Cara Menghilangkan Ngantuk yang Mudah saat Sedang Beraktivitas

cara menghilangkan ngantuk
Begini cara menghilangkan ngantuk. Foto: Ist/Net

Melakukan cara menghilangkan ngantuk saat sedang beraktivitas mungkin penting untuk mencegah kecelakaan kerja. Untuk mengatasi kantuk paling efektif adalah dengan tidur sebentar. Namun ada beberapa pilihan untuk mencegah kondisi ini.

Rasa kantuk saat sedang melakukan aktivitas atau bekerja memang sangat menyebalkan. Bahkan bagi beberapa orang, rasa ngantuk adalah musuh yang cukup besar ketika harus fokus melakukan sesuatu.

Salah satu solusi jitu yang kerap kita andalkan untuk menghilangkan ngantuk yaitu dengan mengonsumsi kopi atau minuman berkafein. Namun minum kopi secara terus menerus dengan intens hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, perlu suatu trik atau cara menghilangkan ngantuk yang lebih aman ketimbang harus terus menerus mengonsumsi kafein.

Beberapa Cara Menghilangkan Ngantuk yang Efektif

Tubuh yang lelah adalah salah satu penyebab utama dari rasa kantuk yang kita rasakan. Rasa mengantuk ini merupakan pertanda bahwa tubuh harus segera memperoleh waktu untuk istirahat.

Baca Juga : Badan Lemas dan Ngantuk, Waspadai Adanya Gejala Penyakit Serius

Beberapa orang juga kerap merasakan hal ini di tempat kerja atau ketika sedang belajar karena memiliki waktu tidur yang kurang cukup. Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab tubuh cepat lelah dan memicu kantuk.

Untuk menghilangkan dampak-dampak buruk dari rasa kantuk yang berlebihan, Anda dapat mempraktikkan berbagai cara menghilangkan ngantuk berikut ini.

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi seringkali juga menjadi salah satu penyebab dari rasa kantuk. Dehidrasi dapat menyebabkan fungsi kognitif menjadi terganggu. Sehingga aktivitas seperti belajar atau bekerja terasa lebih sulit untuk dilakukan.

Karena itu membuat tubuh terhidrasi dengan baik bisa menjadi solusi yang baik. Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda setiap harinya. Namun secara umum tubuh kita membutuhkan sekitar 1,5 liter setiap hari.

Cara menghilangkan ngantuk satu ini bisa kita lakukan dengan meminum kopi. Namun ada baiknya juga kita selingi dengan konsumsi air mineral yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

Menghindari Makanan Penyebab Kantuk

Baca Juga : Sering Mengantuk di Pagi Hari, Ini Penyebabnya!

Tak hanya kekenyangan yang dapat menjadikan seseorang lebih mudah mengantuk, tetapi jenis-jenis makanan tertentu juga bisa mempengaruhi energi dalam tubuh.

Makanan-makanan manis serta junk food bisa menjadi contoh makanan penyebab kantuk. Hal ini karena makanan ini akan meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu Anda akan merasakan tubuh kurang berenergi untuk melakukan sesuatu.

Oleh sebab itu, cukup penting untuk menghindari jenis-jenis makanan seperti itu. Ini berguna untuk membuat tubuh tidak mudah mengantuk.

Sebaliknya, ada jenis-jenis makanan tertentu yang dianjurkan untuk membuat tubuh selalu bugar. Jenis makanan itu dapat memenuhi kebutuhan protein, karbo, dan lemak sehat pada tubuh. Seperti telur, buah, sayur, atau alpukat.

Menggerakkan Badan Lebih Sering

Tubuh yang sering bergerak dipercaya mampu meningkatkan energi bagi tubuh. Hal tersebut dapat menjadi cara menghilangkan ngantuk yang berlebihan saat sedang beraktivitas dan cukup efektif.

Baca Juga : Sering Ngantuk Setelah Makan? Kenali Bahayanya!

Anda dapat melakukan gerakan-gerakan badan ringan jika rasa kantuk itu kembali menyerang Anda. Untuk itu, saran terbaik bagi Anda yang sering mengantuk cukup dengan selalu berolahraga pada pagi hari atau sebelum memulai rutinitas.

Hal tersebut sekaligus dapat meredakan stres yang biasanya juga muncul saat kita sedang bekerja atau belajar.

Tidur yang Cukup

Tidur memang berperan penting dalam menjaga kondisi fisik, perasaan, motivasi, dan memori seseorang. Oleh karena itu, cara menghilangkan ngantuk terutama pada siang hari yaitu dengan mencukupi waktu tidur pada malam hari.

Tidur yang cukup sesuai dengan anjuran per harinya akan membuat tubuh lebih berenergi dan terhindar dari rasa lelah.

Baca Juga : Kantung Mata Hitam Membuat Anda Kurang PD, Ini Dia Penyebabnya

Menjauhi Tempat Tidur

Menjauhi tempat tidur bisa menjadi salah satu trik untuk menghilangkan rasa kantuk saat beraktivitas. Namun tentu saja tempat tidur yang dimaksud ini bukan hanya mengenai tempat yang memiliki kasur atau selimut untuk tidur sehari-hari.

Akan tetapi ini juga berkaitan dengan tempat yang cukup nyaman untuk tidur. Rasa nyaman yang berlebihan seperti sedang berada di atas kasur atau tempat tidur sendiri berpotensi lebih besar untuk mengundang rasa kantuk Anda.

Oleh karena itu, mencari posisi atau ruang yang memang untuk bekerja atau belajar adalah solusi yang cukup efektif.

Itulah beberapa cara menghilangkan ngantuk yang bisa Anda lakukan saat sedang beraktivitas. Mencegah kecelakaan kerja tentunya jauh lebih penting. Menjalani pola hidup sehat juga bisa menjadi cara efektif mencegah kantuk sebelum waktunya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah