Audit BUMDes di Kota Banjar Masih Berlanjut

Audit BUMDes
Ilustrasi audit BUMDes. Foto: Net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Inspektorat Kota Banjar masih terus melakukan audit BUMDes yang ada di Kota Banjar. Sebelumnya Inspektorat menjadwalkan selesai di bulan Maret 2021 ini.

Kepala Inspektorat Kota Banjar, Agus Muslih, mengatakan, saat ini pihaknya baru selesai audit terhadap 4 BUMDes dari total 16 badan usaha tingkat desa itu.

“Sementara ini baru empat BUMDes yang sudah masuk tahap finalisasi audit. Untuk yang lain masih proses berjalan,” kata Agus kepada HR Online usai acara di Dinas Kominfo Kota Banjar, Senin (29/3/21).

baca juga: Capai 8 Ribu Lebih, Vaksinasi Untuk Lansia di Kota Banjar Tunggu Intruksi

Agus menjelaskan, terkait mundurnya target audit dari jadwal sebelumnya karena belum lama ini pihaknya tengah sibuk menyiapkan Laporan Keuangan Daerah (LKD) untuk laporan audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), sehingga harus fokus menyelesaikan tugas tersebut.

Selain itu, pihaknya juga masih harus mengumpulkan data kinerja BUMDes di lapangan karena banyak juga data laporan yang arsipnya kurang lengkap, terutama untuk yang kondisinya tidak sehat karena sudah lama tidak aktif.

“Kemarin kami menyelesaikan Laporan Keuangan Daerah audit BPK, jadi sedikit terkendala. Sekarang sudah selesai tinggal melanjutkan proses audit,” ujar Agus Muslih.

Namun demikian, imbuhnya, dari hasil analisis audit yang sedang berjalan ini untuk permasalahan dan kendala BUMDes sudah mulai terpetakan meski belum seluruhnya teridentifikasi secara utuh.

Saat ini, kata Agus Muslih, pihaknya masih melanjutkan proses audit dan menargetkan untuk audit ini bisa selesai pada bulan April mendatang. 

Sehingga, hasil audit berupa rekomendasi yang sekarang ini nantinya bisa menjadi referensi untuk perbaikan tata kelola BUMDes kedepan oleh pihak-pihak terkait.

“Kami masih melakukan analisis dan menyelesaikan tahap finalisasi. Kami targetkan bulan April bisa selesai. Nanti kami kabari lagi untuk perkembangannya,” kata Agus Muslih. (Muhlisin/R6/HR-Online)