Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Inreyen Motor Baru dengan Benar Mempengaruhi Usia Komponen

Cara Inreyen Motor Baru dengan Benar Mempengaruhi Usia Komponen

Cara inreyen motor baru cukup beragam karena masa tersebut merupakan penyesuaian komponen kendaraan. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki motor baru wajib melakukan hal tersebut.

Sepeda motor memang menjadi alat transportasi yang banyak diminati. Selain bisa dikatakan anti macet, kendaraan ini juga mudah digunakan.

Baca Juga : Motivasi Bisa Naik Motor, Kunci Utama yang Wajib Anda Miliki

Bahkan, kini hampir sebagian besar orang bisa mengendarainya. Tidak hanya kaum laki-laki saja namun, wanita bahkan anak-anak pun sudah bisa mengendarainya.

Saat ini kepemilikan sepeda motor di Indonesia mengalami peningkatan. Apalagi saat ini sepeda motor hadir dengan berbagai desain hingga tipe yang berbeda.

Mulai dari motor bebek, sport hingga matic. Membeli kendaraan roda dua memang cukup mudah bahkan jika anda tidak memiliki uang yang cukup bisa dengan cara kredit.

Karena mudahnya mendapatkan motor anda juga perlu memperhatikan perawatannya. Bahkan, hal ini bisa anda mulai dari proses inreyennya.

Cara Inreyen Motor Baru dengan Benar

Cara inreyen motor mempengaruhi hasil kinerja komponen kendaraan itu sendiri. Sehingga, anda perlu benar-benar bisa melakukannya dengan baik dan benar.

Bagi anda yang masih belum mengetahuinya sebaiknya segera tahu apa yang perlu dilakukan. Inreyen itu sendiri merupakan masa komponen dalam proses penyesuaian.

Tujuan dilakukannya hal ini pada sepeda motor yaitu untuk uji kualitas dan kemampuan. Ada banyak hal yang perlu anda lakukan ketika melakukan proses inreyen.

Meski sudah melalui proses uji dari pabrik tidak ada salahnya anda mencobanya berkendara untuk menempuh jarak jauh. Sehingga, performa kendaraan bisa teruji dengan baik.

Proses atau cara inreyen motor baru menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan pada sepeda motor. Hal ini karena inreyen merupakan proses penyesuaian komponen-komponen baru.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor dengan Cepat dan Mudah

Sehingga, bisa bergesekan dan bekerja sesuai dengan fungsinya. Tidak hanya itu saja, proses ini juga berfungsi untuk membersihkan mesin dari sisa-sisa gram saat proses perakitan.

Maka dari itu, sebaiknya anda melakukan hal tersebut dengan baik dan benar. Jika proses tersebut anda lakukan dengan benar mampu membuat usia sepeda motor bisa lebih panjang.

Mungkin sebagian besar pemilik kendaraan masih kurang tahu dalam melakukan proses tersebut. Sehingga, sering mendapati sepeda motor baru namun, komponennya tidak bertahan lama.

Bahkan, mampu membuat performa kendaraan tidak optimal. Agar anda bisa mendapatkan sepeda motor baru yang berkualitas tentu harus bisa melakukan proses inreyen yang tepat.

Berikut ini ada beberapa cara inreyen motor baru dengan benar. Anda bisa melakukan hal ini untuk memperpanjang usia komponen kendaraan, antara lain:

1. Atur Putaran Mesin dengan Stabil

Cara melakukan inreyen pada sepeda motor yang baru yaitu untuk mengatur putaran mesinnya. Cara pertama ini bisa anda sesuaikan dengan anjuran yang ada pada buku panduan.

Jika anda melakukan gesekan berlebih, justru bisa memperpendek usia pemakaian komponen. Sebab, hasil dari putaran mesin yang terlalu tinggi membuat komponen mudah mengalami kerusakan.

Cara inreyen motor baru ini sangat penting, apalagi kendaraan baru digunakan berkendara untuk yang pertama kali.

2. Hindari Penggunaan Secara Ekstrim

Sepeda motor memiliki berbagai komponen yang memiliki fungsi cukup penting. Bahkan, berbagai komponen cara kerjanya saling berkesinambungan.

Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Gigi dengan Berbagai Posisi Jalan

Saat pertama kali anda akan melakukan inreyen pada motor baru, sebaiknya gunakan cara yang tepat. Pastikan anda tidak melakukan sepeda motor secara ekstrim.

Misalnya ,melakukan throttle gas dengan penuh atau bahkan melakukan pengereman secara mendadak. Hal ini tidak boleh anda lakukan ketika kendaraan pada 500 km pertama.

Karena, bertujuan agar oli dapat masuk ke mesin dengan sempurna.

3. Perhatikan Kondisi Jalan

Cara inreyen motor baru selanjutnya adalah memperhatikan kondisi jalanan. Medan jalan memang mampu berpengaruh pada kondisi anda mengendarainya. Sebaiknya hindari terlebih dulu berkendara pada kondisi jalan yang basah atau licin.

Hal ini untuk menghindari anda agar tidak mudah slip. Selain itu, hindari juga pada medan jalan ekstrim seperti bebatuan dan lumpur.

Sebenarnya masih banyak hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika memiliki motor baru. Sebaiknya anda bisa melakukan inreyen dengan tepat.

Agar mendapatkan kondisi terbaik dan komponen awet gunakan cara inreyen motor baru yang benar. Sebab, hal ini mampu mempengaruhi kondisi motor selanjutnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -