Cara Berjualan di OLX yang Simpel Untuk Meluaskan Pasar

cara berjualan di olx
Begini cara berjualan di OLX. Foto: Ist/Net

Cara berjualan di OLX tidak sulit dan bersifat gratis. Pelaku bisnis dan penjual online perlu memanfaatkan media online ini untuk meningkatkan penjualannya. Apalagi dengan kemudahan untuk mengaksesnya.

Perkembangan media online memang telah membawa dampak signifikan hingga menggeser dan membawa perubahan. Perkembangan ini juga membawa perubahan pada penjualan beragam produk, termasuk kendaraan seperti mobil maupun sepeda motor.

OLX merupakan salah satu pasar daring yang sebelumnya populer dengan sebutan tokobagus. Toko Bagus awalnya merupakan web iklan baris yang menjadi rujukan para pedagang dan penjual untuk memasarkan produknya.

Sejak tahun 2014, tokobagus berubah menjadi OLX setelah diakuisisi oleh OLX Group, pasar daring global milik Naspers dari Afrika Selatan. Perusahaan ini pula yang telah mengakuisisi Berniaga.com dan mengubahnya menjadi OLX.co.id.

Tentu Anda tahu, menggunakan media seperti OLX kita bisa membuat iklan penjualan kendaraan atau produk apapun. Untuk berjualan di OLX, kita cukup membuat iklan mengenai kendaraan maupun barang yang akan kita jual.

Baca Juga: Cara Jualan di Akulaku, Transaksi dengan Sistim Hutang yang Unik

Tahapan Cara Berjualan di OLX

Untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan atau berjualan melalui OLX, mungkin agak bingung mengenai langkah-langkahnya. Nah, berikut ini beberapa langkah mudah cara berjualan di OLX yang bisa Anda lakukan.

Untuk Anda yang baru pertama kali dan ingin berjualan melalui OLX, maka kita harus mempunyai akun terlebih dahulu. Untuk membuat akun tersebut, pilihannya bisa menggunakan aplikasi atau situs OLX.

Setelah itu daftarkan diri dengan mengisi semua biodata pendaftaran dan lakukan hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai, selanjutnya Anda bisa mulai berjualan.

Untuk cara berjualan di OLX Anda harus mengunjungi website dan login terlebih dahulu. Setelah itu masuk ke menu JUALAN lalu pilih kategori barang yang ingin Anda jual, seperti mobil, motor, properti, dan lainnya.

Setelah pemilihan kategori, selanjutnya kita harus mengisi dan melengkapi informasi. Seperti kondisi barang, nama produk yang kita jual beserta keterangan atau deskripsinya.

Jika sudah, klik menu LANJUT dan nantinya akan ada tampilan halaman untuk mengunggah foto produk yang Anda jual. Upload beberapa foto produk secara detail dengan kualitas bagus dan jelas.

Yang menarik, Anda bisa mengunggah foto yang sudah ada atau membuat foto baru langsung dari aplikasi OLX. Fitur ini sangat membantu memudahkan penggunanya dalam menampilkan foto produk.

Langkah selanjutnya cara berjualan di OLX adalah menekan menu LANJUT. Anda bisa memasukkan harga jual produk tersebut pada kolom yang tersedia.

Selanjutnya klik menu LANJUT lagi untuk menentukan lokasi tempat tinggal atau daerah kalian. Anda bisa menggunakan fitur GPS yang ada.

Setelah itu Anda juga perlu melengkapi biodata Anda sebagai penjual, mulai dari foto profil, nama, serta kontak yang bisa dihubungi. Nomor kontak ini sangat penting agar penjualan cepat terjadi.

Untuk menyelesaikan tahap berjualan melalui OLX, selanjutnya klik tombol Pasang Iklan Sekarang dan nanti iklan akan muncul dan proses beriklan pada OLX selesai. Selanjutnya iklan Anda harus melalui tahap review sebelum tayang.

Baca Juga: Cara Jualan di Ebay, Alternatif Bisnis Online Global yang Menggiurkan

Tips Sukses Berjualan di OLX

Setelah mengetahui tahapan cara berjualan di OLX tentunya akan lebih memudahkan Anda untuk membuat iklan. Tapi sebelum menyelesaikan iklan jualan, ada beberapa tips yang perlu Anda tahu.

Selain mengenai ketentuan yang berlaku pada OLX, tips ini juga penting agar iklan Anda tidak mendapat penolakan dan gagal tayang. Tips ini juga berguna agar jualan Anda cepat laku tanpa perlu menunggu lama.

Yang pertama, sebaiknya berikan foto asli mengenai barang yang Anda jual. Hindari menggunakan foto yang Anda ambil dari media lain. Ini penting untuk meningkatkan rasa percaya dari calon pembeli.

Upload jangan hanya satu atau dua buah foto saja. Tampilkan beberapa foto dari beberapa sisi yang penting agar memberikan gambaran yang jelas tentang produk Anda.

Dalam kolom keterangan atau deskripsi, Anda perlu memberikan informasi mengenai kondisi produk secara detail. Sertakan kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut agar lebih jelas bagi calon pembeli.

Tentukan harga pasaran, pertimbangkan kondisi dan umur produk yang Anda jual. Hindari seenaknya memasang harga tinggi atau malah terlalu murah agar tidak merangsang keraguan dari calon pembeli.

Itulah informasi mengenai cara berjualan di OLX yang mudah dan praktis. Menjual barang melalui pasar online ini bersifat gratis namun target pasarnya cukup luas sehingga sangat menjanjikan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang