Cara Membersihkan Busi Motor Tanpa Harus Bawa ke Bengkel

Cara Membersihkan Busi Motor tanpa Harus Bawa ke Bengkel
Ilustrasi cara membersihkan busi motor. Foto: carcarehunt.com

Cara membersihkan busi motor sebenarnya bisa anda lakukan sendiri karena cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar komponen tersebut tetap dalam keadaan baik.

Busi adalah salah satu komponen vital pada kendaraan. Karena alasan inilah, sebagai pemilik kendaraan anda wajib merawatnya dengan baik.

Hal ini bertujuan agar kinerja busi bisa berjalan dengan maksimal. Sebenarnya perawatan komponen tersebut bukanlah hal yang sulit.

Sebenarnya anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Cukup bermodal kunci busi dan perlengkapan tambahan, anda bisa melakukannya.

Jika tidak anda berikan perawatan, tentu akan mengganggu performanya. Salah satu masalah motor mogok yaitu karena busi yang kotor.

Baca Juga: Motor Mogok Karena Banjir, Atasi Dengan 6 Tips Jitu Ini

Kotoran yang menempel pada komponen tersebut bisa karena berbagai hal. Salah satunya kendaraan yang sering dijalankan ketika musim hujan seperti saat ini.

Busi yang basah akan mengganggu proses pembakaran mesin. Sehingga membuat sepeda motor sulit nyala. Namun, anda tidak perlu khawatir. Sebab, kini banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan busi sepeda motor.

Anda tidak perlu buang-buang uang dengan membawanya ke bengkel. Meski anda belum paham dunia otomotif, tetap bisa melakukan hal tersebut dengan langkah yang tepat.

Inilah Cara Membersihkan Busi Motor Sendiri di Rumah

Busi hadir sebagai komponen penting pada sepeda motor. Komponen tersebut bekerja sebagai penghasil api agar kendaraan bisa berfungsi.

Percikan api terjadi saat proses pembakaran dalam mesin. Maka dari itu, merawat komponen tersebut menjadi salah satu cara membuat performa kendaraan dalam keadaan bagus.

Sebenarnya cara yang bisa anda lakukan cukup sederhana. Tidak perlu bawa ke bengkel karena di rumah saja anda bisa melakukannya.

Sebaiknya anda bersihkan komponen tersebut setelah motor menempuh jarak 4000 km. Bagi anda yang masih bingung untuk membersihkannya, ikuti cara berikut ini. Ada cara mudah membersihkan busi motor sendiri di rumah, yaitu:

Lepas Busi

Cara membersihkan busi motor yang pertama yaitu dengan melepaskan komponen dari tempatnya. Sebaiknya hindari menarik kabel karena cukup buruk akibatnya.

Hal ini bisa mengakibatkan kob busi terputus. Setiap tipe kendaraan memiliki kunci busi masing-masing. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk melepas busi dari tempatnya.

Kunci busi menjadi salah satu peralatan penting guna memudahkan anda menggantinya setiap saat. Dengan menggunakannya, anda akan lebih mudah melepas.

Jika anda belum memiliki peralatan tersebut, saat ini bisa didapatkan dengan mudah. Anda bisa membelinya di bengkel atau peralatan otomotif lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Busi Racing dan Standar pada Tipe Sepeda Motor

Bersihkan dengan Bensin

Langkah selanjutnya yaitu siram kepala busi dengan bensin. Hal ini bertujuan agar kotoran pada bagian tersebut bisa lepas.

Sehingga anda akan lebih mudah dalam membersihkannya. Sebaiknya jangan rendam busi dengan bensin, anda cukup menyiramnya saja.

Hindari perendaman karena bisa memberikan dampak pengikisan elektroda komponen. Sehingga membuat komponen mudah rusak dan tidak bisa berfungsi dengan sempurna. Menggunakan bensin bisa menjadi salah satu cara membersihkan busi motor lebih cepat.

Bersihkan Kotoran

Sebenarnya cara membersihkan busi motor cukup sederhana. Karena tujuannya yang cukup penting, anda perlu melakukannya dengan teliti.

Bersihkan kotoran yang menempel pada kepala busi, sebaiknya gunakan sikat gigi. Jika anda tidak bisa membersihkannya dengan baik, bisa gunakan sikat kawat atau ampelas.

Namun, jika anda menggunakan kedua alat tersebut, bersihkan dengan hati-hati. Jika anda tidak melakukannya dengan hati-hati, maka bisa membuat busi mudah terkikis. Selain itu, permukaan komponen tersebut juga akan berubah.

Baca Juga: Cara Pasang Ring Piston, Jangan Sampai Terbalik Posisinya

Keringkan

Komponen dalam sepeda motor memiliki peranannya masing-masing. Selain itu, perawatannya juga tidak sama. Seperti halnya busi motor. Anda bisa menggunakan cara membersihkan busi motor tanpa harus bawa ke bengkel.

Setelah melakukan beberapa tahapan sebelumnya, anda tinggal mengeringkannya. Anda bisa gunakan kompresor tingkat tinggi agar sisa kotoran hilang.

Jika tidak, ada cara lain yaitu menggunakan lap kering. Pastikan semua dalam kondisi bersih dan uap air yang ada pada komponen tersebut sudah tidak ada. Setelah semua proses anda lakukan, tinggal pasang komponen kembali.

Sebaiknya anda cari tahu dulu bagaimana cara membersihkan busi motor sendiri di rumah. Hal ini bertujuan agar komponen bisa berfungsi kembali dengan optimal.