebagai sarana mengembangkan potensi serta kekompakan para karyawan.

Arung jeram bermanfaat untuk melatih jantung serta paru-paru. Selain itu, kegiatan ini juga dapat melatih kekuatan, daya tahan otot, dan juga fleksibilitas sendi pinggang hingga bahu.

Arung jeram di Sungai Citarik cukup banyak diminati oleh wisatawan. Selain itu, Sungai Citarik juga menjadi pilihan lokasi berlibur wisatawan dari berbagai wilayah.

Fasilitas yang terdapat di Sungai Citarik juga cukup lengkap, sehingga dapat mendukung aktivitas arung jeram ini. Mulai dari penginapan, rumah makan, hingga berbagai toko cinderamata.

Akses menuju ke kawasan ini pun tidak terlalu sulit. Meskipun berkelok-kelok melewati lembah serta perkebunan sawit, akan tetapi jalan raya menuju Sungai Citarik cukup bagus.

Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dengan melalui jalur Bogor-Cicurug-ParangKuda-Cikadang.

Apabila anda dari arah Jakarta atau Bogor, maka anda harus mengambil arah kiri hingga pertigaan jalur alternatif Pelabuhan Ratu yang berada di depan polsek laka lantas Cikadang.

Rute Arung Jeram Sungai Citarik

Panjang rute arung jeram pada Sungai Citarik sekitar 17km dengan lama pengarungan kurang lebih 4 jam. Titik strat di Desa Cigelong serta berakhir di Desa Citangkolo atau Desa Cikadu.

Dalam sepanjang pengarungan, para peserta akan memperoleh suguhan pemandangan alam yang hijau. Hal ini tentunya akan menjadi atraksi penghibur di sela-sela teriakan histeris peserta arung jeram.

Meskipun anda memperoleh suguhan pemandangan alam yang sangat eksotis, akan tetapi jangan mudah terpana dengan keindahan tersebut.

Pasalnya yang anda hadapi adalah aliran arus sungai cukup deras. Anda akan memperoleh sajian bebatuan kecil atau besar. Maka jangan lupa untuk berhati-hati agar selamat sampai dengan tujuan.

Sungai Citarik memiliki panjang 44km yang bermuara pada Pantai Pelabuhan Ratu. Sungai ini mempunyai aliran cukup deras dengan tipe berbatu yang dapat membentuk arus air sempurna untuk kegiatan rafting.

Kawasan Sungai Citarik memiliki puluhan jeram yang terbagi dalam beberapa kelas. Di mana terdiri dari Class Extreme, Class Expert, Class Advance, Class Intermediate, Class Novice, hingga Class Easy. Pada kawasan ini terdapat tiga operator arung jeram utama Sungai Citarik.

Tiga operator tersebut antara lain arus liar, caldera, serta selaras-kaki. Hampir semua pengelola menawarkan fasilitas serupa dengan kelengkapan peralatan standar yang sangat aman.

Biaya yang perlu anda keluarkan untuk dapat bermain arung jeram Sungai Citarik kurang lebih Rp. 230.000 hingga Rp. 580.000 sesuai paket yang anda pilih. Mengenai jam buka wisata rafting ini, mulai dari jam 08.00-18.00 WIB. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img