Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mencegah Glaukoma Agar Tidak Menyerang

Cara Mencegah Glaukoma Agar Tidak Menyerang

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Cara mencegah glaukoma agar tidak menyerang. Glaukoma merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang saraf optik pada mata, bagian yang sangat vital dalam menghasilkan penglihatan yang baik.

Penyakit glaukoma dapat terjadi  pada semua usia, namun lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun.

Penyebab terjadinya glaukoma karena tekanan bola mata yang sangat tinggi, tekanan bola mata yang tinggi bisa terjadi pada gangguan aliran keluar cairan bola mata (aqueous humor).

Peningkatan tekanan bola mata biasanya timbul perlahan dan kerusakan yang muncul juga bertahap.

Penderita glaukoma tidak merasakan tanda-tanda atau gejala, sehingga tidak menyadari adanya gangguan penglihatan.

Kondisi tersebut bisa adalah glaukoma kronis, yakni ketika penyakit sudah di tahap yang lebih parah barulah penderita mulai merasakan gangguan penglihatan.

Cara Mencegah Glaukoma

Jika Anda berada pada kelompok orang dengan risiko glaukoma, sebaiknya Anda lebih waspada dengan kondisi kesehatan mata.

Perawatan dapat membantu Anda mendeteksi glaukoma pada tahap awal untuk mencegah hilangnya penglihatan atau memperlambat perkembangan.

Berikut ini cara mencegah glaukoma yang wajib Anda ketahui.

Jalani Pemeriksaan Mata Dilatasi secara Teratur

Pemeriksaan mata komprehensif secara teratur dapat membantu deteksi glaukoma pada tahap awal, sebelum terjadi kerusakan yang signifikan.

Periksakan mata secara komprehensif lima hingga sepuluh tahun sekali jika Anda berusia di bawah 40 hingga 54 tahun.

Ketahui Riwayat Kesehatan Mata Keluarga

Glaukoma lebih cenderung menurun dalam keluarga. Jika Anda berisiko tinggi, mungkin perlu lebih sering melakukan skrining.

Olahraga dengan Aman

Dengan olahraga yang teratur dapat membantu mencegah glaukoma dengan mengurangi tekanan pada mata.

Namun Anda harus bicara dengan dokter tentang program olahraga yang sesuai dengan kondisimu.

Gunakan Obat Tetes Mata yang Diresep secara Teratur

Obat tetes mata glaukoma secara signifikan dapat mengurangi resiko tekanan mata yang tinggi akan berkembang menjadi glaukoma.

Maka agar lebih efektif obat tetes mata yang sudah dari dokter harus anda gunakan secara teratur meski Anda tidak memiliki gejala.

Pakai Pelindung Mata

Cedera mata yang serius dapat menyebabkan glaukoma, sebaiknya Anda gunakan pelindung mata saat menggunakan perkakas listrik atau saat bermain di lapangan tertutup.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Makan makanan yang sehat bisa membantu jaga kesehatan mata, beberapa vitamin dan nutrisi itu sangat penting untuk kesehatan kata.

Anda bisa konsumsi selenium, seng, tembaga, antioksidan vitamin C, E dan A.

Biaya Operasi Glaukoma

Operasi merupakan salah satu rujukan utama yang dokter berikan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit tertentu yang mana obat-obatan sudah tidak cukup.

Namun penyakit semacam glaukoma ini masih dapat tertangani di Indonesia dan biayanya lumayan tidak murah.

Penderita glaukoma harus menyiapkan biaya sebesar Rp 4-15 juta untuk bayar operasi. Namun perlu Anda ketahui bahwa kisaran harga akan berbeda-beda pada setiap rumah sakit.

Angka tersebut hanya kisaran harga relatif dan masih tergantung pada jenis tindakan serta metode operasi yang dokter gunakan.

Obat Mata Glaukoma

Sebagian besar orang yang sudah diagnosis dengan glaukoma pasti memiliki kekhawatiran dan pertanyaan yang sama, yaitu apakah penyakit ini bisa disembuhkan.

Penyakit glaukoma tidak bisa disembuhkan, namun gejala-gejala dan perkembangan penyakit masih bisa terkendali dengan pengobatan.

Pengobatan glaukoma dapat membantu mencegah glaukoma semakin parah, maka pengobatan biasanya akan fokus pada cara-cara menurunkan tekanan bola mata yang tinggi.

Terdapat beberapa pilihan terapi pengobatan glaukoma yang umum dokter gunakan untuk menghindari resiko kebutaan.

Ada 4 pilihan terapi pengobatan glaukoma yang dokter gunakan untuk menghindari risiko kebutaan.

Namun pemilihan jenis pengobatan ini tergantung pada tingkat keparahan pasien.

Obat Tetes Mata

Cara mengobati glaukoma yang dokter anjurkan adalah obat tetes mata. Obat tersebut bekerja menurunkan bola mata dan mencegah kerusakan pada saraf optik mata.

Obat tetes mata yang dalam pengobatan glaukoma bukanlah obat yang bisa Anda dapatkan secara bebas di apotik.

Untuk mendapat obat ini, Anda harus mendapat resep dokter. Karena jenis dan dosisnya akan dokter tentukan berdasarkan tingkat keparahan kondisi Anda.

Obat Minum

Selain obat tetes mata, dokter juga akan meresepkan obat oral atau minum dalam pengobatan glaukoma. Akan tetapi, efek samping obat minum lebih tinggi dari pada obat tetes mata.

Sebab minum obat biasa kurang begitu rekomendasi dalam pengobatan glaukoma.

Laser

Pengobatan pakai laser biasanya berlangsung jika pengobatan glaukoma lewat obat-obatan dan cara lain tanpa operasi, tidak membuahkan hasil.

Namun, cara mengatasi glaukoma dengan laser terkadang tidak menunjukan hasil yang lebih baik dari prosedur bedah atau operasi. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -