Cara Mengisi Air Aki dengan Langkah yang Tepat Agar Tidak Berbahaya

Cara Mengisi Air Aki dengan Langkah yang Tepat Agar tidak Berbahaya
Ilustrasi cara mengisi air aki. Foto: Ist/Net

Cara mengisi air aki pada kendaraan memang tidak bisa sembarangan. Sebenarnya anda perlu menyesuaikan waktu yang tepat dan ukuran pas.

Sehingga hal-hal buruk yang akan terjadi bisa terhindari. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu hal tersebut. Semua komponen yang ada pada kendaraan memang memiliki fungsi yang cukup penting.

Bahkan dari komponen satu dengan yang lainnya juga akan berkaitan erat. Misalnya saja aki menjadi komponen vital pada kendaraan.

Sebenarnya ada dua tipe aki yaitu basah dan kering. Mungkin sebagian besar orang memilih menggunakan aki basah karena lebih mudah dalam perawatan.

Berbeda dengan aki basah, di mana anda perlu rutin melakukan pengecekan. Sebab air aki yang ada pada kendaraan harus pas sehingga tidak boleh berlebihan bahkan kurang.

Banyak masalah yang bisa terjadi ketika air aki berkurang. Salah satunya yaitu tekor dan membuat anda akan mengalami banyak masalah.

Baca Juga : Efek Peredam Kap Mesin, Mampu Menjaga Suhu Komponen Kendaraan

Berbeda dengan aki kering. Aki tipe yang satu ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Komponen yang satu ini berfungsi untuk menyimpan sistem kelistrikan kendaraan.

Maka dari itu, anda perlu mengetahui cara mengisi air aki secara tepat. Sehingga aki basah yang ada pada kendaraan akan berfungsi dengan optimal.

Sebenarnya cara yang bisa anda lakukan cukup mudah. Anda tidak perlu datang ke bengkel untuk melakukan penambahan air aki. Anda cukup membeli air aki dan tambahkan sendiri.

Simak Cara Mengisi Air Aki dengan Tepat

Seperti yang sudah banyak orang ketahui jika aki memiliki peran penting pada kendaraan. Komponen tersebut berfungsi sebagai suplai sistem kelistrikan.

Misalnya pasokan listrik pada sistem starter dan alarm sistem. Namun, sayangnya komponen tersebut bisa menimbulkan banyak masalah.

Salah satu yang sering terjadi yaitu aki tekor. Komponen yang satu ini memang memiliki dua tipe. Namun, untuk yang cukup banyak digunakan yaitu aki basah.

Baca Juga : Fungsi Alur pada Ban Kendaraan Sesuai dengan Jenisnya

Anda perlu memberikan perawatan secara rutin. Cara yang bisa anda lakukan yaitu menambah air aki agar tidak sampai habis. Sebab, jika hal ini terjadi, aki akan tekor dan menimbulkan banyak masalah.

Agar anda tidak mengalami masalah ini, sebaiknya gunakan cara mengisi air aki dengan tepat. Sehingga komponen bisa berfungsi dengan optimal.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam pengisian komponen tersebut, yaitu:

1. Siapkan Alat

Ada beberapa cara mengisi air aki yang bisa anda lakukan sendiri yaitu dengan mempersiapkan peralatan.

Anda perlu siapkan obeng (-) ukuran besar untuk membuka penutup selnya. Jika tidak ada peralatan tersebut, anda bisa gunakan benda pipih seperti gunting atau pisau.

2. Cek Ketinggian dan Siapkan Air Aki

Sebelum membuka tutupnya dan anda terapkan cara mengisi air aki, cek ketinggiannya. Setelah itu, jangan lupa untuk menyiapkan air aki.

Baca Juga : Stang Motor Terasa Goyang, Cek Enam Komponen Ini!

Cek dulu seberapa banyak volume air. Sehingga anda bisa mengisi secara tepat. Beli air aki secukupnya. Anda bisa membelinya dengan mudah.

Saat ini sudah banyak tempat yang menjual air aki. Pada umumnya, jika air berada pada garis bawah lower level, cukup 1 botol. Namun, jika air aki sampai kosong, anda membutuhkan kurang lebih 3 botol.

3. Lepas Terminal Negatif Baterai

Agar pengisian lebih aman, ada baiknya untuk melepas terminal negatif baterai. Anda bisa lakukan hal ini sebelum melakukan pengisian. Gunakan kunci 10 untuk mengendorkan mur terminal tersebut.

4. Gunakan Kain Lap

Sebaiknya persiapkan kain lap untuk mencegah tumpahan air aki. Anda bisa letakkan pada samping tempat pengisian untuk mencegah tumpahan air aki.

Air yang bersifat asam ini bisa membuat komponen mesin mengelupas atau membekas. Sebaiknya lebih berhati-hati saat melakukan cara ini.

5. Tuang Air Aki

Setelah anda lakukan beberapa langkah sebelumnya, bisa segera lakukan pengisian. Buka semua penutup aki secara hati-hati. Anda bisa segera tuang dengan corong khusus yang ada pada botol.

Namun, jika memang tidak ada, anda bisa tuang lebih hati-hati. Banyak hal yang mungkin belum dipahami dalam melakukan pengisian

Maka dari itu, anda bisa gunakan cara mengisi air aki dengan tepat. Pastikan ukuran volumenya pas. Jangan sampai kurang, bahkan terlalu berlebihan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah