Cara Promosi di Instagram yang Efektif dan Biaya yang Rendah

cara promosi di instagram
Menyiapkan cara promosi di instagram. Foto: Ist/Net

Menjalankan cara promosi di Instagram ternyata tidak semudah bayangan banyak orang. Anda harus mengenal fitur media sosial ini dan memanfaatkannya secara optimal. Namun promosi di Instagram juga bisa dengan beriklan.

Sekarang ini media sosial bukan hanya sekedar menjadi media hiburan atau pengisi kegiatan saat santai. Terlebih setelah smartphone semakin murah dan kaya fitur, media sosial ikut terdongkrak dan semakin banyak orang yang menggunakannya.

Dari sekian banyak jenis media sosial yang ada, Facebook, Instagram, dan Twitter termasuk yang terbesar. Facebook termasuk jenis medsos terbesar dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Begitu juga dengan Instagram yang telah diakuisisi oleh Facebook ikut meningkat jumlah penggunanya. Bahkan dua jenis media sosial ini, Facebook dan Instagram, menjadi raja medsos yang menguasai jenis media ini.

Semakin gencarnya penggunaan media sosial tentunya tidak akan luput dari perhatian para pelaku bisnis. Karena itu banyak pebisnis yang menerapkan cara promosi di Instagram dan memanfaatkan medsos ini sebagai tempat mengkampanyekan produk mereka.

Baca Juga: Cara Promosi Jualan Online yang Efektif Tanpa Perlu Biaya Besar

Pilihan Cara Promosi di Instagram

Instagram sekarang telah menjadi media sosial yang ramai dan banyak jumlah penggunanya. Karena itu banyak sekali pelaku bisnis yang menggunakan media sosial ini untuk melakukan promosi produk usaha mereka.

Meskipun Instagram sangat tepat dan efektif untuk media promosi namun melakukan kampanye tidak bisa asal-asalan tanpa strategi. Selama ini banyak orang yang asal update status atau posting foto produk tanpa hasil.

Nah, supaya promosi Anda melalui media ini memberikan hasil optimal, penting mengetahui strategi cara promosi di Instagram yang tepat. Yuk langsung saja simak beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan berikut ini.

Memanfaatkan Fitur

Instagram menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan para penggunanya. Kalau kita pandai dalam mengoperasikan dan mencari celah dari fitur yang ada, maka kita bisa memaksimalkannya sebagai media promosi gratis.

Dari berbagai fitur tersebut, kita dapat memanfaatkan beberapa yang memang sering orang menggunakannya. Seperti hastag, tag akun, lokasi, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan berbagai fitur tersebut berguna untuk  menjangkau pengguna yang lebih banyak.

Kita bisa menggunakan beberapa fitur itu untuk melakukan riset, utamanya dengan tingkat pencarian tinggi atau yang lagi viral. Sehingga produk akan luas jangkauannya ketimbang hanya memberikan post berupa deskripsi.

Cara promosi di Instagram semacam ini cukup efektif. Sebab dari orang yang mengikutinya akan menjumpai post yang mengaitkan hastag atau tag tersebut. Ini akan memberikan kemungkinan banyak orang yang berkunjung kalau post-nya menarik.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Promosi di Facebook Gratis? Ini Rahasianya

Dengan Beriklan

Selain memanfaatkan fitur gratis tersebut, juga penting dengan membuat promosi lewat iklan. Strategi promosi dengan beriklan bisa lebih efektif sebab kita dapat menentukan target audiensnya.

Cara promosi di Instagram ini tentunya sangat berbeda dengan menggunakan fitur gratis. Dari fasilitas tanpa biaya itu kita tidak bisa menyeleksi pengguna yang akan kita tentukan. Sehingga hasilnya kurang bisa kita ukur.

Dengan beriklan jangkauan wilayah penggunanya lebih terarah. Bahkan memasang iklan akan lebih efektif karena kita dapat menargetkan tujuan melakukan promosi. Apalagi Instagram memberikan opsi iklan untuk mendapat kunjungan profil, situs, atau lainnya.

Namun agar iklan yang kita pasang pada Instagram efektif kita perlu melakukan riset mengenai target pengguna. Kita perlu menyortir berdasarkan usia, wilayah, kegemaran, dan lainnya. Dengan langkah itu, promosi bisa efektif dan membuahkan hasil.

Endorsement

Alternatif cara promosi di Instagram lainnya adalah dengan memanfaatkan selebgram atau selebriti Instagram. Caranya dengan meminta mereka melakukan promosi dengan cara mereview produk kita.

Untuk menggunakan cara ini, akan membuat akun Instagram kita akan menjadi terkenal dan perhatian banyak orang. Kita juga bisa menggaet para pengikut dari selebgram tersebut.

Tapi dalam menggunakan cara ini sebaiknya Anda harus selektif dan jangan salah pilih tempat. Sebab para selebgram mempunyai bidangnya masing-masing. Ada bidang kecantikan, teknologi, gamer, atau lainnya. Salah pilih akan membuat biaya terbuang percuma.

Itulah sejumlah cara promosi di Instagram yang bisa Anda pilih. Setiap jenis promosi ini tentunya memiliki lebih dan kekurangan. Tinggal sesuaikan saja dengan dana yang ada dan target yang Anda ingin raih. (R11/HR Online)

Editor: Jujang