Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruBerbagai Jenis Kaktus Berbunga untuk Koleksi Tanaman Hias Indoor

Berbagai Jenis Kaktus Berbunga untuk Koleksi Tanaman Hias Indoor

Berbagai jenis kaktus berbunga bisa Anda pilih untuk koleksi tanaman hias indoor. Tanaman kaktus memiliki penampilan unik dan menarik. Awalnya tanaman ini hanya hidup di daerah gurun. Tapi sekarang kaktus menjadi tanaman hias ornamental yang populer.

Karena tidak hanya untuk kebun yang bernuansa gurun saja, kaktus berbunga juga bisa ditempatkan dalam pot sebagai tanaman hias indoor.

Tanaman kaktus memiliki berbagai jenis, bentuk, dan ukuran. Jenis tanaman ini ada yang pertumbuhannya memanjang seperti halnya african milk tree. Selain itu, ada juga yang memiliki bentuk menyerupai telinga kelinci, yakni bunny ear cactus.

Kemudian, banyak pula kaktus berbunga dengan menampilkan keunikan bentuk dan bunga-bunga yang berwarna mencolok.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis tanaman kaktus bunga yang unik dan menarik untuk menghiasi ruangan rumah Anda.

Pilihan Berbagai Jenis Kaktus Berbunga yang Unik

Fairy Castle Cactus

Dari namanya saja unik, maka penampilannya pun lebih unik. Fairy castle cactus merupakan salah satu jenis kaktus yang berbunga. Bentuknya terlihat seperti istana yang megah dalam cerita dongeng.

Tanaman hias ini bisa menjadi koleksi kaktus Anda yang lebih istimewa. Karena, pada saat berbunga fairy Castle Cactus kelihatannya akan semakin indah.

Namun memang hal itu jarang sekali terjadi. Makanya harus hati-hati jika membeli kaktus jenis ini. Jangan sampai Anda tertipu membeli kaktus fairy castle dengan tempelan bunga palsu.

Baca Juga : Tanaman Hias Berdaun Pink yang Unik untuk Mempercantik Rumah

Kaktus Rambut Nenek

Berbagai jenis kaktus berbunga bisa Anda dapatkan dari toko-toko bunga yang kini marak bermunculan. Salah satu rekomendasi jenis kaktus unik yang bisa berbunga yaitu kaktus rambut nenek.

Tanaman kaktus yang satu ini sebenarnya mempunyai banyak nama. Ada yang menyebutnya old man cactus, old lady kaktus, dan kaktus rambut nenek. Sedangkan, nama latin untuk jenis kaktus tersebut adalah Mammillaria hahniana.

Biasanya tanaman kaktus berbunga dari jenis old lady kaktus ini tumbuh berkelompok dan memiliki bentuk bulat dan berduri. Selain itu, terdapat rambut lebat yang warnanya seperti uban.

Kaktus rambut nenek dapat tumbuh hingga 25 centimeter, serta menghasilkan bunga berwarna pink yang melingkar pada bagian atas tanaman.

Media tanam untuk jenis kaktus yang satu ini harus bercampur pasir. Anda cukup menyiramnya dua minggu satu kali. Lalu tempatkan pada bagian ruangan rumah yang bisa tembus sinar matahari melimpah serta merata.

Easter Cactus

Berbagai jenis kaktus berbunga memiliki nama ilmiahnya, yaitu Schlumbergera gaertneri. Orang-orang mengenal tanaman ini dengan nama easter cactus atau thanksgiving cactus. Bentuk tanaman hias indoor ini seperti kaktus natal, namun lebih berduri.

Selain itu, easter cactus ini mampu menghasilkan bunga dalam jumlah banyak dan berwarna fuchsia meriah. Meskipun tidak sedang berbunga, namun penampilannya tetap saja terlihat cantik.

Baca Juga : Tanaman Hias Indoor Populer, Harganya Masih Masuk Akal

Kaktus Bintang

Pilihan dari berbagai jenis kaktus berbunga salah satunya star cactus (kaktus bintang) atau sea urchin cactus (kaktus bulu babi/landak laut) dan astrophytum asterias.

Bentuk kaktus bintang ini terlihat unik. Bentuknya yang bulat seperti bintang laut dan bulu babi berwarna hijau kebiruan. Sedangkan, pada bagian bunganya berwarna kuning atau putih.

Powder Puff Cactus

Beragam jenis kaktus berbunga memiliki penampilan unik dan cocok sebagai tanaman hias indoor, salah satunya adalah powder puff cactus.

Bagian batangnya berbentuk bulat dan memiliki rambut halus yang lebat seperti powder puff (bedak puff). Bunga yang mungil berwarna pink bertebaran sekitar tanaman.

Powder puff cactus ini membutuhkan air lebih banyak dan sedikit cahaya dalam merawatnya. Berbeda dengan jenis kaktus lainnya.

Kaktus Natal

Kaktus natal memiliki batang tebal yang berfungsi menyimpan cadangan air. Sedangkan, untuk warnanya ada merah tua, peach, fuchsia, sampai yang berwarna putih pun ada.

Selain indah, perawatan untuk jenis kaktus natal ini tergolong mudah. Bahkan tidak harus menyiram setiap hari. Jika tanahnya masih basah, Anda tidak perlu menyiramnya.

Letakkan tanaman kaktus natal ini pada sudut ruangan dan pastikan tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, airnya jangan sampai menggenang karena bagian akar tanaman ini bisa busuk.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Peperomia, Cocok untuk Mempercantik Ruangan

Wijayakusuma Mini

Berbagai pilihan jenis kaktus berbunga, salah satunya bunga wijayakusuma. Tanaman hias indoor ini mendapat julukan lady of the night atau queen of the night. Ukurannya ada yang besar dan kecil.

Jika Anda ingin meletakkannya di beranda, pilih kaktus wijayakusuma yang berukuran kecil dan menanamnya dalam pot. Bunga wijayakusuma ini akan mekar saat malam hari, lalu menguncup kembali saat pagi menjelang.

Bishop’s Hat Cactus

Bishop’s hat cactus karena bentuknya menyerupai topi uskup. Kaktus jenis ini tidak memiliki duri seperti halnya jenis kaktus lain. Sedangkan, warna bunganya kuning kemerahan.

Kaktus Mammillaria

Jenis kaktus mammillaria rajin berbunga, apalagi saat musim panas. Tanaman ini memiliki bentuk yang cenderung bulat, kemudian tumbuhnya mengelompok.

Beragam jenis kaktus berbunga yang layak Anda koleksi dari jenis ini meliputi kaktus mammillaria guelzowiana dengan menghasilkan bunga yang harum.

Selanjutnya, mammillaria zeilmanniana cactus. Jenis kaktus ini memiliki bunga yang mekarnya sepanjang tahun.

Spider Cactus

Spider cactus (kaktus laba-laba) bisa menjadi pilihan dari berbagai jenis kaktus berbunga. Kaktus ini akan berbunga yang mekar setiap musim panas.

Adapun ciri khas dari spider cactus ini memiliki duri-duri keriting serta bunga yang berukuran besar berwarna pink.

Chin Cactus

Tanaman hias indoor dari genus Gymnocalycium ini berasal dari Amerika Selatan. Durinya tidak begitu banyak, sedangkan bagian bunganya terlihat cukup mencolok.

Itulah berbagai jenis kaktus berbunga yang unik dan menarik, sehingga layak untuk Anda pertimbangkan jika ingin mengoleksinya. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -