Cara Setel Klakson Motor Tidak Perlu Ke Bengkel, Ini Solusinya

Cara Setel Klakson Motor, tidak Perlu ke Bengkel ini Solusinya
Ilustrasi cara setel klakson motor. Foto: Ist/Net

Cara setel klakson motor bisa anda lakukan sendiri sesuai kebutuhan. Hal ini perlu anda lakukan ketika suaranya kurang keras atau performanya menurun.

Klakson menjadi salah satu komponen penting yang ada pada kendaraan. Karena selalu dibutuhkan, maka kondisinya harus tetap prima.

Apalagi ketika kendaraan berjalan pada tempat yang ramai. Keramaian kendaraan sering membuat sebagian besar orang suka berkendara semaunya sendiri.

Ketika kendaraan lain menyeberang atau memotong jalur semaunya sendiri, dibutuhkan klakson. Komponen tersebut mampu memberi peringatan kepada pengendara lain.

Namun, seiring umur kendaraan yang anda gunakan, membuat performa komponen menurun. Sehingga suara klakson menjadi lebih rendah.

Ketika kendaraan anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir. Sebenarnya anda bisa mengatasinya dengan cara setel klakson motor.

Mungkin untuk ahli mekanik sudah paham bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi, bagi anda yang belum pengalaman, juga bisa melakukan hal tersebut.

Dengan mengetahui penyetelan yang tepat, tentu suara bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum menyetel klakson, sebaiknya cek dulu kondisi aki kendaraan.

Baca Juga : Klakson Keong Terbaik, Suara Khas dengan Volume yang Keras

Sebab, komponen tersebut juga berperan penting dalam sistem kelistrikan. Sehingga ketika aki menurun, tentu suara klakson juga bisa rendah. Bahkan komponen kelistrikan lainnya juga akan terpengaruh.

Namun, ketika aki dalam keadaan bagus namun klakson bersuara rendah, anda perlu mengeceknya. Usahakan aki memiliki daya diatas 12 volt, barulah anda bisa melanjutkan penyetelan.

Inilah Cara Setel Klakson Motor dengan Mudah

Setiap kendaraan seperti sepeda motor hadir dengan berbagai komponen penting. Setiap komponen tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Salah satu yang memiliki peranan cukup vital yaitu klakson motor. Komponen tersebut berperan sebagai tanda ketika memperingatkan kendaraan lain. Namun, terkadang komponen tersebut mengalami masalah.

Salah satunya yaitu performa suaranya yang menurun. Suara klakson yang kurang keras bisa membahayakan pengendara. Karena alasan inilah, anda butuh cara setel klakson motor.

Namun, sebelum melakukannya, pastikan kondisi aki dalam keadaan bagus dan normal. Setiap kendaraan memiliki komponen tersebut dengan suara yang berbeda-beda.

Bahkan saat ini anda bisa mengganti klakson standar dengan modifikasi. Hal ini sering dilakukan untuk dapat suara yang keras bahkan sesuai keinginan. Anda bisa mengganti klakson baru atau melakukan pengecekan, mulai dari soket hingga konektornya.

Gunakan 2 Kunci

Cara setel bagian klakson sepeda motor, anda cukup menggunakan 2 jenis kunci. Bagi anda yang baru pertama kali melakukannya, sebaiknya gunakan langkah yang tepat.

Anda cukup siapkan kunci pas 5.5 dan obeng plus. Proses yang dilakukan pun tidak terlalu sulit. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

Langkah awal yang bisa anda lakukan dalam setel klakson motor yaitu kendurkan mur pengunci dengan kunci pas berukuran 5,5. Selanjutnya minta bantuan teman anda untuk menekan tombol klakson motor.

Putar perlahan baut yang anda kendurkan untuk mendapatkan setelan suara yang tepat. Sesuaikan dengan kenyamanan anda saat berkendara.

Jika suara klakson sudah nyaring sesuai yang diinginkan, maka kencangkan mur kembali. Sehingga klakson akan terkunci dan menghasilkan suara sesuai kebutuhan anda.

Membersihkan Klakson Motor

Performa komponen peringatan pada sepeda motor ini harus dalam keadaan baik. Oleh karena itu, anda perlu melakukan perawatan yang tepat.

Gunakan cara untuk setel suara klakson pada sepeda motor agar berfungsi secara optimal. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi performa suaranya. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu melakukan perawatan yang tepat.

Salah satu kendala klakson tidak bisa berbunyi keras yaitu karena tidak adanya arus kelistrikan. Cara yang perlu anda lakukan yaitu membersihkannya. Anda perlu siapkan peralatan terlebih dulu.

Siapkan Peralatan

Sebelum anda melakukan cara setel klakson motor, sebaiknya bersihkan komponen terlebih dulu. Alat yang perlu anda siapkan misalnya cairan penetran alias WD40 atau contact cleane.

Fungsi dari komponen tersebut yaitu mampu menghilangkan karat atau kotoran. Sehingga semua noda dan debu yang menempel pada konektor lama-kelamaan akan menjadi karat.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda bersihkan klakson dengan baik dan benar, barulah gunakan cara setel klakson motor. Dengan cara tersebut, anda bisa mendapatkan komponen yang berfungsi dengan optimal. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto