Cara Pasang Kamera Mundur, Ini 5 Langkah yang Bisa Anda Lakukan

Cara Pasang Kamera Mundur, Ini 5 Langkah yang Bisa Anda Lakukan
Ilustrasi cara pasang kamera mundur. Foto: Ist/Net

Cara pasang kamera mundur yang tepat tentu memudahkan saat akan parkir kendaraan. Kemajuan dunia teknologi juga berpengaruh pada pasar otomotif.

Hal ini tampak dari banyaknya variasi mobil baru dengan berbagai keunggulan. Penggunaan kendaraan roda empat saat ini semakin banyak saja.

Hal ini ikut mempengaruhi kemajuan produksi mobil dari berbagai perusahaan. Bahkan setiap perusahaan otomotif pun ikut berlomba-lomba menghadirkan produk baru dengan berbagai keunggulan.

Salah satu fitur baru yang terdapat pada mobil yaitu kamera belakang atau parkir. Hal ini membantu pemilik kendaraan untuk lebih mudah ketika melihat posisi belakang mobil. Pasang kamera parkir memang dianjurkan sebagai sistem keselamatan.

Kini sebagian besar mobil baru sudah menggunakan fitur keselamatan tersebut. Cara pasang kamera mundur pun bisa juga anda lakukan dengan beberapa tahap.

Anda akan mudah melihat visibilitas terhadap beberapa objek yang ada di bagian belakang. Terutama saat ingin parkir kendaraan.

Baca Juga : Kamera Mundur Mobil Pilih yang Memiliki Sensor Inframerah

Meski kendaraan belum memiliki fitur tersebut, anda bisa membelinya dan pasang sendiri. Sehingga akan lebih dimudahkan dalam melihat posisi bagian belakang mobil.

Hal ini mampu membuat anda merasa lebih aman untuk melihat bagian belakang mobil. Tidak ada salahnya menghadirkan fitur keselamatan pada kendaraan anda saat ini.

Inilah Cara Pasang Kamera Mundur dengan Mudah

Berbagai fitur menarik kini sudah banyak dimiliki mobil terbaru. Hal ini hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan mengandalkan fitur menarik tersebut, banyak konsumen yang ingin mendapatkannya. Sehingga berbagai fitur menarik digunakan untuk bisa membuat kendaraan laku di pasaran.

Selain itu, dengan adanya berbagai fitur tambahan, juga bisa dimanfaatkan penggunanya. Salah satu fitur terbaru yang berfungsi cukup baik yaitu kamera mundur.

Seperti namanya, kamera tersebut berada pada bagian belakang mobil. Fungsi pada umumnya untuk memudahkan pengemudi saat parkir atau mundur. Bagi anda yang memiliki mobil produksi lama, jangan khawatir. Sebab, kini anda bisa pasang sendiri fitur tersebut.

Cara pasang kamera mundur bisa anda lakukan dengan beberapa tahap. Bagi anda yang ingin memasangnya, berikut ini langkah yang tepat, antara lain:

1. Siapkan Kamera

Langkah awal yang bisa anda lakukan dalam pemasangan fitur keselamatan ini yaitu membelinya. Siapkan kamera dengan berbagai model yang anda inginkan.

Baca Juga : Car Phone Holder Murah untuk Keamanan Gunakan Ponsel di Mobil

Kini anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Beli pada toko yang menjual aksesoris mobil. Pilih kamera yang lengkap dengan braket. Hal ini bertujuan agar cara pasang kamera mundur lebih mudah.

2. Bongkar Head Unit

Setelah cara pertama pasang bagian kamera mundur sudah ada siapkan, segera bongkar head unit. Pastikan head unit mobil anda sudah LCD.

Jika head unit masih single din, maka fitur keselamatan tersebut tidak akan bisa terpasang. Sebaiknya bongkar dengan hati-hati.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu gunakan petunjuk untuk melepasnya. Jangan sampai anda memotong bagian monitor dashboard. Tidak hanya itu saja, jangan sampai ada klip yang patah.

Jika klip patah, maka akan mempersulit anda saat pemasangan. Sambungkan kabel kamera dengan layar monitor. Disini anda bisa melakukannya melalui reserve switch.

Sehingga membuat fitur tersebut berfungsi ketika transmisi geser saat posisi mundur. Selanjutnya pastikan kabel terpasang dengan rapi. Hal ini bertujuan agar tidak timbul konsleting.

3. Buka Tutup Pintu Bagasi

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan dengan cara pasang bagian kamera mundur yaitu buka pintu bagasi. Buka baut di dalamnya untuk memudahkan anda saat memasang kabel.

Sambungkan kabel pada bagian sela-sela lubang plat nomor. Sambungkan lagi pada kabel yang berhubungan dengan monitor head unit.

4. Pasang Kamera

Menggunakan cara mudah tersebut selanjutnya pasang kamera mundur tersebut. Pada umumnya, kamera terletak pada bagian atas plat mobil.

Namun, untuk posisinya bisa sesuai dengan keinginan. Jika sudah tepat, pastikan kamera tidak goyah. Anda bisa gunakan double tip dan baut.

5. Rapikan Kabel

Jika kamera belakang sudah terpasang dengan baik, tinggal merapikan kabelnya. Anda bisa menyambungnya melalui pilar C, ke tepi plafound, dan selipkan ke pilar A dalam dashboard.

Jika tidak, anda juga bisa meletakkannya pada bagian bawah karpet lantai mobil. Dengan begitu, cara pasang kamera mundur akan lebih mudah dan tampak rapi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto