Cara Mengatasi Gangguan Kehamilan, Mencegah Dampaknya Pada Janin

cara mengatasi gangguan kehamilan
Begini cara mengatasi gangguan kehamilan. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi gangguan kehamilan sangat penting untuk mencegah dampak buruk bagi perkembangan janin. Ada banyak jenis gangguan kehamilan yang wajib ibu hamil tahu dan mencegahnya sebisa mungkin. Cara ini mudah untuk penanganan yang cepat.

Tak selamanya kehamilan akan berlangsung mulus tanpa adanya masalah. Persiapan dan pengetahuan sebelum hamil sangat penting bagi setiap calon ibu. Apalagi pertumbuhan janin sangat rentan.

Masalah yang sering Anda alami selama hamil berlangsung bahkan mulai dari trimester pertama. Masalah ini bisa meningkat hingga menjelang persalinan. Karena itu penting melakukan penanganan terhadap gangguan yang ada.

Beberapa Cara Mengatasi Gangguan Kehamilan

Untuk Anda yang sedang hamil sangat penting mempersiapkan diri agar janin dalam kandungan selalu aman. Berikut ini sejumlah cara mengatasi gangguan kehamilan yang praktis dan bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Kram Pada Ibu Hamil

Kram memang sering terjadi pada ibu hamil. Kram akan semakin menunjukkan intensitas yang sering ketika kehamilan semakin besar dan ketika janin semakin menekan perut ibunya.

Biasanya kram akan semakin terasa pada trimester kedua dan ketiga kehamilan dan sering terjadi pada kaki dan tangan. Untuk mengatasi hal yang satu ini dapat kita lakukan dengan beberapa cara mengatasi gangguan kehamilan ini.

Anda perlu berdiri dengan jarak satu rentangan lengan dari dinding. Dengan posisi menghadap dinding, perlahan tekuk kaki kiri ke depan sembari Anda jaga lutut kanan tetap lurus dan tumit kanan menjajak lantai.

Baca Juga: Ingin Mencegah Keguguran Kehamilan? Ini Cara Mudah yang Efektif!

Tahan posisi seperti ini sekitar 30 detik. Jaga punggung tetap lurus dan pinggul ke depan. Selain dengan langkah ini jangan lupa penuhi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Sembelit juga sering terjadi. Salah satunya adalah dengan semakin besarnya janin dan posisi janin yang menekan perut bagian bawah ibu hamil sehingga akan membuat sembelit terjadi.

Salah satu cara mengatasi gangguan kehamilan berupa sembelit yaitu dengan mengonsumsi aneka bahan makanan yang mengandung serat, seperti buah dan juga sayur. Sebaiknya Anda mengonsumsi 30 hingga 40 gram serat setiap harinya.

Cara Mengatasi Wasir Pada Ibu Hamil

Wasir juga dapat terjadi pada ibu hamil dengan beberapa kondisi keluhan. Mulai dari wasir ringan sampai yang berat. Wasir berat biasanya terjadi ketika ibu hamil memang memiliki riwayat ambeien sejak sebelum hamil.

Cara mengobati wasir pada ibu hamil yaitu dengan menempatkan air es batu yang kita bungkus kain bersih pada anus yang sakit. Ini berguna untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Selain itu sebaiknya Anda selalu menjaga anus tetap bersih dan mencuci dengan lembut setiap kali selesai buang air besar.

Cara Mengatasi Pusing dan Sakit Kepala Pada Ibu Hamil

Ada beberapa tips yang mudah dan dapat Anda terapkan sebagai cara mengatasi gangguan kehamilan ini. Yuk simak saja beberapa alternatif mengatasi pusing dan sakit kepala pada ibu hamil.

Baca Juga: Ciri-Ciri Hamil Muda, Perhatikan dan Lakukan Tips Menjaga Kehamilan

Dengan Beristirahat

Apa saja yang sedang Anda kerjakan ketika tiba-tiba Anda merasa pusing, jangan paksakan diri untuk aktif. Termasuk saat Anda sedang berkutat dengan berbagai pekerjaan kantor.

Sebaiknya Anda perlu mencari tempat duduk dan istirahat sejenak. Karena istirahat juga dapat menjadi cara tepat mengatasi pusing dan sakit kepala pada ibu hamil.

Makan Walau Sedikit

Apakah sebelum hamil Anda sering telat makan? Sebaiknya jangan Anda teruskan kebiasaan buruk ini saat hamil. Janin Anda membutuhkan asupan untuk perkembangan dalam rahim.

Hindari agar jangan terlambat makan karena juga dapat membuat Anda sering pusing. Cara mengatasi gangguan kehamilan adalah makan dengan porsi sedikit tetapi dengan intensitas yang sering karena baik untuk tubuh dan janin Anda.

Minum Agar Terhidrasi

Terkadang otak memang bisa salah tafsir. Haus terkadang dibilang otak lapar sehingga ada rasa ingin makan. Sebab kekurangan air atau dehidrasi juga dapat memicu pusing pada ibu hamil.

Karena itu saat Anda pusing coba atasi terlebih dahulu dengan minum air putih. Jika setelah minum beberapa gelas tetap ada tanda lapar berarti Anda memang harus mengajak janin untuk makan.

Jangan Melakukan Gerakan Mendadak

Upayakan agar jangan pernah melakukan gerakan yang tergesa-gesa atau secara tiba-tiba. Ada baiknya Anda mencoba mengubah posisi secara perlahan dari duduk atau berbaring ke posisi berdiri.

Jika masih tetap terasa pusing mungkin dapat Anda atasi dengan bekam yang dilakukan orang yang memang ahli.

Itulah beberapa alternatif cara mengatasi gangguan kehamilan yang bisa Anda lakukan. Munculnya sakit atau keluhan lain memang sering terjadi pada ibu hamil. Namun untuk mencegah efeknya pada janin sebaiknya segera Anda atasi. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu