Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Ngeprint Lewat HP Praktis dan Mudah Tanpa Perlu Perangkat PC

Cara Ngeprint Lewat HP Praktis dan Mudah Tanpa Perlu Perangkat PC

Cara ngeprint lewat HP dapat anda lakukan dengan berbagai cara. Print atau cetak dokumen tentu menjadi salah satu kebutuhan penting saat ini.

Baik bagi para pelajar, mahasiswa, hingga para karyawan perusahaan. Sebelumnya mencetak dokumen atau gambar memerlukan adanya media PC, laptop, serta pinter.

Hal ini memanglah cukup simple. Akan tetapi, saat kondisi yang tidak memungkinkan atau terburu-buru, maka ngeprint dengan berbagai perangkat tersebut tentu merepotkan serta memakan waktu.

Namun saat ini terdapat solusi praktis bagi anda yang ingin mencetak dokumen ataupun gambar tanpa memerlukan waktu yang lama. Anda dapat memanfaatkan adanya HP Android yang anda gunakan untuk ngeprint dokumen.

Baca Juga: Aplikasi Kartu Keluarga Online, Pengecekan dan Cetak Dokumen Mudah

Mengetahui Cara Ngeprint Lewat HP

Ngeprint melalui perangkat HP tentu dapat memberi kemudahan bagi para pengguna. Semakin canggihnya teknologi saat ini, maka file pun dapat tersimpan dalam perangkat smartphone tanpa harus perangkat PC atau laptop.

Maka anda tidak perlu lagi memerlukan flash disk yang terhubung pada komputer untuk mencetak dokumen. Dengan hadirnya inovasi ini, tentu semua pekerjaan yang berhubungan dengan cetak-mencetak dokumen akan lebih praktis dan mudah.

Anda dapat menggunakan berbagai jenis merek HP serta printer apapun, sehingga semua perangkat saling mendukung. Berikut ini beberapa cara ngeprint lewat perangkat HP yang dapat anda lakukan, antara lain:

Simak Cara Ngeprint Lewat HP ke Printer dengan Kabel USB OTG

Hal penting yang anda perlukan untuk dapat mencetak dokumen, teks, PDF, hingga foto melalui HP Android menuju ke printer adalah OTG adapter, perangkat printer, serta aplikasi printer Share (berbayar) atau aplikasi print gratis. Salah satunya Android NokoPrint.

Baca Juga: HP Vivo yang Support OTG, dengan Beragam Fungsi Menarik

Setelah semua perangkat lengkap, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi NokoPrint pada Google Play Store, selanjutnya jalankan aplikasinya.
  2. Lalu sambungkan kabel printer ke Android dengan menggunakan kabel OTG dan nyalakan perangkat printer
  3. Apabila muncul pop-up maka “pilih aplikasi untuk perangkat USB”, selanjutnya pilih NokoPrinter. Namun jika tidak muncul, maka tap pada ikon printer yang ada pada bagian bawah dengan tulisan “Tidak Pilih”, kemudian “Tersambung ke USB OTG”
  4. Langkah berikutnya, tap nama printer yang muncul serta yang akan anda gunakan.
  5. Selanjutnya akan terdapat permintaan untuk mengunduh driver printer, pilih Ya serta tunggu hingga proses download driver selesai.
  6. Cara ngeprint lewat HP dengan kabel USB selanjutnya adalah pilih apa yang akan anda cetak, apakah foto, dokumen atau halaman file, dan cari file yang akan anda print.
  7. Proses berikutnya preview file yang muncul, pilih tombol “Mencetak” serta tunggu hingga proses pencetakan pada HP Android ke printernya selesai. Pada umumnya, hal ini ditandai dengan keluar kertas dari printer.

Sebagai catatan penting bagi anda, pada proses install drive hanya diperlukan satu kali proses saja. Selanjutnya setelah nama printer muncul, maka setiap kali akan mencetak anda tidak perlu lagi mendownload untuk instal driver lagi.

Simak Cara Ngeprint File dari Internet Lewat HP

Jika anda ingin mencetak file langsung dari website, maka anda dapat langsung memilih foto atau file tersebut. Selanjutnya pilih menu pada titik tiga yang terdapat di bagian pojok kanan atas. Dalam kolom tersebut terdapat beragam opsi.

Pilihlah opsi share, yang selanjutnya pilihan Chrome Print. Proses berikutnya, pada ponsel akan muncul sebuah laman printer yang menunjukkan keterangan printer serta sejumlah kopi yang akan anda cetak.

Terdapat pula format warna hitam ataupun berwarna, jumlah halaman, ukuran kertas hingga orientasi kertas. Langkah berikutnya pilih opsi print atau anda dapat klik ikon bergambar printer untuk proses cetak.

Baca Juga: Ubah PDF ke Word Praktis dengan Perangkat HP, Simak Pilihan Caranya

Selain beberapa cara di atas, terdapat cara lain yang dapat anda lakukan untuk mencetak dokumen melalui HP Android, yakni dengan menggunakan tombol bagikan atau share.

Sebagai contoh jika anda ingin print file PDF, maka cari file melalui file explorer kemudian tap menu. Lalu bagikan dan pilih NokoPrint. Setelah mengetahui cara ngeprint lewat HP di atas, anda pun tidak perlu lagi menggunakan perangkat PC untuk proses cetak dokumen, gambar, atau foto yang anda perlukan.

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img