Bacaan Dua Kalimat Syahadat Memiliki Keutamaan Membawa Ke Surga

Bacaan Dua Kalimat Syahadat Memiliki Keutamaan Membawa Ke Syurga
Ilustrasi Bacaan Dua Kalimat Syahadat . Foto: Ist/Net

Bacaan dua kalimat syahadat seringkali dipergunakan dalam berbagai hal. Misalnya untuk seorang mualaf dan juga suatu bacaan yang akan dibaca sebelum melakukan ijab qobul. Sebagai seorang mualaf, kalimat syahadat merupakan syarat mutlak yang harus terpenuhi guna memeluk agama Islam.

Kalimat syahadat sendiri merupakan salah satu bagian dari rukun Islam yang pertama. Bukan hanya kalimat umum atau biasa, melainkan kalimat ketauhidan dan juga keimanan yang sesungguhnya. Pada dasarnya, kalimat syahadat ini memiliki banyak keutamaan jika dimaknai dengan kesungguhan.

Baca Juga: Bacaan dan Doa Mandi Wajib, Simak dan Pahami Untuk Bersuci

Keutamaan Bacaan Dua Kalimat Syahadat

Keutamaan dari kalimat tauhid ini bisa anda terapkan apabila mewujudkan kehidupan sehari-hari dengan kesungguhan. Mungkin, sebagian dari kita ada yang kurang begitu paham dengan apa saja keutamaan dari bacaan ini.

Jaminan untuk Bisa Masuk Surga

Salah satu hadist Nabi Muhammad menjelaskan bahwa: “Siapapun yang akhir hayatnya sebelum meninggal mengucapkan Laa ilaahaillallah, maka sesungguhnya kelak ia akan masuk surga” (HR. Abu Daud).

Semoga kelak kita, ketika menghadapi sakaratul maut, bisa melafadzkan bacaan dua kalimat syahadat ini. Sehingga kita bisa menjadi salah satu hamba Allah SWT yang masuk surga.

Merupakan Delapan Kunci Pintu Surga

Sebagai mana telah terdapat dalam hadits riwayat Muslim yang menjelaskan bahwa: “Aku bersaksi bahwa tiada Illah selain Allah dan tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi Muhammad adalah utusan-Nya. Bersaksi bahwa Isa anak dari hamba Allah Maryam, dan bersaksi bahwa surga dan neraka itu benarkan adanya. Kelak Allah akan memasukkannya ke delapan pintu surga mana pun yang ia kehendaki” (HR. Muslim).

Dari hadits tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa orang-orang yang senantiasa membaca bacaan dua kalimat syahadat, maka akan mendapatkan balasan berupa bebas memilih masuk surga melalui pintu yang mana saja. Siap menjadi penghuni surga Allah? Bacalah kalimat tauhid!

Dapat Menumbuhkan Sifat Tawakal Kepada Allah SWT

Seseorang yang tawakal sudah pasti berserah diri kepada Allah, yakin bahwa Allah itu maha pengasih dan juga maha penyayang. Dengan kita mengucap bacaan dua kalimat syahadat, maka hati kita akan menjadi tenang.

Selain itu, tidak bingung lagi, karena semua masalah dan juga solusinya itu hanya berasal dari Allah SWT. Meskipun bisa anda temukan dengan melalui perantara. Seseorang yang selalu menjadikan kalimat tauhid sebagai ucapan yang membasahi bibirnya, maka akan bertumbuhlah sikap tawakal.

Baca Juga: Tata Cara Ziarah Kubur yang Benar Sesuai Sunnah dan Ajaran Islam

Merupakan Kebaikan Paling Utama

Makna dari bacaan dua kalimat syahadat ini berasal dari salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Abu Dzar. Suatu hari ia bertanya kepada Muhammad: “Wahai Rasul, katakan kepadaku suatu amalan yang dapat menjauhkan dari api neraka”.

Lalu Nabi Muhammad bersabda: “Apabila kamu melakukan amal buruk, maka imbangi dengan amal kebaikan. Karena dengan kamu melakukan amal kebaikan tersebut, engkau akan mendapatkan yang sepuluh (semisal)”.

Kemudian Abu Dzar bertanya lagi: “Wahai Uswatun Hasanah, apakah kalimat tauhid Laa ilaaha illallah merupakan suatu kebaikan?”.

Rasulullah menjawab pertanyaan tersebut: “Benar, kalimat tersebut merupakan kalimat yang utama, karena dapat menghapuskan dosa dan juga kesalahan”.

Penerapan Arti Kalimat Tauhid

Ketika kita beriman dan juga bertaqwa kepada Allah Ta’alla, menjalani semua perintah dan hal yang dilarang merupakan suatu bentuk pengamalan bacaan dua kalimat syahadat.

Selain itu, selalu mengikuti sunnah-sunnah Nabi serta menjauhi segala perbuatan Bid’ah dalam bentuk apapun. Sedangkan kalimat syahadat yang berbunyi Muhammad adalah seorang Rasul utusan Allah, berarti anda siap sedia menjadikan Muhammad sebagai teladan. Dengan demikian, anda akan menjadikan Beliau adalah seorang idola dan juga panutan.

Baca Juga: Kisah Keteladanan Nabi Yusuf, Bukti Bahwa Pertolongan Allah Itu Ada

Konsekuensi yang Akan Anda Dapatkan dari Arti Syahadat

Ketika anda sudah mengucapkan bacaan dua kalimat syahadat ini, berarti anda juga siap menerima segala konsekuensinya. Seperti selalu membenarkan suatu hal yang telah Baginda Nabi ajarkan tanpa ada rasa ragu sedikitpun.

Selain itu, anda juga selalu mengutamakan Firman Allah SWT dan sabda Nabi daripada perkataan manusia. Tentunya juga, anda tidak boleh menciptakan atau menggambarkan sesuatu yang mengada-ada atau bid’ah.

Selalu meyakini bahwa Muhammad adalah utusan dan hamba Allah yang tidak boleh sedikitpun anda lecehkan. Meyakini, hanya Allah Ta’alla yang Maha Kaya, Maha Memberi Rezeki, dan juga akan mengabulkan doa-doa anda. Bagi-Nya tidak ada yang tidak mungkin jika ada usaha yang dibarengi dengan doa.