Jumat, Desember 1, 2023
BerandaBerita TerbaruBMW M 1000 RR Siap Meluncur Ke Indonesia, Simak Informasinya

BMW M 1000 RR Siap Meluncur Ke Indonesia, Simak Informasinya

BMW M 1000 RR bakal meluncur di Indonesia. Motor buatan Jerman tersebut telah diperkenalkan pada 9 Maret 2021 lalu. Menjadi motor perdana armada keselamatan dari BMW Motorrad pada MotoGP tahun ini. 

Motor tersebut bakal menjadi safety bike kejuaraan motor balap yang paling bergengsi tahun ini. 

Direktur BMW mengungkapkan bahwa pihaknya mengeluarkan M 1000 RR tersebut untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan penggemar akan motor sport di Indonesia. Bahkan, juga mengatakan akan produk tersebut akan meluncur tahun ini.

Perusahaan Menghadirkan BMW M 1000 RR dengan Menonjolkan Performa

Motor M 1000 RR merupakan motor balap yang berpartisipasi dalam ajang WSBK musim 2021. Motor tersebut bergabung dengan armada M3, M4 dan M5 cS.

Baca Juga : BMW R18 Versi 1170 CC Bermesin Lebih Mungil dan Ramah

Meski merupakan motor yang bersanding dengan mobil BMW lainnya, namun motor tersebut memiliki keistimewaan kendaraan balap yang tangguh.  

Bahkan, BMW M 1000 RR akan melewati persyaratan paling ketat pada trek. Sehingga, untuk persiapan tersebut, BMW menitik beratkan pada performa luar biasanya. 

Armada safety car lebih menitik fokuskan pada keterlibatan BMW sehingga perusahaan sangat bangga memulai musim dengan meluncurkan empat kendaraan terbaru buatannya untuk pertama kali selama 20 tahun. Sekaligus meresmikannya sebagai MotoGP. 

Memang dari BMW sendiri lebih menonjolkan performa dari motor keluarannya tersebut. Bahkan, tiga mobil keselamatan terbaru juga berdasarkan pada model produksi yang mengutamakan dinamika berkendara sesuai dengan identitasnya sebagai kendaraan balap. 

BMW M 1000 RR menggunakan basis S1000RR di gadang-gadang  berperforma tinggi  dengan piston berdesain khusus titanium yang mampu bertahan lama dan lebih ringan. 

Mesin

Bekalan mesin menghasilkan 1000cc empat silinder dengan tenaga 212dk pada 14.500 rpm dan torsi 112,5 pada 11.000rpm. Padahal, dari versi standarnya hanya 205dk di 13000 rpm. Pembaharuan juga pada intake yang lebih meningkatkan air flow. 

Untuk meningkatkan performanya, M 1000 RR berbekal muffler Akrapovic terbaru yang mengusung bahan titanium dengan berat 3659 gram. Sedangkan, berat motor tersebut mencapai 192 kg. Menurut informasi beratnya tersebut 4 kg lebih ringan dari versi S1000RR.

Baca Juga : BMW R 18 Classic, Moge Cruiser Bergaya Klasik akan Hadir di Indonesia 

Dari dukungan teknologi aerodinamika pada M 1000 RR di desain fairingnya. Begitu juga dengan peletakan winglet dan windshieldnya, telah dilakukan pengujian di fasilitas wind tunnel BMW. 

Dengan performa tersebut membuat BMW M 1000 RR melaju dengan akselerasi 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 0,2 detik. Selain itu, motor ini memiliki 5 riding mode berupa dynamic, rain, race, road serta mode khusus Race Pro 1-3. 

Meski pada kenyataannya pihak BMW serta BMW Motorrad merupakan pabrikannya, namun pada ajang MotoGP mereka berperan sebagai safety bike dan safety car.

Bahkan, antusiasnya dalam acara di Qatar tersebut menggebu dan tidak sabar melihat aksi kendaraan balap mengaspal  dengan sempurna. 

Sematan Spesifikasi Terbaik Lainnya Pada M 1000 RR 

Beberapa sematan yang melengkapi performanya, M 1000 RR  mendapatkan sensor IMU, yakni Inertial Measurement Unit demi meningkatkan kinerja wheelie control maupun traction control. 

Penyegaran lain BMW M 1000 RR pada sistem Engine Brake Control, Speed limiter, launch control, dan quickshifter. Bahkan, peningkatannya dengan versi Pro yakni BMW Hill Start Control. Meski hal tersebut biasa terdapat pada mobil BMW. 

Winglet yang terpasang di bagian samping memberi dukungan downforce saat M 1000 RR  melaju di medan jalan dengan kecepatan paling tinggi. 

Baca Juga : BMW C Evolution, Kecepatan Maksimal 85 mph atau 136 km/h

Kabar baiknya, dengan segala kecanggihan milik M 1000 RR tersebut bakal mengaspal juga di Indonesia. Bahkan, dari pihak pemasaran BMW Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya akan mendatangkan M 1000 RR. Sehingga bisa di pakai di jalan dan untuk konsumen tanah air. 

M 1000 RR Motor Balap Harga Melejit

Kabarnya BMW M 1000 RR ini dibanderol dengan harga selangit. Melihat dari speknya memang M 1000 RR membawa kecanggihan luar biasa, sehingga tak heran harganya pun cukup mahal. 

Bagi anda yang penasaran, motor tersebut mencetak harga 1,6 Miliar. Namun, jika anda tertarik dengan motor tersebut, anda saat ini sudah bisa memesannya dan akan sampai ke garasi pada semester kedua tahun 2021 ini. 

Meski belum pasti, namun pihaknya tersebut berusaha semaksimal mungkin agar ketersediaan motor bisa tepat waktu yakni pada semester kedua ini. 

Nah, bagi anda yang menginginkan BMW M 1000 RR tersebut, anda dapat memesannya segera. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News