Cara Memilih Waralaba Murah yang Prospek dan Menguntungkan

cara memilih waralaba murah
Begini cara memilih waralaba murah. Foto: Ist/Net

Cara memilih waralaba murah memang bukan perkara mudah. Apalagi yang prospeknya bagus dan menguntungkan. Namun dengan sedikit tips dalam artikel ini akan memberikan Anda panduan yang lebih terarah. Penasaran?

Teknik bisnis waralaba atau dalam bahasa Inggris-nya adalah franchise. Ini merupakan sistem penjualan atau pendistribusian barang yang belakangan cukup populer dan banyak yang bermunculan.

Menjalankan bisnis waralaba tidaklah sulit, namun juga tidak begitu mudah. Jika sang pelaku usaha ini memilih sistem waralaba dengan baik dan teliti, potensi untuk untung banyak juga sangat besar.

Meskipun tidak jauh berbeda dengan bisnis-bisnis lainnya, namun sistem waralaba sudah terkonsep dengan lebih rapi dan terstruktur. Bahkan usaha ini umumnya telah teruji dan mampu berkembang dengan baik.

Jika Anda tertarik untuk terjun dalam bisnis ini, Anda sebaiknya mencari referensi terlebih dahulu tentang bagaimana cara memilih waralaba murah namun prospektif dan menguntungkan.

Baca Juga: Memilih Usaha Waralaba Modal Kecil yang Prospek dan Menguntungkan

Strategi Jitu Cara Memilih Waralaba Murah

Dalam bisnis waralaba, salah satu permasalahan yang paling sering muncul yakni modal usahanya. Bisnis waralaba memang membutuhkan modal yang cenderung sangat besar. Bahkan tak jarang ada bisnis kemitraan yang memerlukan investasi hingga miliaran rupiah.

Namun seiring berjalannya waktu, permasalahan terhadap modal usaha tersebut tidak lagi begitu penting. Sebab kini telah banyak bisnis waralaba lokal yang menawarkan investasi bermodal kecil dengan keuntungan yang tetap besar.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips cara memilih waralaba murah namun tetap menguntungkan yang sebaiknya Anda tahu

Pilihlah Waralaba dengan Kredibilitas Telah Teruji

Memilih bisnis waralaba memang tidak bisa sembarangan. Sebab banyak model bisnis seperti ini yang menawarkan modal usaha yang sangat murah, namun kualitasnya meragukan.

Sebaiknya, carilah bisnis yang paling tidak telah cukup banyak orang yang mengenal atau cukup populer. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengecek tingkat kredibilitas bisnis waralaba tersebut dari pengguna lain yang telah menggunakannya.

Setiap bisnis waralaba memang kerap memasang citra atau kredibilitas produknya sebaik mungkin untuk menarik minat konsumen. Karena itu Anda perlu lebih selektif dalam memilihnya.

Baca Juga: Paket Usaha Makanan Waralaba, Inspirasi Bisnis untuk Pemula

Pastikan Legalitas dari Izin Bisnis Waralaba

Cara memilih waralaba murah memang harus penuh dengan ketelitian. Sebab tindak kecurangan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab juga cukup rentan terjadi.

Terutama dari segi hukumnya, pastikan bahwa izin yang ada dari bisnis waralaba yang Anda pilih memiliki legalitas yang jelas dengan produk yang dapat mereka pertanggungjawabkan.

Kesalahan dalam memilih bisnis yang tidak jelas dasar hukum dari izinnya, hanya akan berpotensi menjerat Anda ke ranah hukum yang lebih fatal. Kasus semacam ini juga pernah beberapa kali terjadi.

Kenali Franchisor dan Gali Informasi Lebih Dalam

Cara memilih waralaba murah tapi berkualitas tidak bisa hanya dengan melihat dan mengenali produk atau luarannya saja. Jika perlu, cari sebanyak mungkin informasi mengenai reputasi bisnis serta bagaimana perjalanan pemilik membangun bisnis tersebut.

Cara ini cukup efektif untuk lebih memantapkan pilihan pada suatu bisnis. Umumnya, franchisor yang telah memiliki banyak cabang bisa menjadi suatu faktor pertimbangan tersendiri. Faktor ini bisa untuk melihat seberapa besar reputasi yang ada.

Tak hanya sebagai cara mengetahui franchisor memulai dan mengembangkan bisnisnya, informasi-informasi tersebut juga bisa berguna sebagai masukan pengembangan bisnis Anda sendiri nantinya.

Pilih Lokasi yang Tepat dan Strategis

Cara memilih bisnis waralaba murah dan berkualitas selanjutnya adalah dengan memilih lokasi yang tepat dan strategis. Pemilihan lokasi adalah hal pokok dalam menjalankan bisnis. Karena semakin strategis lokasinya, calon konsumen juga akan semakin banyak.

Namun dalam hal ini, lokasi yang Anda pilih tidak harus selalu mahal dan berkelas. Carilah lokasi pada tempat-tempat yang lekat dengan keramaian seperti sekitar pusat perbelanjaan, kampus, perkantoran, dan lokasi ramai lainnya.

Lokasi yang strategis sangat berpotensi untuk menarik minat dan perhatian konsumen. Ini juga berguna membantu Anda dalam meningkatkan penjualan untuk hasil atau omzet yang lebih besar.

Itulah beberapa cara memilih waralaba murah dengan memperhatikan berbagai pertimbangan yang ada. Timbulnya sejumlah kasus hukum dan kegagalan dalam bisnis waralaba perlu menjadi acuan agar kita selektif dalam memilihnya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang