Cara Memilih Kosmetik yang Aman Ketika Anda Gunakan

Cara Memilih Kosmetik yang Aman Ketika Anda Gunakan
Ilustrasi cara memilih kosmetik yang aman Foto: Ist/Net

Cara memilih kosmetik yang aman harus anda lakukan untuk menghindari kasus kosmetik palsu. Sebab produk kosmetik sendiri tengah naik daun di kalangan masyarakat, khususnya remaja wanita.

Produk kosmetik telah menempati peringkat kedua untuk produk yang paling sering dibeli dari online shop setelah busana.

Hal tersebut memicu adanya peredaran kosmetik yang palsu dan ilegal, sehingga kosmetik ini bisa membahayakan bagi kesehatan kulit anda. Lalu, bagaimana tips memilih kosmetik yang aman bagi kesehatan? Simak langkah-langkah berikut ini.

Inilah Cara Memilih Kosmetik yang Aman untuk Wajah

Harga Murah Bukan Penjamin Kualitas

Kebanyakan konsumen akan mengeluhkan dari harga kosmetik yang semakin mahal serta membuat dompet menipis. Sebab itulah, sebagian dari mereka akan tertarik dengan produk kosmetik, tetapi penjualannya dengan harga yang murah. Terkadang harga tersebut tidak masuk di akal.

Untuk harga kosmetik yang lebih murah memang tidak akan membuat dompet anda akan menipis. Namun tanpa disadari, hal itu mampu meningkatkan resiko pada gangguan kesehatan.

Baca Juga : Produk Perawatan Kulit dan Mitos yang Anda Harus Tahu

Terlebih, telah banyak kasus yang beberapa produk kosmetiknya ternyata palsu dan ilegal memiliki harga murah. Apabila demikian, pastinya kandungan yang terdapat dalam produk tidak bisa dipercaya apakah benar-benar aman atau tidaknya.

Oleh karena itu, bagi anda pengguna kosmetik, jangan sampai tertipu dengan harga yang murah. Pastikan anda memeriksanya kembali tentang keaslian dari produk.

Cek KLIK

Cara memilih kosmetik yang aman selanjutnya yakni sebelum anda membeli produk kosmetik, sebaiknya anda cek KLIK. Cek KLIK memiliki artian kemasan, label, izin edar, serta berapa tanggal kadaluarsa pada kosmetik.

Untuk pertama-tama, anda bisa mengeceknya dengan memeriksa pada setiap sisinya. Apakah ada kecacatan serta peredaran dengan kemasan produk yang asli.

Lalu, anda bisa menemukan NIE (Nomor Izin Edar) yang terdapat pada kemasan produk. Bila kosmetik legal dan juga aman, pastinya akan mengantongi izin yang sudah resmi dari BPOM.

Baca Juga : Cek BPOM Kosmetik Hindari Zat Berbahaya, Baik Online dan Manual

Lalu mempunyai nomor izin edar tersebut. Berarti kandungan untuk bahan-bahan kosmetik tersebut telah terjamin aman, sebab sudah teruji oleh BPOM. Bukan hanya itu saja, anda juga harus memastikan bahwa NIE telah terdaftar secara resmi pada web resmi BPOM.

Karena bisa saja beberapa produk hanya sekedar menempelkan nomor izin edar yang tidak resmi atau asal-asalan. Apabila anda membeli produk kosmetik tidak mempunyai nomor izin edar maupun tidak terdaftar, bisa saja kosmetiknya ilegal dan juga kandungannya tidak terjamin.

Jangan sampai melupakan dalam melihat tanggal kadaluarsa yang terdapat pada label produk. Seringkali hal tersebut terlewat, sebab sebagian orang percaya produk yang beredar merupakan produk baru.

Sama halnya dengan makanan, kosmetik yang telah kadaluarsa bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Membeli Kosmetik di Toko Terpercaya

Cara memilih kosmetik yang aman berikutnya, anda bisa membeli produk kosmetik di toko yang telah terpercaya. Bukan hanya toko konvensional, sekarang sudah banyak toko online yang telah menjual kosmetik yang anda pakai. Namun, anda juga harus memastikan bahwa toko tersebut telah benar-benar terpercaya serta menjual produk yang asli.

Bila anda membeli kosmetik secara langsung, anda harus pastikan juga tekstur, kemasan, aroma, dan warna kemasan secara detail. Lalu, anda bisa membandingkan dengan kosmetik yang asli.

Baca Juga : Bedak untuk Kulit Berminyak, Fungsinya Bagi Wajah dan Tips Memilihnya

Jika anda telah menemukan bentuk dari kemasan yang tidak meyakinkan, aroma menyengat, tekstur produk tidak biasa, maupun adanya warna cenderung berbeda, maka anda harus mewaspadainya. Bisa saja produk tersebut palsu.

Memperhatikan Reaksi Setelah Menggunakan Kosmetik

Bagi anda yang telah sering membeli produk kosmetik, pastinya telah fasih dalam mencoba teaser kosmetik tersebut. Caranya hanya dengan mengoleskan sedikit saja ke bagian punggung tangan anda. Hal tersebut mampu melihat dari warna dan juga tekstur.

Cara ini hanya sebagai alternatif untuk mencocokkan produk sesuai keinginan anda. Bisa juga anda memanfaatkannya sebagai salah satu cara memilih kosmetik yang aman. Jika sudah mengoleskan pada punggung tangan, anda bisa melihat aroma, tekstur, dan juga warna.

Bila melakukan tersebut, anda bisa mengetahui aman atau tidaknya. Banyak kosmetik palsu yang menimbulkan berbagai gejala. Walaupun demikian, akan lebih jelas terlihat setelah anda memakai dalam beberapa kali. Sehingga sangat diperlukan untuk mengaplikasikan cara memilih kosmetik yang aman. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah