Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama, Simak Tips Praktisnya

Cara Agar Baterai HP Awet
Ilustrasi Cara Agar Baterai HP Awet. Foto: Ist/Net

Cara agar baterai HP awet penting untuk anda ketahui. Apalagi saat ini pada smartphone keluaran terbaru banyak menggunakan jenis baterai tanam atau non removable battery.

Dengan menggunakan baterai yang telah terpasang dalam perangkat HP, mendorong penggunanya untuk menggunakan atau mencari smartphone dengan baterai berkapasitas besar.

Baca Juga : Penyebab Baterai HP Boros, Bisa Jadi Ini Kemungkinannya

Bahkan, tidak hanya mengusung kapasitas baterai yang besar, juga memperoleh kelengkapan teknologi pengisian daya cepat atau populer dengan istilah teknologi fast charging.

Dengan demikian membuat penggunanya akan semakin lekat dengan smartphone kesayangannya. Namun sebaik apapun spesifikasi baterai ponsel yang anda gunakan, tampaknya tidak dapat mengalahkan waktu.

Penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang lama akan mengikis kemampuan serta kapasitas baterai. Seiring bertambahnya usia pemakaian, maka kinerja baterai ponsel pun akan semakin menurun.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga daya tahan dan keawetan baterai ponsel yang kita gunakan.

Mengetahui Cara Agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama

Pada umumnya, ponsel menggunakan baterai lithium-ion dalam menyimpan energi. Pada jenis baterai ini, logam serta ion lithium akan bergerak masuk dan keluar dari masing-masing elektroda.

Hal inilah yang menyebabkan secara fisik mengembang dan juga berkontraksi. Namun, proses ini tidak sepenuhnya dapat anda balik, dan baterai kehilangan kapasitas. Bahkan, voltase pengisian seiring dengan bertambahnya siklus pengisian serta pengosongan.

Terutama cairan penghantar listrik (elektrolit) yang menghubungkan elektroda juga akan menurun selama siklus tersebut.

Maka, kemampuan baterai lithium-ion untuk menyimpan muatan sesuai dengan tingkat degradasi. Hal ini berarti ada hubungan antara bagaimana cara dalam menangani perangkat yang anda miliki saat ini dengan kapasitas pengisian daya pada masa akan datang.

Baca Juga : Konektor Baterai HP Patah, Inilah Dampak dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi dengan beberapa langkah sederhana, maka pengguna dapat meminimalkan degradasi tersebut serta memperpanjang masa pakai perangkat. Berikut ini beberapa cara membuat baterai HP awet dan tahan lama antara lain:

Hindari Penggunaan serta Pengisian Daya HP secara Berlebihan

Baterai akan terkuras isinya terpengaruh oleh beberapa hal yakni waktu penggunaan, jenis aplikasi yang digunakan, kecerahan layar dan lain sebagainya.

Supaya baterai awet dan tahan lama, maka sebaiknya anda menghindari penggunaan HP serta pengisian daya yang berlebihan. Untuk memastikan anda tidak menggunakan ponsel secara berlebihan, maka anda harus sering beristirahat untuk beberapa saat.

Selain itu, anda juga harus memastikan untuk selalu mencabut ponsel setelah pengisian daya selesai. Lalu, segera melakukan pengisian daya saat baterai HP berada pada rentang 20-80%. Hal ini dapat menjadi cara membuat baterai HP lebih awet dan tahan lama.

Hindari Penggunaan Ponsel Sambil Mengisi Daya Baterai

Temperatur akan berpengaruh terhadap daya hidup baterai. Temperatur yang tinggi akan meningkatkan tekanan pada baterai serta membuatnya kehilangan efektifitas secara lebih cepat. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk selalu menjaga temperatur ponsel pada 25 – 30 derajat celcius.

Baca Juga : Penyebab Baterai HP Bocor, Hindari Kebiasaan Buruk Ini! 

Selain itu, menggunakan ponsel saat posisi pengisian daya berlangsung dapat memiliki efek buruk pada masa pakai baterai.

Ketika anda menggunakan ponsel saat proses pengisian daya, maka HP cenderung menarik daya langsung dari pengisi daya. Hal ini juga akan mengurangi daya yang dialihkan pada baterai.

Gunakan Charger Asli

Cara agar baterai HP awet berikutnya adalah selalu menggunakan pengisi daya ori atau asli. Jenis pengisi daya yang anda gunakan juga berpengaruh pada masa pakai baterai ponsel anda.

Pengisi daya terbaik untuk anda gunakan adalah charger yang disertakan ketika anda pertama kali membeli ponsel.

Akan tetapi, jika pengisi daya tersebut telah bermasalah, maka sangat disarankan bagi anda untuk membeli charger asli sesuai dengan ponsel yang anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan baterai ponsel yang anda gunakan.

Adanya mitos yang menyebutkan bahwa baterai yang sangat kuat adalah jika anda sesekali mengosongkan serta mengisi ulang baterai untuk menghapus memori baterai. Hal ini adalah suatu hal yang salah kaprah apabila anda terapkan pada baterai jenis lithium-ion.

Akan tetapi, jika anda melakukan pengisian daya pada saat baterai lithium-ion masih sepertiga. Hal ini justru dapat memberikan manfaat positif untuk umur panjang sel baterai. Dengan demikian, ini dapat menjadi cara agar baterai HP awet dan tahan lama. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto