Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruBuah yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Buah yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Buah yang mengandung asam folat itu banyak jenisnya. Nutrisi tersebut sangat penting untuk seorang wanita yang sedang mengalami hamil. Karena berperan penting di dalam tubuh.

Asam folat berfungsi untuk tumbuh kembang bayi selama dalam kandungan. Bahkan, bisa mengurangi resiko bayi cacat dan mencegah keguguran.

Buah yang Mengandung Asam Folat, Kenali Jenis dan Manfaatnya

Selama masa kehamilan, ibu akan selalu dituntut supaya bisa menjalankan proses kehamilan dengan kondisi baik. Saat itu pula seorang ibu juga harus bisa menjalankan kehamilannya dengan melakukan beberapa upaya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat.

Misalnya, saja buah segar yang yang berwarna cerah. Umumnya kebutuhan asam folat setiap orang sangat berbeda-beda. Untuk ibu hamil biasanya membutuhkan hingga 600 mikrogram asam folat setiap harinya.

Sehingga, anda harus mengkonsumsi buah-buahan tersebut. Hal ini supaya janin berada dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Baca Juga : Manfaat Buah Pir Cegah Dehidrasi, Osteoporosis dan Anti Kanker

Pepaya

Buah yang mengandung banyak manfaat adalah pepaya. Selain itu, juga memiliki kandungan berupa vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Biasanya satu buah pepaya bisa memenuhi hingga 53 mikrogram asam folat.

Namun, anda harus bisa memilih jenis pepaya yang sudah matang sempurna. Karena, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi pepaya dalam keadaan belum matang sempurna dapat meningkatkan terjadinya kontraksi dini. Sehingga, anda perlu memilih buah pepaya yang sudah matang.

Buah Jeruk

Selain rasanya yang begitu lezat, jeruk kaya akan kandungan asam folat yang tinggi. Selain itu, juga memiliki kandungan berupa vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Bahkan, bisa menurunkan resiko kanker pankreas dan payudara.

Buah Alpukat

Buah yang mengandung asam folat tinggi selanjutnya adalah alpukat. Pasalnya, alpukat ini mudah sekali ditemukan di pasaran. Selain rasanya yang enak, ternyata buah ini memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi.

Biasanya setengah porsi buah alpukat memiliki kandungan asam folat hingga 82 mikrogram atau sekitar 13% asam folat yang dibutuhkan ketika hamil.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Otak dan Darah

Selain itu, juga memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin K, kalium dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung bayi. Sebaiknya anda bisa mengkonsumsi alpukat dengan sedikit campuran gula supaya menjaga kandungan nutrisi.

Buah Bit

Selama ini bit terkenal sebagai pewarna alami untuk tambahan makanan. Namun, siapa sangat ternyata bit merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat sangat tinggi.

Bahkan, dalam satu cangkir jus buah bit terdiri dari 136 gram dapat memenuhi hingga 148 mikrogram kebutuhan asam folat. Selain itu, mengkonsumsi buah bit bisa menstabilkan tekanan dalam darah. Kandungan lainnya yaitu seperti vitamin C dan potasium.

Buah Pisang

Selanjutnya adalah pisang, merupakan salah satu buah yang banyak mengandung asam folat dan vitamin C tinggi. Buah satu ini bisa mencegah terjadinya sembelit karena memiliki serat yang tinggi.

Pisang dengan ukuran sedang bisa memenuhi hingga 23 mikrogram kebutuhan asam folat. Selain itu, pisang juga banyak mengandung vitamin B6, mangan dan juga potasium yang baik untuk janin.

Strawberry

Buah yang mengandung asam folat berikutnya adalah strawberry. Buah kecil berwarna merah ini memiliki kandungan asam folat hingga 25 mcg. Kandungan dalam buah tersebut bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil

Grapefruit

Merupakan salah satu buah jeruk yang memiliki ukuran besar dengan warna kulit orange dan dagingnya berwarna merah keunguan. Grapefruit memang kurang terkenal oleh masyarakat. namun ternyata memiliki banyak kandungan asam folat yang cocok untuk ibu hamil.

Baca Juga : Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Jantung dan Bikin Awet Muda

Buah ini hampir sama dengan jeruk bali umumnya. Tetapi, perbedaannya adalah pada rasa buah jeruk tersebut. Umumnya memiliki rasa yang lebih asam daripada jeruk bali.

Buah Peach

Jenis buah yang satu ini memang tidak terlalu populer untuk dikonsumsi secara langsung. Namun, justru banyak digunakan untuk campuran dengan makanan maupun minuman yang lain. Peach memiliki kandungan berupa asam folat yang baik untuk ibu hamil.

Manfaat Asam Folat

Memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh, yakni untuk pembentukan sel darah merah. Vitamin ini berperan penting ketika masa awal kehamilan. Karena bisa mengurangi resiko terjadinya kerusakan tulang belakang dan otak pada bayi.

Supaya dapat menjalankan fungsinya dengan baik, asam folat dalam tubuh harus diubah dalam bentuk folat. Nantinya folat akan memainkan fungsi penting untuk kesehatan manusia. Terutama untuk menjaga, membuat dan memperbaiki DNA.

Itulah beberapa jenis buah yang mengandung asam folat tinggi dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sehingga, bayi dan ibu akan selalu sehat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img