Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruAsap Knalpot Mobil Bau, Jangan Sepelekan Bisa Menimbulkan Bahaya

Asap Knalpot Mobil Bau, Jangan Sepelekan Bisa Menimbulkan Bahaya

Asap knalpot mobil bau bisa menjadi pertanda sesuatu terjadi pada kendaraan itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya anda ketahui apa saja yang bisa terjadi mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Kerusakan atau kebocoran pada komponen kendaraan memang sering terjadi. Hal tersebut membuat asap knalpot sangat mengganggu.

Baca Juga : Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi pada Komponen Mesin

Salah satunya menimbulkan bau busuk atau menyengat. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, anda perlu melakukan penanganan yang tepat dan cepat.

Mobil menjadi salah satu alat transportasi darat yang cukup banyak peminatnya. Bahkan kini model dan mereknya semakin beragam.

Karena banyaknya merek mobil yang bisa anda dapatkan, tentu perlu melakukan perawatan dan memilih kendaraan yang nyaman. Kenyamanan tersebut bisa hadir jika anda berikan perawatan pada mobil secara tepat.

Kenyamanan menjadi faktor penting saat mengemudi. Dengan perawatan rutin, membuat komponen mobil bisa bekerja secara optimal.

Sehingga mampu terhindar dari asap knalpot mobil bau. Jika masalah ini terjadi anda perlu waspada. Jangan biarkan kondisi tersebut berkepanjangan.

Sehingga bisa menimbulkan kerusakan semakin parah. Bahkan akan mengganggu kenyamanan saat ada dalam perjalanan.

Jika perjalanan terganggu, bisa mengakibatkan hal buruk terjadi. Selain itu, dengan knalpot yang bau, juga mampu mengganggu pengendara lain.

Sumber Masalah Asap Knalpot Mobil Bau

Kendaraan memiliki performa dengan komponen yang berbeda-beda. Mobil tersusun dari banyak komponen dengan fungsi yang berbeda.

Namun, sebagai pemilik kendaraan, anda perlu merawatnya dengan tepat. Hal ini bertujuan agar komponen bisa bekerja secara optimal.

Baca Juga : Knalpot Mobil Tanpa Resonator, Ada 3 Efek yang Harus Anda Tahu

Salah satu gejala mobil bermasalah pada komponennya melalui asap knalpot. Ketika asap bau sangit atau menyengat, berarti timbul masalah.

Asap knalpot mobil yang bau bisa terjadi karena banyak hal. Bahkan gejala tersebut bisa muncul di mana dan kapan saja. Ketika masalah ini anda alami, sebaiknya jangan panik.

Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Pastikan anda tahu apa jenis kerusakan yang terjadi. Jika sudah tahu, segera atasi dengan langkah yang benar.

Berikut ini ada beberapa masalah yang bisa mengakibatkan asap knalpot mobil bau. Sebab, jika hal ini terjadi, tentu ada masalah pada beberapa komponen.

Oli Terbakar

Masalah pertama yang bisa mengakibatkan asap knalpot mobil bau karena oli terbakar. Bau sangit akan terjadi karena oli terbakar pada ruang pembakaran.

Pada umumnya, hal ini karena terjadinya kebocoran pada mesin. Sehingga mengakibatkan oli merembes ke saluran pembakaran.

Ketika hal ini terjadi, asap knalpot akan menimbulkan bau menyengat. Sebaiknya cek kondisi mesin agar tidak memberikan dampak buruk pada kendaraan.

Catalytic Converter Tidak Berfungsi

Masalah lain yang bisa terjadi yaitu catalytic converter tidak berfungsi. Catalytic converter itu sendiri merupakan komponen penting dalam mobil.

Fungsi komponen tersebut yaitu menyaring hidrogen sulfida pada bagian knalpot. Ketika komponen bermasalah, tentu bisa menyebar ke seluruh bagian mobil.

Bau yang terjadi tersebut akan mengganggu kenyamanan pengemudi. Bahkan bisa menimbulkan tingkat ketidaknyamanan tinggi. Penting untuk mengatasi asap knalpot mobil bau.

Kopling Selip

Masalah pada mobil cukup beragam. Tidak hanya pada kedua kerusakan sebelumnya. Namun, kini juga bisa terjadi pada kopling mobil yang selip.

Baca Juga : Pelindung Panas Knalpot, Mengurangi Resiko Terkena Suhu Panasnya

Hal ini bisa terjadi karena adanya keausan pada kopling. Ketika masalah ini terjadi, sebaiknya segera mengatasinya. Sebab, bisa menimbulkan bahaya. Maka dari itu, anda perlu mengecek asap knalpot mobil yang bau.

Jika kampas aus, segera ganti dengan yang baru. Sebab, keausannya tersebut bisa menurunkan performanya. Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin.

Asupan Bensin Berlebih

Masalah yang satu ini bisa saja terjadi ketika mobil dijalankan. Kondisi yang terjadi, yaitu rasio asupan bensin lebih banyak dari udara.

Sehingga menimbulkan bensin tidak terbakar sempurna dalam ruang bakar. Ketika knalpot mengeluarkan aroma bensin, menjadikan gejala masalah tersebut terjadi.

Hal ini mengakibatkan mobil lebih boros bahan bakar. Sebaiknya bawa ke bengkel untuk bisa diatasi segera. Namun, jika anda tahu dunia otomotif, tidak ada salahnya melakukan perbaikan sendiri.

Berbagai masalah bisa saja terjadi pada semua jenis kendaraan. Salah satunya mobil. Ketika masalah timbul, ada beberapa gejala yang ditimbulkan.

Asap knalpot mobil bau menjadi pertanda terjadinya masalah. Anda perlu tahu untuk bisa mengatasinya dengan cepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -