Badan Lemas dan Ngantuk, Waspadai Adanya Gejala Penyakit Serius

badan lemas dan ngantuk
Gejala badan lemas dan ngantuk yang harus diwaspadai. Foto: Ist/Net

Badan lemas dan ngantuk merupakan kondisi yang lumrah dan sering terjadi pada banyak orang. Aktivitas yang terlalu berat, belum makan, maupun kurang tidur bisa menyebabkan kondisi ini. Tapi hal ini juga bisa gejala penyakit serius.

Kebanyakan orang yang merasa lemas dan mengantuk beranggapan karena kurang istirahat atau kurangnya asupan gizi. Apalagi dengan banyaknya pekerjaan kantor maupun urusan rumah tangga yang sering membuat kita pusing.

Penurunan kualitas tubuh semacam ini memang bisa sering terjadi. Kondisi ini pada dasarnya bisa muncul karena banyak hal. Terlebih untuk orang yang sibuk bekerja maupun ibu rumah tangga.

Gangguan ini juga tak memandang usia dan bisa terjadi pada semua orang. Bahkan anak-anak muda sering menggunakan istilah mager alias malas bergerak untuk menggambarkan kondisi tubuhnya.

Penyebab Badan Lemas dan Ngantuk

Akan tetapi kondisi seperti ini sebaiknya tidak dianggap sepele. Apalagi jika hal ini kerap terjadi dan muncul secara berulang. Sebab bukan mustahil ini merupakan gejala dari suatu gangguan atau masalah yang serius.

Baca Juga : Waspada, Penyakit Serius Ini Bisa Diawali dari Kesemutan

Jika Anda menderita kondisi badan lemas dan ngantuk jangan langsung mengambil kesimpulan jika Anda hanya mengalami sakit ringan saja. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab Anda merasa lemas dan  mengantuk

Kurang Tidur

Kekurangan waktu istirahat seperti tidur tentu membuat organ-organ tubuh menjadi lelah. Maka jangan heran jika orang yang sering begadang akan lebih mudah letih pada pagi hingga siang harinya.

Organ-organ tubuh yang tidak istirahat semalaman penuh ini pada akhirnya akan memunculkan penyakit serius lainnya. Salah satunya ialah kekurangan daya ingat hingga masalah jantung ataupun liver.

Depresi dan Gangguan Kepanikan

Tidak bisa kita pungkiri gangguan mental juga berpengaruh dan membuat badan lemas dan ngantuk. Depresi maupun gangguan panik bisa menyebabkan mental terganggu dan berujung pada kelelahan fisik.

Baca Juga : Benjolan di Dalam Hidung Menandakan Adanya Penyakit Tertentu

Orang-orang yang menderita gangguan mental seperti ini akan sulit menjalani aktivitas sehari-harinya. Rasa lemas dan mengantuk akan terus menyerang mereka baik saat berada di tempat kerja ataupun sekolah.

Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 menjadi nutrisi penting yang sangat penting untuk tubuh dalam mendukung fungsi vital lainnya. Salah satunya ialah dalam memproduksi darah merah ataupun dalam menjaga fungsi saraf.

Saat tubuh mengalami kekurangan B12, fungsi vital akan terganggu dan akhirnya akan menyebabkan badan lemas dan ngantuk terus menerus. Sebagai solusinya cobalah mengonsumsi makanan dari hewan seperti daging merah, telur, susu ataupun jenis ikan-ikanan.

Efek Samping Pengobatan

Berbagai jenis pengobatan memang membantu memulihkan penyakit seorang pasien. Namun dibalik penggunaan obat juga terdapat efek samping pada tubuh.  Sebut konsumsi antibiotik yang terlalu sering hingga kemoterapi.

Baca Juga : Jenis Penyakit Meningitis, Berbahaya Bahkan Menimbulkan Kematian

Efek samping pengobatan ini akan membuat tubuh menjadi lemas dan sering mengantuk. Tak hanya itu, efek samping lainnya bisa berupa tangan dan kaki yang terus gemetaran sepanjang waktu.

Cedera Saraf atau Otot

Saraf dan otot adalah jaringan penting dalam mendukung fungsi vital pada tubuh. Jika kedua bagian penting ini mengalami cedera maka akan berefek pada tubuh tak bertenaga serta badan lemas dan ngantuk.

Saat otot dan saraf dalam kondisi yang tidak baik, maka tubuh bisa menjadi kaku bahkan tidak bergerak sama sekali. Kondisi seperti ini memang harus diatasi dengan cara yang lebih serius. Kunjungilah dokter untuk berkonsultasi.

Flu

Gangguan ini termasuk jenis penyakit yang paling sering menyerang siapa saja. Tanda-tanda tubuh mengalami flu ialah badan akan terasa lemas dan tidak bertenaga. Hal ini terjadi karena kurangnya imun dalam tubuh.

Baca Juga : Tanda Gejala Penyakit Liver yang Harus Diwaspadai, Jangan Abaikan!

Penyakit Tiroid

Jenis penyakit ini juga menjadi penyebab mengapa badan lemas dan ngantuk. Penyakit ini menyerang sistem otot dan tulang yang menyebabkan tubuh dalam keadaan lelah dan tak bertenaga.

Pada umumnya, penyakit tiroid ini lebih sering menyerang perempuan ketimbang laki-laki. Untuk penanganan yang tepat sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

Anemia

Gangguan juga sering kita kenal sebagai kekurangan sel darah merah. Anemia biasanya muncul dengan tubuh yang letih, lesu hingga gemetaran. Kondisi tersebut terjadi akibat kurangnya asupan oksigen dalam tubuh.

Penderita gangguan anemia pada umumnya akan terlihat lebih pucat dan selalu merasa lelah. Untuk mengatasi kondisi badan lemas dan ngantuk ini cobalah dengan mengonsumsi obat atau suplemen penambah darah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah