Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Mudah dan Aman

Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Mudah dan Aman
Ilustrasi Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci. Foto: Ist/Net

Cara membuka jok motor tanpa kunci mungkin belum bisa dipahami semua orang. Padahal ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membukanya.

Jok motor menjadi salah satu bagian sepeda motor yang cukup penting perannya. Bagian komponen ini bisa digunakan untuk membawa barang ketika bepergian.

Selain itu, pada bagian tersebut juga terdapat tangki untuk pengisian bensin. Cara membukanya tentu menggunakan kunci khusus seperti pada kontak.

Baca Juga : Pengunci Jok Motor Macet, Berikan Cairan Pelumas Khusus 

Namun, salah satu masalah yang sering timbul yaitu kesulitan dalam membukanya. Tidak jarang pemilik kendaraan yang lupa meletakkan kontak.

Sebab, namanya manusia tidak bisa terlepas dari teledor atau lupa. Sehingga bisa menyebabkan kunci hilang dan membuat anda kesulitan dalam membukanya.

Jika kunci hilang, tentu membuat anda kesulitan untuk membukanya. Namun, jangan panik, sebab ada cara membuka jok motor tanpa kunci. Cara ini cukup mudah bahkan tidak membutuhkan peralatan yang rumit.

Apalagi jika kondisi ini terjadi saat sedang memarkirkan mobil dan memasukkan barang ke dalam jok. Secara tidak sengaja kunci tersebut berada dalam jok. Sehingga akan menimbulkan masalah baru. 

Simak Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci Secara Mudah

Sering sekali orang yang memiliki kendaraan lalai dalam menyimpan kunci. Selain tidak bisa menyalakan kendaraan, anda akan kesulitan dalam membuka jok motor.

Padahal fungsi dari kunci motor itu sendiri cukup penting. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, anda perlu menyimpannya dengan baik.

Baca Juga : Kunci Motor Hilang, Jangan Panik Lakukan Langkah Berikut Ini 

Selain untuk menyalakan mesin kendaraan, komponen tersebut juga digunakan untuk membuka jok. Maka dari itu, alangkah sebaiknya anda selalu menjaganya dengan baik.

Ketika kunci motor anda hilang atau tertinggal di dalam jok, jangan panik. Sebenarnya ada cara mudah bagaimana anda membukanya. Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan, yaitu:

Buka Pengait Jok

Cara membuka jok motor tanpa kunci yang pertama yaitu membuka pengaitnya. Pada bagian jok motor terdapat pengait yang terletak pada bagian ujung.

Ketika kunci motor anda tertinggal dalam jok, bisa gunakan cara ini. Pengait berfungsi untuk mencengkeram jok dan hanya bisa terbuka dengan menggunakan kunci.

Namun, sebenarnya anda dapat membobol pengait tersebut. Anda bisa menariknya secara paksa, akan tetapi menimbulkan terjadinya kerusakan. Hal ini sebaiknya dilakukan bagi anda yang sudah berpengalaman.

Bongkar Bodi Motor

Jika masalah ini anda alami ketika berada di perjalanan, sebaiknya bawa ke bengkel saja. Anda bisa mendapatkan kembali kunci yang tertinggal di dalam jok.

Anda bisa meminta tukang mekanik untuk membuka semua bodi sepeda motor. Terutama pada komponen-komponen yang menutupi bagian jok motor.

Baca Juga : Kunci Kontak Motor Susah Diputar, Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

Setelah hal ini berhasil, anda bisa menjangkau ruang bagasi. Cara membuka jok motor tanpa kunci yang satu ini bisa anda gunakan.

Minta Bantuan Tukang Kunci

Jika beberapa cara membuka bagasi motor tanpa kunci tidak bisa segera cari tukang kunci. Setelah anda menghubungi tukang kunci, pasti tahu solusi yang tepat.

Cukup dengan mengeluarkan sedikit biaya, masalah bisa teratasi. Sehingga bagasi motor bisa terbuka kembali. Anda bisa membuka bagasi untuk mengisi bensin atau mengambil barang yang ada di dalamnya.

Cara Mengatasi Kunci Motor Hilang

Masalah kunci motor hilang sudah sering sekali terjadi. Maka dari itu, sebaiknya anda jangan teledor meletakkannya. Dengan mengatasi kunci saat hilang, berarti juga sebagai cara membuka jok motor tanpa kunci.

Cara yang perlu anda lakukan ketika masalah terjadi yaitu jangan panik. Untuk bisa mengantisipasinya, anda bisa siapkan kunci cadangan. Sehingga ketika sewaktu-waktu hilang, anda bisa menggunakannya.

Selain itu, anda juga bisa mengklaim asuransi pada pihak yang bertanggung jawab. Hal ini perlu anda lakukan untuk menghindari pengeluaran biaya tambahan. Jangan letakkan kunci di sembarang tempat.

Pastikan dalam kondisi aman dan mudah anda temukan. Jika tidak, sebaiknya anda gunakan gantungan untuk memudahkan dalam mencarinya. Sebab, kunci motor menjadi salah satu komponen penting.

Tanpa adanya komponen tersebut, motor tidak bisa dinyalakan. Bahkan anda akan kesulitan saat membuka jok motor. Ketika masalah ini anda alami, jangan panik. Gunakan cara membuka jok motor tanpa kunci secara tepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto