Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih Tanpa Ribet dan Tetap Sehat

Berat Badan
Cara menurunkan berat badan berlebih tanpa ribet. Foto: Net/Ist.

Cara menurunkan berat badan berlebih tanpa ribet sebenarnya bisa kamu lakukan dengan mudah, tetap aman dan sehat. Bagi yang punya BB (berat badan) berlebih pastinya ingin memiliki BB ideal sesuai dengan Body mass Index (BMI).

Tidak hanya wanita, para pria juga ingin punya postur tubuh yang ideal agar penampilannya terlihat menarik. Ada banyak cara untuk bisa menurunkan berat badan, misalnya melakukan diet ketat, berolahraga secara teratur, serta mengurangi porsi makan.

Akan tetapi, cara-cara tersebut butuh usaha yang lebih, punya ketekunan, dan niat yang kuat. Konsistensi biasanya menjadi permasalah utama ketika sedang berjuang menurunkan bobot badan berlebih.

Namun, bagi pemilik BB berlebih jangan berkecil hati, karena masih ada cara yang justru lebih mudah dilakukan untuk menurunkannya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini lima cara yang bisa kamu lakukan agar berat badan turun tanpa adanya efek samping.

Baca Juga : Cara Diet Sehat yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan Berlebihan

5 Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih Tanpa Ribet

Banyak Minum Air Putih

Air putih dapat membantu kamu mengurangi rasa lapar. Banyak minum air putih juga bisa mencegah keinginan mengonsumsi makanan berat yang terlalu banyak.

Cobalah dalam setiap jam kamu minum air putih dari gelas. Hal ini untuk mengetahui seberapa banyak air yang telah kamu minum.

Kunyah Permen Karet Sebelum Makan Berat

Cara menurunkan berat badan berlebih tanpa harus ribet yang selanjutnya yaitu mengunyah permen karet sebelum kamu mengonsumsi makanan berat.

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Rhode Island, dengan kita mengunyah permen karet terlebih dahulu sebelum makan berat bisa mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori.

Baca Juga : Buah yang Cocok untuk Diet Sehat dan Menurunkan Berat Badan

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa, rutin mengunyah permen karet pada pagi hari bisa mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu, pada siang harinya keinginan mengonsumsi kalori juga akan berkurang sampai 67 kalori. Sebaiknya kamu pilih permen karet dengan rasa peppermint.

Mendengarkan Musik saat Olahraga

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa mendengarkan musik ketika melakukan olahraga merupakan cara untuk membantu memotivasi, serta membuat gerakan yang lebih cepat.

Studi dalam Journal of Sport and Exercise Psychology menyebutkan bahwa, musik mampu memotivasi seseorang untuk terus bergerak lebih cepat ketika melakukan olahraga.

Dengan begitu maka kamu akan melakukan olahraga lebih lama lagi, sehingga kalori dalam tubuh pun akan semakin berkurang.

Hidangan Pembuka Konsumsi Sup atau Salad

Baca Juga : Penyebab Badan Kurus dan Cara Menambah Berat Badan

Cara menurunkan berat badan berlebih salah satunya dengan mengurangi asupan kalori ketika makan. Cara ini bisa kamu lakukan sebelum makan berat dengan mengonsumsi hidangan pembuka berupa sup atau salad.

Jika melakukan cara tersebut maka kamu sudah bisa mengurangi kalori dalam tubuh hingga 20 persen. Kalau tidak ada salad atau sup, kamu bisa menggantinya dengan buah apel sebelum mengonsumsi makanan berat.

Belanja Online

Belanja online juga menjadi salah satu cara menurunkan berat badan berlebih tanpa harus ribet. Namun bukan berbelanja fashion item dong! Belanja online dalam hal ini yaitu kamu wajib membeli bahan-bahan makanan yang sehat.

Dengan cara belanja online dapat membantu kamu menghemat waktu. Sekaligus juga membantu untuk tetap berpegang pada rencana menjalani diet sehat tersebut. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah