Cara Merawat Rok Plisket Supaya Tidak Kusut dan Awet

Rok Plisket
Cara merawat rok plisket supaya tidak kusut. Foto: Net/Ist.

Cara merawat rok plisket supaya tidak kusut bisa dilakukan dengan mudah. Saat ini pleated skirt atau rok plisket menjadi salah satu fashion item yang pastinya dimiliki wanita, selain celana jeans.

Rok plisket merupakan model rok dengan lipatan-lipatan kecil yang memang mudah ketika dipadukan padankan dengan berbagai jenis busana lainnya.

Selain itu, tubuh akan terlihat tinggi jika memakai rok model plisket, dan membuat penampilan tampak menjadi mewah.

Namun, cara merawat rok plisket ini berbeda dengan model rok lainnya. Lantas, bagaimana cara merawatnya agar lipatan-lipatan kecil pada rok jenis ini tidak gampang rusak?

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan dalam perawatannya.

Baca Juga : Model Rok Panjang Pesta Kombinasi Modern dan Kekinian 

7 Cara Merawat Rok Plisket yang Mudah dan Praktis

Perhatikan Label Perawatan

Cara yang pertama sebelum mencucinya, kamu harus mengecek dulu instruksi perawatan yang terdapat pada label rok plisket.

Karena kalau merek fashion besar pasti melampirkan cara untuk perawatannya, baik mencuci maupun menyetrika. Dengan begitu maka rok plisket yang kamu miliki bisa terawat baik dan awet.

Cuci Menggunakan Teknik Celup

Cara merawat rok plisket yang selanjutnya adalah saat mencuci. Cara ini paling penting ketika mencuci rok model plisket, yaitu dengan teknik celup.

Jadi jangan menggunakan mesin cuci. Karena kalau pakai mesin cuci, bagian lipatan-lipatan kecil rok plisket bakal cepat pudar.

Menggunakan teknik ini kamu bisa mencucinya dengan mencelupkan ke air deterjen. Namun saat mengucek harus perlahan-lahan agar tidak merusak lipatan rok plisket.

Baca Juga : Rok Span Batik, Model Bervariasi dengan Ukuran Beragam

Jangan Pakai Mesin Pengering

Saat mengeringkannya tidak dianjurkan menggunakan mesin pengering. Ini menjadi salah satu cara merawat rok plisket yang benar supaya tetap awet.

Selain itu, kamu juga harus hati-hati saat memerasnya usai mencuci rok plisket, karena bisa menyebabkan lipatannya menjadi hilang.

Jangan Menjemur di Bawah Sinar Matahari

Hal penting lain yang harus kamu lakukan yaitu pada saat menjemurnya. Hindari menjemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Cara merawat rok plisket ini sangat penting untuk kamu ketahui. Sebab, paparan langsung sinar matahari akan membuat rok plisket jadi menyusut. Lipatan roknya tidak akan rapi.

Selain jadi menyusut, paparan sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan warna rok plisket menjadi lebih pudar.

Baca Juga : Rok Pendek Kekinian, Gunakan Tips yang Tepat untuk Tampil Stylish

Setrika dengan Suhu Rendah

Menyetrika rok model plisket tidak disarankan karena bisa menyebabkan bagian lipatan-lipatan rok plisket mode ini jadi rusak bahkan hilang.

Cara merawat rok plisket ini harus kamu perhatikan usai mencucinya. Jadi sebaiknya ada orang lain yang hendak  menyetrika.

Gunakan Paperclips

Jika kesulitan ketika menyetrika, kamu bisa memanfaatkan paperclips (klip kertas). Itu menjadi cara merawat rok plisket yang benar. Fungsinya untuk menjaga agar lipatan-lipatan kecil pada kainnya tidak terkesan berantakan dan saling tumpang tindih.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa gunakan jepit pada bagian bawah ujung lipatan supaya tidak bergerak. Cukup dengan mengosongkan satu saja, lalu lepaskan paperclips.

Simpan Digantung atau Digulung

Cara yang terakhir yaitu menyimpan rok plisket harus digantung atau digulung. Jadi jangan dengan cara melipat lantaran lipatannya bisa kusut.

Jika ingin rok plisket milikmu awet dan tahan lama, lebih baiknya dibungkus menggunakan plastik. Adapun cara lainnya yaitu dengan menggulungnya supaya bagian lipatan-lipatan kecil pada rok tersebut tetap rapi. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah