Senin, September 25, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Pasang Sepatbor Kolong Vario 150, Atasi Cipratan Air pada Mesin

Cara Pasang Sepatbor Kolong Vario 150, Atasi Cipratan Air pada Mesin

Cara pasang sepatbor kolong Vario 150 yang tepat bisa mengatasi agar terhindar dari cipratan air. Langkah yang bisa anda lakukan cukup mudah, hanya bermodalkan kunci L5 saja.

Kini keberadaan motor matic memang cukup banyak di Indonesia. Beberapa alasan seseorang memilih matic karena lebih mudah dalam pemakaiannya.

Tanpa harus memikirkan perpindahan transmisi, kendaraan bisa diatur gas dan rem menggunakan tangan. Selain itu, motor matic juga hadir dengan berbagai model menarik yang mampu membuat anda tampil lebih modern.

Apalagi kini banyak perusahaan otomotif yang sudah memproduksi motor matic dengan berbagai fitur menarik. Salah satu yang cukup populer saat ini yaitu motor matic Vario 150.

Sepeda motor produksi Honda ini memang memiliki banyak peminat. Bahkan cukup populer dengan berbagai kelebihannya. Selain hadir dengan berbagai kelebihan, motor matic juga memiliki kekurangan.

Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Redup Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Pada umumnya, skutik di Indonesia memiliki mesin yang berada pada bagian bawah. Sehingga risiko terkena cipratan air lebih banyak. Itulah mengapa begitu penting cara pasang sepatbor kolong pada motor matic terutama Vario 150.

Apalagi ketika musim hujan tiba, sering terjadi kendaraan tersebut mogok karena terkena air. Karena bagian mesinnya berada di bawah, sistem kelistrikannya pun lebih mudah terkena air.

Agar hal ini bisa dihindari, tidak sedikit pemilik Honda Vario 150 memasang komponen ini pada bagian kolongnya. Cara tersebut bisa dibilang mudah.

Dengan memasang sepatbor kolong atau hugger, bisa menjadi solusi yang tepat. Sehingga membuat mesin tidak mudah terkena air.

Simak Cara Pasang Sepatbor Kolong Vario 150 Sendiri

Motor matic di Indonesia sebagian besar hadir dengan pemasangan mesin berada pada posisi bagian bawah. Sehingga akan lebih mudah terkena air baik area mesin atau kelistrikan.

Baca Juga : Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Mudah dan Aman

Apalagi saat musim hujan tiba, risiko tersebut akan lebih sering terjadi. Namun, bagi anda pemilik Honda All New Vario 150, jangan khawatir.

Sebab, saat ini sudah tersedia beberapa komponen pelengkap agar hal tersebut tidak terjadi. Komponen tersebut dinamakan sepatbor kolong. Sepatbor kolong biasa juga disebut dengan hugger.

Anda bisa menggunakan komponen tersebut untuk mencegah mesin terkena cipratan air. Cara pasang sepatbor kolong Vario 150 tersebut mudah, bahkan bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Ikuti langkah berikut ini untuk pemasangan sepatbor kolong pada Honda Vario 150.

Langkah 1

Pada langkah pertama pasang sepatbor kolong yaitu dengan membuka baut L yang berada pada belakang radiator sebelah kanan. Gunakan kunci L 5 agar lebih mudah dalam melepasnya.

Setelah itu, buka juga baut L yang terletak pada posisi box filter udara bagian atas. Posisinya persis berada di belakang sokbreaker sebelah kiri.

Anda juga bisa gunakan kunci yang sama. Langkah pertama ini bisa anda lakukan sebelum pemasangan.

Langkah 2

Setelah anda gunakan cara pasang sepatbor kolong Vario 150 yang pertama, barulah langkah pemasangannya. Untuk pemasangannya tidak perlu ribet, cukup memindahkan tabung reservoir coolant radiator.

Pasang komponen tersebut untuk dapat mencegah air mengenai bagian mesin dan kelistrikan.

Langkah 3

Memasang spakbor kolong Vario 150 memang cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri. Setelah komponen tersebut terpasang dengan benar, sebaiknya pasang kembali baut L yang tadi anda buka.

Jangan lupa tersedia juga lem 3M untuk menempelkan komponen pada arm. Setelah itu, selesailah sudah cara pemasangan sepatbor kolong Honda Vario 150.

Harga Sepatbor Kolong Honda Vario

Penggunaan hugger untuk Honda Vario memang semakin banyak saja. Apalagi kini anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Sebab, komponen tersebut sudah banyak terjual di berbagai toko otomotif atau sparepart kendaraan. Bahkan tidak hanya itu saja, cara pasang sepatbor kolong Honda Vario 150 cukup mudah.

Selain bisa anda gunakan untuk Vario tipe 150, komponen ini juga cocok pada Vario 125. Komponen ini terbuat dari bahan fiber dan sesuai kondisi Honda Vario tipe tersebut di Indonesia.

Penggunaan komponen yang ada pada berbagai tipe kendaraan memang memiliki fungsi masing-masing. Begitu juga dengan sepatbor kolong pada Honda Vario.

Dengan penambahan komponen tersebut, membuat risiko mesin motor terkena cipratan air lebih rendah. Apalagi kondisi mesin dan kelistrikan terletak pada bagian bawah.

Anda bisa menambahkan komponen tersebut, apalagi ketika musim hujan. Dengan cara pasang sepatbor kolong Vario 150 yang tepat, risiko terkena cipratan air akan lebih kecil. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News