Cara Mengatasi Keringat Berlebih Sekitar Area Kewanitaan

Cara mengatasi keringat berlebih di sekitar area kewanitaan. Foto: Net/Ist.
Cara mengatasi keringat berlebih di sekitar area kewanitaan. Foto: Net/Ist.

Cara mengatasi keringat berlebih di sekitar area kewanitaan sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Keringat yang berlebihan pada area kewanitaan tentunya dapat menimbulkan masalah kesehatan. Termasuk penampilan dan kenyamanan anda.

Cuaca yang lembab dan panas bisa menyebabkan seseorang lebih mudah mengeluarkan keringat. Terutama pada bagian tubuh yang tertutup, salah satunya di area kewanitaan.

Kondisi cuaca yang panas menjadikan area yang lembab itu menjadi mandi keringat. Hal ini yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Ada beberapa penyebab munculnya keringat di sekitar area kewanitaan. Keringat yang keluar pada dasarnya merupakan cara alami tubuh mendinginkan diri.

Beberapa bagian tubuh punya konsentrasi folikel rambut serta kelenjar keringat lebih tinggi ketimbang bagian lain. Ini terjadi sekitar bagian kulit kepala, selangkangan, dan ketiak.

Meski begitu, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi keringat berlebih yang terdapat pada area kewanitaan.

Dilansir Prevention, pakar kulit di Massachusetts, Joyce Imahiyerobo-Ip, MD, menyebutkan, kebanyakan wanita cenderung memperhatikan keringat pada bagian tersebut. Biasanya saat temperatur panas, atau melakukan olahraga intens.

Joyce juga menyebut, stres bisa menjadi salah satu pemicu keluarnya keringat. Kemudian, hal lainnya yang bisa anda sadari yaitu aroma tak sedap yang muncul pada area selangkangan akibat berkeringat.

Baca Juga : Ramuan untuk Mengatasi Keringat Dingin Berlebihan yang Efektif

Menurut pakar kulit asal New York, Suzanne Friedler, hal itu terjadi karena area kewanitaan adalah tempat dua jenis dari kelenjar keringat yang berbeda.

Penting anda mengetahui cara mengatasi keringat berlebih yang muncul sekitar area kewanitaan. Karena di area tersebut terdapat kelenjar apokrin. Kelenjar tersebut juga yang menyebabkan bau badan, biasanya muncul dari ketiak.

Tubuh manusia memang banyak memproduksi kelenjar ekrin penghasil keringat. Kelenjar ini berfungsi untuk mendinginkan tubuh.

4 Cara Mengatasi Keringat Berlebih di Area Kewanitaan

Munculnya keringat sekitar area kewanitaan sebetulnya sangat normal. Meski begitu, anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah hal yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi masalah munculnya keringat yang berlebihan sekitar area kewanitaan.

Gunakan Celana Dalam Berbahan Katun

Baca Juga : Penyebab Keputihan Berlebihan, Gejala dan Cara Mengatasinya

Cara yang pertama untuk mengatasi keringat berlebih pada sekitar area kewanitaan yaitu harus tepat dalam memilih bahan celana dalam.

Untuk mengatasinya, hindari penggunaan celana dalam berbahan panty liners karena tidak mampu menyerap keringat. Bahkan, celana dalam dengan bahan panty liners dapat memicu munculnya keringat lebih banyak lagi.

Jadi sebaiknya gunakan celana dalam yang longgar dari bahan katun. Kemudian, jika keringat berlebih yang muncul itu karena olahraga, lebih baik segera mengganti celana dalam. Hal ini untuk menghindari timbulnya masalah lainnya.

Bercukur

Pastikan rambut yang ada sekitar area kewanitaan anda tetap pendek. Hal ini bisa membantu meminimalisir keringat berlebih. Ini menjadi salah satu cara mengatasi keringat berlebih.

Rambut yang lebat di sekitar area tersebut bisa memicu keluarnya keringat yang lebih banyak lagi. Selain itu, juga dapat menimbulkan aroma tak sedap. Jadi sebisa mungkin anda mencukurnya cukup pendek guna mengatasinya.

Gunakan Produk Pembersih yang Tepat

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Untuk mengatasi masalah keringat berlebih sekitar area kewanitaan sebaiknya anda gunakan pembersih yang sesuai. Seperti halnya bedak yang mampu mengatasinya tanpa menimbulkan sensitif atau alergi.

Selain itu, hindari penggunaan sabun batang atau sabun yang memiliki kandungan keras. Menjaga kebersihan sekitar area kewanitaan ini dapat membantu mengatasi keringat berlebih, sekaligus aroma yang tidak sedap.

Penggunaan produk pembersih yang sesuai juga menjadi cara mengatasi keringat berlebih sekitar area kewanitaan anda.

Konsultasikan dengan Dokter

Munculnya keringat pada area kewanitaan sebenarnya normal. Tapi jika keluarnya berlebihan anda perlu konsultasi dengan dokter. Sehingga, anda akan mendapatkan penanganan tepat untuk menghindari masalah yang lebih lanjut.

Keringat yang muncul pada area kewanitaan tidak perlu anda takuti. Namun, jika kondisinya sudah sangat mengganggu, anda bisa menerapkan empat cara tersebut. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah