Bank Pakan Silase Solusi Peternak Sapi Pangandaran Hadapi Kemarau

Bank Pakan Silase Solusi Peternak Sapi Pangandaran Hadapi Kemarau
Seorang peternak sapi di Pangandaran tengah memberikan pakan rumput. Pemkab mengimbau para peternak sapi agar membuat bank pakan silase mengantisipasi kemarau. Foto:Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemkab Pangandaran, Jawa Barat, mengimbau peternak sapi agar menyediakan bank pakan silase.

Pakan silase merupakan pakan hasil fermentasi beberapa bahan seperti rumput atau jerami yang dicampur probiotik dengan tambahan gula merah, ragi, dan juga air.

Campuran berbagai bahan tersebut lalu disimpan dalam wadah yang tertutup selama satu minggu.

Apabila jerami atau rumputnya sudah lembut, maka bisa diberikan kepada sapi sebagai pakan.

Ghaniyy Fahmi Basyah Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran mengatakan, bank pakan silase menjadi solusi untuk menangani kelangkaan pakan sapi akibat kekeringan.

“Pakan sapi silase ini sangat efektif dan efisien karena punya kandungan protein yang baik,” ujar Ghaniyy Senin (22/3/2021).

Menurutnya, saat ini peternak sapi harus menyesuaikan kemampuan dengan teknologi agar produksi peternakan bisa membuahkan hasil yang maksimal.

Lewat inovasi bank pakan silase ini, peternak sapi hanya harus mengambil jerami satu kali dengan kapasitas yang banyak namun awet dengan cara proses fermentasi.

Lanjutnya, pakan sapi silase selain mengandung protein, juga mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral pembentukan tubuh.

“Apabila pakan silase ini diberikan ke sapi pedaging, maka tingkat produktivitas pertumbuhan daging akan lebih cepat,” jelasnya.

Sementara untuk sapi peranakan, pakan silase ini bagus untuk libido sex sapi jantan dan betina sehingga akan mempercepat kehamilan sapi betina.

“Meski demikian, pakan sapi silase harus dengan kadar dosis yang tepat,” katanya.

Dengan adanya bank pakan silase ini tambah Ghaniyy, peternak sapi di Pangandaran tidak usah tiap hari mencari rumput.

“Peternak cukup memfermentasikan rumput atau jerami dengan bahan-bahan lainnya, dan jadikan sebagai stok pakan,” pungkasnya. (Ceng2/R8/HR Online)

Editor: Jujang