Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TerbaruAssistive iPhone Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebab dan Solusi Tepatnya

Assistive iPhone Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebab dan Solusi Tepatnya

Assistive touch iPhone tidak berfungsi dapat berpengaruh terhadap penggunaan iPhone anda.

Assistive touch memiliki fungsi membantu anda dalam menggunakan iPhone saat anda sulit untuk menyentuh layar, bahkan juga dalam menekan tombol perangkat.

Dalam hal ini, anda bisa memakai aksesori adaptif, misalnya joystick yang bersamaan dengan assistive touch guna mengontrol iPhone.

Baca Juga : iPhone Dinonaktifkan Sambungkan ke iTunes? Atasi dengan Cara Berikut

Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan assistive touch tanpa adanya aksesori tambahan dalam melakukan gerakan sulit yang anda lakukan.

Namun, jika tombol ini mengalami suatu masalah atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satunya adalah adanya aplikasi yang bermasalah. Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan serta melihat perbedaan respinsifitasnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Assistive Touch iPhone Tidak Berfungsi

Adanya Assistive touch berfungsi untuk menyesuaikan volume, mengunci layar, memulai ulang perangkat, mengganti penekanan tombol hanya dengan satu ketukan, hingga menggunakan gerakan multi jari.

Apabila anda menyalakan Assistive touch maka tombol akan tampil pada layar. Selanjutnya, anda dapat menariknya ke bagian tepi layar manapun.

Tempat tombol assistive touch akan berada di sana hingga anda memindahkannya kembali. Maka secara default, mengetuk tombol sekali maka secara otomatis akan membuka menu assistive touch.

Assistive touch juga dapat anda tambahkan pada pintasan aksesibilitas guna memperoleh akses yang lebih cepat dari pusat kontrol. Atau anda pun bisa menggunakan tombol samping atau utama.

Baca Juga : Mematikan Suara Kamera iPhone yang Mengganggu, Intip Metodenya!

Namun, seringkali pengguna iPhone mendapati assistive touch iPhone tidak berfungsi. Hal ini sebenarnya dapat anda atasi dengan mudah.

Berikut ini beberapa cara mengatasi Assistive Touch iPhone tidak berfungsi antara lain:

Update atau Downgrade iOS

Dapat dimungkinkan penyebab tombol Assistive touch tidak responsif karena iOS pada iPhone yang anda gunakan.

Apabila masalah ini terjadi setelah anda melakukan update iOS, maka anda harus melakukan proses downgrade atau update iOS.

Selanjutnya, jika proses downgrade telah ditutup oleh Apple, maka mau tidak mau anda harus menunggu update iOS selanjutnya.

Anda dapat baca-baca beragam forum online untuk memastikan apakah terdapat pengguna lain yang mengalami masalah yang sama dengan anda.

Solusi Assistive Touch iPhone Tidak Berfungsi karena Layar Kotor

Seringkali layar yang kotor terkena minyak yang disebabkan oleh tangan yang berminyak sebelum mencuci tangan dapat menjadi sumber masalah dari tidak berfungsinya assistive touch iPhone yang anda gunakan.

Baca Juga : Perbedaan iPhone HDC dan Ori yang Perlu Anda Ketahui

Oleh karena itu solusinya adalah anda harus membersihkan layar iPhone tersebut. Pakailah lap bersih dan lembut guna menjaga kebersihan layar smartphone anda.

Pastikan untuk kondisi layar benar-benar bersih dari debu, minyak sisa makanan,, serta kerak kotoran lain yang menempel.

Restart Perangkat

Mematikan serta menyalakan iPhone juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi Assistive touch tidak berfungsi.

Prosesnya cukup mudah, dengan menekan serta tahan tombol power ginga terdapat perintah slide untuk mematikan.

Tunggu hingga beberapa menit, kemudian nyalakan kembali perangkat iPhone dengan menekan tombol power.

Selama anda melakukan Restart iPhone, maka akan mematikan keseluruhan sistem iOS yang terdapat dalam perangkat iPhone, kemudian dapat anda nyalakan kembali.

Secara normal, restart dapat memperbaiki beragam kesalahan serta error kecil yang terjadi pada sistem operasi.

Bisa jadi masalah yang terjadi pada assistive touch iPhone anda juga  dapat teratasi.

Reset iPhone

Melakukan reset iOS akan membuat seluruh iOS akan diatur ulang layaknya perangkat baru lagi. Lalu, semestinya semua beragam bug, serta masalah lain juga akan hilang setelah terjadinya proses reset iPhone telah selesai.

Restore Perangkat

Proses restore juga mempunyai efek yang sama dengan reset iOS. Dalam hal, restore akan melibatkan proses download iOS yang berasal dari server Apple, yang selanjutnya akan melakukan install ulang ke iPhone atau iPad anda.

Untuk dapat melakukan restore iPhone, maka pastikan anda telah mempunyai iTunes pada komputer anda. Pastikan anda membuat backup terlebih dahulu.

Kemudian, mencadangkannya pada iCloud. Biasanya, cara ini mampu mengatasi assistive touch iphone tidak berfungsi pada perangkat anda.

Demikianlah beberapa solusi untuk mengatasi assistive touch iphone tidak berfungsi. Namun, jika beragam cara di atas tetap tidak berhasil mungkin sudah saatnya anda membawa iPhone anda ke pusat perbaikan Apple terdekat anda untuk memperoleh penanganan yang lebih tepat. (R10/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -