Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

gaya hidup sehat
Menerapkan gaya hidup sehat. Foto:Ist/Net

Cara menerapkan gaya hidup sehat ternyata tak semudah mengucapkannya. Padahal ada banyak sekali melaksanakan gaya hidup yang baik, bersih dan jauh dari hal yang buruk.

Hidup yang kita jalani memang tidak akan berlangsung selamanya. Namun alangkah baiknya jika selama hidup yang Tuhan berikan kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin dengan aktivitas yang sehat dan bermanfaat.

Menjalankan gaya hidup yang baik tidak hanya berguna untuk mencegah penyakit saja, tetapi juga untuk menjaga kesehatan fisik, mental, dan sosial. Sehingga kualitas hidup semakin baik dan bisa terus terjaga.

Cara menerapkan pola hidup sehat tersebut pada dasarnya tidak akan rumit. Sebab semua tergantung dari seberapa besar niat Anda untuk memulainya. Anda tak perlu menunggu waktu luang untuk segera melakukannya.

4 Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Prinsip dasar dalam menerapkan gaya hidup sehat yakni dengan selalu melihat kebutuhan fisik dan mental tubuh. Selain itu juga penting untuk mengesampingkan keinginan nafsu yang terlalu berlebihan.

Dalam menentukan pola hidup seperti apa yang harus kita terapkan, tentu saja perlu sesuai dengan kondisi seseorang. Baik menyangkut usia, jenis kelamin, kemampuan fisik, dan kondisi kesehatan pada saat ini.

Baca Juga : Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Mengharapkan pola hidup yang sama seperti orang lain lakukan hanya akan menjauhkan Anda dari kesehatan yang sebenarnya. Sebab setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Namun, terlepas dari masalah usia hingga kemampuan fisik, ada beberapa gaya hidup sehat yang berlaku secara umum. Nah, berikut ini sejumlah aktivitas yang dapat segera Anda praktekkan sebagai rutinitas.

Mengontrol Berat Badan Ideal

Mengontrol berat badan ideal bukan hanya sebagai ajang untuk memperbaiki proporsi tubuh atau penampilan saja. Akan tetapi, mengontrol berat badan dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit.

Cara menerapkan gaya hidup sehat salah satunya rutin mengonsumsi setidaknya beberapa porsi buah setiap harinya dapat meningkatkan nutrisi tubuh. Pola makan yang baik juga dapat kita mulai dengan sarapan yang sehat, seperti membiasakan diri minum susu rendah lemak atau gandum utuh.

Sarapan dapat menurunkan kadar gula darah sehingga lemak dalam tubuh tidak meningkat. Minuman manis, seperti soda dan minuman kemasan, serta makanan tinggi lemak seperti fastfood dan junkfood juga merupakan pantangan menjalani gaya hidup sehat.

Baca Juga : Manfaat Chia Seed, Superfood Ajaib untuk Jalani Gaya Hidup Sehat

Berolahraga Secara Teratur

Cara menerapkan gaya hidup sehat yang berikutnya yaitu olahraga secara rutin akan membantu memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan otot, dan kesehatan jantung. Dengan berolahraga, oksigen dan nutrisi akan diantarkan dengan optimal ke jaringan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

Setidaknya lakukanlah 150 menit olahraga setiap minggunya dengan berbagai jenis olahraga yang sederhana. Seperti melakukan jogging, bersepeda ringan, atau berjalan kaki yang lebih sering.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan berjalan kaki 30 menit setiap hari akan mengurangi risiko meninggal pada usia muda daripada yang jarang berolahraga.

Mengelola Stres

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik Anda. Dua hal ini harus senantiasa berjalan beriringan dan menjadi faktor penting yang kita perhatikan dalam menjalani gaya hidup sehat.

Karena jika kondisi fisik yang baik tanpa diiringi dengan kondisi mental yang baik dapat menguras energi dan fokus. Kondisi ini akan berakibat terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Liver, Ubah Gaya Hidup dan Pola Makan!

Berolahraga nyatanya tidak hanya bermanfaat bagi fisik saja, tapi juga menjadi solusi mengelola stres dengan baik. Aktivitas fisik dapat merangsang produksi endorfin, bahan kimia dalam otak untuk merasa lebih bahagia dan lebih tenang.

Selain dengan aktivitas fisik, stres juga bisa kita kendalikan dengan bersosialisasi. Hubungan antar manusia dapat menghindarkan Anda dari rasa kesepian yang memicu munculnya stres.

Memperbaiki Waktu dan Kualitas Tidur

Tidur juga sangat berperan penting dalam penerapan gaya hidup sehat. Oleh sebab itu kurangnya waktu tidur dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Seperti merasa mudah tersinggung dan murung. Bahkan kurang tidur bisa memicu risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam. Selain itu meningkatkan kualitas tidur dapat kita lakukan dengan mengurangi asupan kafein dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman untuk diri sendiri.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat yang praktis bisa kita lakukan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari. Luangkan waktu sedikit saja untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang optimal. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah