Cara Mematikan Antivirus McAfee, Mampu Tingkatkan Kinerja Smartphone

Cara Mematikan McAfee
Ilustrasi Cara Mematikan Antivirus McAfee. Foto: Ist/Net

Cara mematikan antivirus McAfee pada perangkat Android penting untuk anda ketahui. McAfee merupakan salah satu anti virus yang cukup baik untuk memberantas adanya serangan malware dalam suatu perangkat.

Perusahaan pemilik Antivirus McAfee berpusat di Santa Clara, California. Antivirus satu ini populer dengan beragam fitur yang sangat lengkap.

Sesuai dengan namanya, aplikasi antivirus ini merupakan buatan dari John McAfee pada tahun 1987 silam. Selanjutnya dijual kepada Perusahaan Network General.

Bahkan McAfee pernah menjadi salah satu antivirus terbaik yang ada di dunia. Pasalnya, aplikasi ini secara otomatis mampu membersihkan virus yang terdapat pada beragam file.

Namun, terkadang penggunaan McAfee membuat perangkat menjadi ketinggalan untuk update. Bahkan untuk file yang memiliki kapasitas besar membuat perangkat Android berjalan lambat, terutama saat melakukan proteksi realtime.

Sehingga banyak orang yang memilih untuk menonaktifkan sementara antivirus McAfee pada perangkat Android yang digunakan.

Simak Cara Mematikan Antivirus McAfee

Antivirus McAfee mampu menghapus serta mengkarantina beragam file yang terinfeksi virus. Maka nantinya virus yang telah bersarang tidak akan menyerang ke dalam file lain yang terdapat pada perangkat Android.

McAfee bahkan mampu mendeteksi virus conficker. Namun dibalik semua kelebihan-kelebihan yang terdapat pada antivirus McAfee, tetap saja ada kelemahan yang harus anda waspadai.

Selain sering mengalami ketinggalan update dan lemot, terkadang antivirus juga mencegah perangkat Android untuk install suatu aplikasi yang akan digunakan.

Bahkan mencekal beberapa situs saat anda akan melakukan browsing dengan menggunakan ponsel anda. Tentunya anda tidak ingin antivirus yang awalnya anda gunakan untuk membersihkan virus justru mengganggu kinerja perangkat.

Dalam hal ini, pengguna dapat menonaktifkan sementara atau mematikan antivirus McAfee dengan cara yang mudah. Apabila anda menonaktifkan sementara antivirus ini, maka masih dapat anda aktifkan kembali sewaktu-waktu.

Inilah Cara Mematikan Antivirus McAfee Sementara

Agar antivirus McAfee disable atau mati, maka anda mematikan aplikasi tersebut dengan mengikuti beberapa cara berikut ini:

  1. Buka antivirus McAfee terlebih dahulu
  2. Selanjutnya pilih menu PC Security serta Real Time Scanning
  3. Klik tombol Turn Off
  4. Langkah berikutnya anda dapat menentukan durasi berapa lama McAfee akan anda matikan, maka setelah memilih durasi, anda klik pada tombol Turn Off.
  5. Langkah terakhir anda dapat klik tombol Done atau Selesai.

Cara di atas berlaku untuk mematikan fitur Real Time Scanning yang terdapat pada antivirus McAfee. Untuk mematikan Firewal, Automatic Update, hingga Scheduled Scans pada aplikasi antivirus ini, maka anda dapat menggunakan cara yang sama. Tinggal anda sesuaikan sendiri.

Kiat Cara Lain Mematikan Antivirus McAfee pada Android

Mungkin anda telah menginstal aplikasi McAfee untuk melindungi perangkat Android. Akan tetapi, anda ingin menonaktifkan perlindungan antivirus waktu nyata tanpa harus melepaskan fitur aplikasi lainnya.

Selain cara mematikan sementara di atas, anda juga dapat mengikuti langkah mematikan antivirus McAfee berikut ini secara mudah dan aman:

  1. Buka aplikasi McAfee, masuk dalam pengaturan menu.
  2. Klik Pemindaian Keamanan > masukkan mati pada tuas fungsi pemindaian waktu nyata, selanjutnya klik nonaktifkan.
  3. Selanjutnya pada layar akan muncul peringatan dan proses menonaktifkan McAfee pun selesai.

Apabila anda ingin menonaktifkan pemindaian terjadwal, maka anda dapat ketuk item Pemindaian Terjadwal. Kemudian masukkan Mati pada tuas fungsi Pemindaian Terjadwal. Lalu merespon nonaktifkan pada peringatan yang akan muncul ke layar.

Selain itu, jika anda ingin menghapus widget dari McAfee pada layar beranda Android, maka anda dapat ketuk panjang perisai hijau yang terletak pada sudut layar beranda. Selanjutnya seret pada ikon beranda papelera yang muncul pada bagian atas.

Cara Mengaktifkan Kembali McAfee

Setelah anda mematikan atau menonaktifkan sementara aplikasi antivirus McAfee dan akan mengaktifkan kembali, berikut ini langkah yang dapat anda tempuh, antara lain:

  1. Masuk ke Navigation
  2. Klik Real Time Scanning
  3. Selanjutnya tekan turn on
  4. Proses selesai, maka antivirus McAfee telah aktif kembali

Namun terdapat hal penting yang perlu anda perhatikan setelah anda mengikuti cara mematikan antivirus McAfee di atas. Kemungkinan perangkat Android anda akan rentan terhadap berbagai ancaman berbahaya yang kemungkinan terdapat dalam program antivirus yang anda matikan. Oleh karena itu, sebisa mungkin batasi penggunaan internet dengan tidak membuka berbagai situs berbahaya pada perangkat Android anda. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto