Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Pasang Ring Piston, Jangan Sampai Terbalik Posisinya

Cara Pasang Ring Piston, Jangan Sampai Terbalik Posisinya

Cara pasang ring piston pada kendaraan perlu memperhatikan beberapa hal. Jika sampai pemasangannya salah, justru bisa berakibat fatal.

Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu bagaimana cara pemasangan yang tepat. Ring piston merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan.

Komponen tersebut melingkar pada sekitar piston. Sehingga secara otomatis ring akan bersentuhan atau bergesekan dengan komponen dinding linear pada blok mesin.

Komponen pada kendaraan yang satu ini memiliki fungsi cukup penting. Ring piston memiliki peranan untuk menahan kompresi saat kinerja mesin terjadi.

Selain itu, juga sebagai pengatur pelumasan pada dinding linear mesin. Karena alasan itulah, anda perlu perhatikan dengan benar cara pasang ring piston pada kendaraan. Jangan sampai anda salah atau bahkan terbalik.

Penggantian komponen tersebut dilakukan jika sudah rusak atau aus. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya untuk bawa ke bengkel terbaik. Penggantian ring piston memang sering terjadi karena beberapa hal.

Karena fungsinya tersebut, maka dari itu komponen akan mudah aus, retak, bahkan patah. Jika hal ini terjadi, maka kompresi menurun dan membuat tenaga mesin melemah.

Jika anda ingin melakukan penggantian sendiri, sebaiknya pahami caranya dengan benar. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal buruk.

Simak Cara Pasang Ring Piston dengan Baik dan Benar

Salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi cukup penting yaitu ring piston. Karena peranannya penting pada kendaraan, pemasangannya pun tidak bisa sembarangan.

Sebab, jika pemasangannya terbalik, justru akan menimbulkan banyak masalah. Misalnya mesin tidak bisa hidup, seret, dan silinder blok baret. Sebenarnya komponen kendaraan ini terdiri dari beberapa jenis. Sehingga anda perlu mengetahuinya dengan jelas.

Baca Juga : Fungsi Blok Silinder Mobil, Tidak Hanya Sebagai Naik Turunnya Piston

Hal ini memiliki tujuan agar ketika menggantinya sendiri, anda paham dan tidak terbalik. Sebagai pemilik kendaraan, mengetahui komponen dan fungsinya memang cukup penting.

Bagi anda yang ingin melakukan pemasangan ring piston, jangan khawatir, ada cara mudahnya. Berikut ini beberapa cara yang perlu anda perhatikan dalam pemasangan.

1. Pahami Komponen

Cara mudah yang bisa anda lakukan dalam pasang ring piston yaitu pahami dulu komponen tersebut. Pastikan anda tahu jenis atau tipe ring piston pada kendaraan.

Selain itu, pahami juga permukaan, kode warna, dan sudut ring piston. Sebaiknya anda lebih teliti dalam memperhatikan komponen tersebut.

Sebab, permukaan ring kompresi dan oli cukup berbeda. Pada bagian ring kompresi datar dan mengkilap, sedangkan ring oli bergelombang.

Pada bagian ring kompresinya biasanya juga bisa ditandai adanya tulisan T. Di mana tulisan menghadap ke atas dan sebagai ring kompres 1/ atas. Namun, untuk ring piston yang memiliki warna gelap kehitaman merupakan ring kompresi 2/bawah.

2. Celah Ring Piston

Pada komponen yang satu ini ada bagian yang terputus. Salah satunya yaitu celah ring piston. Bagian inilah yang perlu anda perhatikan dengan teliti pada saat pemasangan.

Sebaiknya atur letaknya terlebih dulu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara pasang ring piston yang perlu diperhatikan.

3. Sambungkan Ring Piston

Langkah selanjutnya dalam pasang ring piston, bisa dengan cara menyambungkan komponen dengan tepat. Sambungkan celah pada komponen tersebut, pastikan tidak segaris.

Artinya jika ring piston ada 3, maka jaraknya harus sama yaitu 120 derajat. Sedangkan jika jumlahnya 2 jarak antar sambungan yaitu 180 derajat. Hindari pemasangan secara segaris, hal ini bukan tanpa alasan.

Di mana untuk mencegah timbulnya kebocoran kompresi. Pada pemasangan sepeda motor tipe 2 spi, komponen ini harus masuk pada bagian lekukannya.

Ring piston dengan fungsinya yang cukup penting membuat anda perlu memberikan perawatan berkala. Salah satunya pengecekan rutin.

Cara kerjanya sebagai sistem penggerak pada mesin, maka perlu anda perhatikan. Pergerakan yang terjadi secara terus-menerus juga membuat komponen akan beresiko besar rusak.

Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya untuk selalu melakukan perawatan yang tepat. Hal ini bertujuan agar performa kendaraan dalam keadaan bagus.

Agar tidak timbul masalah baru pada kendaraan, cara pasang ring piston perlu anda ketahui secara detail, rinci, dan tepat demi keamanan serta kenyamanan tersendiri. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img