Cara Membuat Mie Kocok Bandung Sederhana dan Praktis, Gurih di Lidah

Cara MembuatMie Kocok
Cara Membuat Mie Kocok. Foto: Ist/Net

Cara membuat mie kocok yang merupakan salah satu makanan khas Bandung cukup mudah. Oleh karena itulah, anda dapat menjadikan mie kocok sebagai salah satu kudapan spesial untuk acara keluarga anda.

Mie kocok merupakan hidangan mie dengan cita rasa kaldu sapi khas kota Bandung. Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang tersaji dalam kaldu sapi kental.

Selain memiliki kuah yang sangat menyegarkan, anda juga dapat menambahkan daging sapi, telur rebus, serta berbagai topping favorit lainnya sebagai pelengkap.

Untuk menambahkan cita rasa pada kuliner ini, anda juga dapat menambahkan kecap manis, sambal, jeruk nipis, irisan daun bawang, dan taburan bawang goreng.

Simak Cara Membuat Mie Kocok Khas Bandung

Bandung merupakan salah kota di Indonesia yang kaya dengan beragam kuliner tradisional nikmat dan lezat. Salah satu kuliner yang cukup mencuri perhatian jika anda berkunjung ke kota Bandung adalah mie kocok.

Mungkin sebagian besar masyarakat sudah pernah merasakan hidangan satu ini. Dinamakan dengan mie kocok karena pembuatannya dengan proses dikocok.

Baca Juga: Makanan Ringan Khas Sunda Unik, Masih Eksis Hingga Kini

Proses membuat mie kocok adalah dengan cara mencelupkan serta mengocok mie beserta tauge ke dalam air panas hingga tampak layu. Selain itu, hidangan ini mempunyai kuah kental sehingga sangat menggoda siapapun yang akan mencicipinya.

Bagi anda yang penasaran dengan mie khas Bandung, berikut ini akan kita bahas mengenai cara membuat serta bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-Bahan

Kuliner khas Bandung ini terbuat dari bahan baku yang cukup sederhana dan mudah diperoleh. Salah satunya adalah mie telor. Mie jenis ini banyak anda jumpai di pasar tradisional ataupun supermarket.

Akan tetapi, bagi para pengusaha mie kocok, lebih banyak yang membuatnya sendiri daripada membeli mie jadi. Karena biayanya lebih murah, mie buatan sendiri mampu mempertahankan cita rasa yang terdapat pada hidangan khas Bandung satu ini.

Selain mie telor, bahan baku utama dari kuliner ini adalah kikil, sawi hijau, daging, bakso, tauge, daun bawang, serta bawang goreng.

Untuk membuat kuliner tradisional Bandung cukup sederhana, sehingga anda dapat memasaknya sendiri di rumah. Berikut ini bahan-bahan yang anda perlukan.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus mie telor, sekitar 250gr
  • bakso seperlunya
  • tauge rebus secukupnya
  • daun bawang, potong tipis secukupnya
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 1 cm jahe memarkan
  • 2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdm ebi kering
  • 1/2 sdt gula
  • garam secukupnya

Bumbu Kuah

  • kikil atau daging tetelan sapi (300gr)
  • 2 siung bawang putih, lalu memarkan
  • 1,5 liter air
  • merica serta garam secukupnya

Langkah Membuat Mie Kocok

Membuat mie ini tidak sesulit yang dibayangkan. Bagi anda yang semakin penasaran untuk dapat membuat kuliner khas Bandung ini, berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah pertama, rebus kikil dan buang busanya.

Selanjutnya masukkan garam, bawang putih, serta merica.

Masak hingga kikil matang atau empuk.

Proses berikutnya, tumis bumbu halus, masukkan daun salam, serai, jahe, serta daun jeruk. Masak hingga matang,

Kemudian tuangkan tumisan bumbu ke dalam kadu. Rebus kembali kaldu hingga beraroma sedap.

Berikutnya, rebus mie telur, lalu sisihkan.

Selanjutnya tata semua bahan dalam mangkok seperti mie telor, tauge, bakso, dan potongan kikil, anda juga dapat menambahkan irisan tomat jika suka.

Lalu tuangkan kaldu sapi ke dalam mangkuk.

Tambahkan irisan daun bawah serta taburi dengan bawang goreng. Hidangan khas Bandung siap untuk anda sajikan dengan sambal dan kerupuk.

Baca Juga: Bisnis Makanan Ringan Kekinian yang Mudah Dibuat Beserta Resepnya

Saat berkunjung ke kota Bandung, maka anda akan menemui banyak penjual mie kocok. Baik yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan dengan menggunakan gerobak maupun pada beberapa restoran atau warung makan khas Sunda.

Pada umumnya, satu porsinya dengan campuran daging dan bakso dihargai sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Harga yang relatif murah bagi masyarakat umum untuk dapat menikmati kuliner khas kota Bandung ini.

Akan tetapi, bagi anda yang malas keluar rumah atau bahkan berada di luar kota Bandung, anda tidak perlu khawatir. Anda dapat membuat sendiri mie kocok Bandung di rumah sesuai dengan cara yang telah kita jelaskan di atas. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang