Pengembangan Bus Rapid Transit Dukung Perekonomian di Jabar

Bus Rapid Transit Dukung Perekonomian di Jabar
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja apresiasi Pengembangan Bus Rapid Transit (BRT). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja sambut baik pengembangan Bus Rapid Transit (BRT) di Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung. Pengembangan angkutan massal ini dapat mendukung perekonomian pusat kota Jabar.

Penandatanganan kesepakatan bersama berlangsung di Hotel Courtyard Marriott, Bandung, Selasa (2/3/2021). Yakni Pemprov Jabar, Kemenhub, serta 5 daerah Bandung Raya.

Setiawan menyebut pengembangan Bus Rapid Transit ini adalah langkah tepat dalam pengembangan ekonomi. Terutama dalam pelayanan dasar pembangunan infrastruktur perkotaan. Sebagai pemenuh kebutuhan masyarakat terhadap angkutan pada kawasan perkotaan.

“Mobilitas warga Bandung Raya serta Kabupaten Sumedang tentunya sangat luar biasa, terdapat 10 juta penduduk,” ungkapnya.  

Melalui kesepakatan dan kolaborasi ini, pengembangan BRT dapat berjalan optimal. Keberadaan BRT ini harapannya dapat mengurangi polusi udara dan kemacetan wilayah perkotaan.

Direktur Angkutan Jalan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Ahmad Yani mengatakan pengembangan Bus Rapid Transit ini sebuah komitmen pemerintah pusat untuk memperbaiki sistem angkutan umum.

“Pemprov Jabar sudah mempersiapkan dan mengembangkan LRT segala macam. Itu juga merupakan bagian dari pembangunan sistem transportasi, terutama pada Cekungan Bandung ini,” katanya.  

Pihaknya Juga akan membuat persiapan untuk menyusun detail dan lini masa pembangunan BRT.

Pembangunan Bus Transit Rapid ini rencananya selesai pada tahun 2023. BRT ini juga dapat terintegrasi dengan angkutan pada kawasan perkotaan Cekungan Bandung. Serta terintegrasi dengan moda angkutan lainnya. Seperti kereta cepat, kereta dan lainnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang