Sabtu, Oktober 16, 2021
BerandaBerita TerbaruJus Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Enak dan Ampuh

Jus Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Enak dan Ampuh

Ada banyak jenis buah untuk menurunkan darah tinggi. Selain murah dan mudah mendapatkannya, rasanya juga enak. Apalagi Anda bisa membuatnya menjadi jus penurun darah tinggi yang bisa kita konsumsi secara rutin.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah meningkatnya tekanan darah pada arteri. Hal ini akan memicu meningkatnya kerja jantung dalam mengalirkan darah. Sehingga hipertensi bisa menyebabkan gangguan pada jantung.

Penyakit darah tinggi bisa terjadi pada siapapun dan dari berbagai usia. Darah tinggi ini bahkan dapat memicu berbagai penyakit kronis jika Anda tidak mencoba menjaga pola hidup untuk menurunkannya.

Hipertensi antara lain menjadi faktor risiko penting terjadinya gagal jantung, serangan jantung (infark miokard), stroke, gangguan arteri perifer, hingga bisa menyebabkan penyakit ginjal kronik.

Darah tinggi yang bisa memicu penyakit berbahaya memang perlu segera kita kontrol dan turunkan kadarnya. Menjalani gaya hidup dan menjaga pola makan sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah.

Terkait usaha mengendalikan tekanan darah Anda dapat menggunakan ramuan obat yang berasal dari buah-buahan yang kaya nutrisi dan menyehatkan. Makanan jenis ini bahkan bisa menjadi jus penurun darah tinggi yang enak dan efektif.

Ragam Jus Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Jus buah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk meningkatkan sistem imun, beberapa jenis buah juga memiliki manfaat penting untuk mengontrol tekanan darah.

Nah berikut ada beberapa pilihan buah untuk menurunkan darah tinggi. Anda bisa mengolahnya menjadi jus minuman agar bisa mengonsumsinya secara rutin. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Jus Buah Belimbing

Buah berbentuk bintang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang terbilang lengkap. Yang menarik, belimbing sangat kaya dengan vitamin C dan vitamin A yang berguna untuk meningkatkan daya imun tubuh.

Buah ini bahkan memiliki kandungan tinggi kalium dan rendah natrium. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang sedang terjadi.

Untuk membuat jus buah untuk menurunkan darah tinggi terbilang mudah. Anda perlu menyiapkan 3 sendok air jeruk nipis, 100 gram belimbing, 1/2 gelas air dan 1/2 es serut. Selanjutnya, potonglah belimbing dan hilangkan bijinya.

Baca Juga: Obat Alami Darah Tinggi dan Pantangannya yang Wajib Anda Tahu!

Kemudian, masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender dan haluskan. Tentunya, sajian jus ini sangat sehat dan nikmat untuk Anda konsumsi. Minum jus ini secara berkala untuk mengontrol tekanan darah.

Jus Buah Apel dan Wortel

Kandungan dalam apel yang dipadukan dengan wortel mampu menghadirkan segudang manfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Hal ini karena apel memiliki kandungan fosfor, kalium dan magnesium yang mampu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Minuman ini bahkan bisa menjadi jus buah untuk menurunkan darah tinggi dengan optimal.

Untuk membuat makanan untuk menurunkan darah tinggi ini juga mudah. Anda hanya memerlukan 79 gram apel merah, 4 buah belimbing wuluh, 1/2 buah jeruk nipis, 50 gram wortel dan 100 ml air.

Siapkan beberapa bahan tersebut dan cuci bersih untuk Anda masukkan dalam blender dan haluskan. Anda bahkan bisa segera meminum jus dengan rasa nikmat tersebut dengan segera.

Jus Buah Pisang

Cara menurunkan darah tinggi dengan buah juga bisa dengan pisang. Buah ini mengandung kalium yang baik untuk kesehatan. Baik untuk menurunkan tekanan darah, kesehatan jantung, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengedarkan oksigen ke otak.

Baca Juga: Jadwal Tidur Tak Teratur Tingkatkan Risiko Penyakit Diabetes dan Hipertensi

Pembuatan jus buah untuk menurunkan darah tinggi ini juga simpel. Anda perlu menyiapkan 100 gram pisang, 1/2 jeruk nipis, 1 sendok makan kismis dan ½ gelas air. Konsumsi secara rutin agar hasilnya efektif.

Jus Buah Mengkudu

Buah dengan bau yang tak sedap ketika masak ini juga bisa menjadi obat herbal penurun darah tinggi. Pasalnya, mengkudu memiliki kandungan ploysaccharide, alkaloid, sterol, linoleic, karoten, vitamin C dan vitamin A.

Pembuatan minuman penurun darah tinggi ini hanya perlu kita haluskan tanpa campuran bahan apapun. Menariknya, mengkudu memiliki manfaat untuk penurun darah tinggi, anti radang, anti bakteri dan lainnya.

Itulah beberapa macam jus buah untuk menurunkan darah tinggi yang bisa Anda pilih. Buah-buahan yang mengandung beragam nutrisi sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi secara rutin akan menjaga kadar tekanan darah. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img