Cara Siaran Langsung di FB Untuk Jualan dan Membangun Branding

cara siaran langsung di fb untuk jualan
Begini cara siaran langsung di FB untuk jualan. Foto: Ist/Net

Promosi dengan cara siaran langsung di FB untuk jualan belakangan sedang tren dan banyak yang melakukannya. Teknik ini terbilang cukup efektif. Baik untuk memberikan update produk terbaru maupun membangun kepercayaan konsumen.

Pasti Anda sudah populer dengan sosial media yang bernama Facebook ini. Hingga hari ini, pengguna Facebook semakin banyak, baik tingkat dunia maupun pengguna Indonesia.

Fitur terbaru dari Facebook yang juga semakin populer saat ini ialah Facebook Live. FB live ini merupakan fitur untuk melakukan siaran langsung atau live streaming lewat ponsel.

Fitur ini sangat membantu banyak orang terutama para pelaku bisnis. Karena dengan siaran live ini mereka bisa berjualan secara langsung lewat siaran streaming melalui FB.

Fitur ini pada awalnya diluncurkan pada tahun 2015. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk kalangan selebriti saja. Setelah itu, Facebook kemudian merilis kembali fitur ini sehingga bisa digunakan oleh semua pengguna Facebook.

Baca Juga: Cara Jualan Online di Facebook, Menjangkau Pengguna Smartphone

Cara Siaran Langsung di FB Untuk Jualan

Untuk menggunakan fitur live streaming ini sangat mudah. Ketika Anda melakukan cara siaran langsung di FB untuk jualan, maka otomatis semua kontak pada akun Facebook Anda akan menerima notifikasi dan bisa menyaksikan live streaming.

Meskipun Anda sudah bisa bebas menggunakan live streaming ini tapi jangan berharap banyak dengan jumlah penonton yang akan menyaksikan acara Anda. Sebenarnya terdapat beberapa strategi untuk meningkatkan viewers live streaming FB ini.

Salah satunya adalah dengan mengumumkan lewat status terlebih dahulu. Anda perlu mengabarkan bahwa akan segera melakukan live streaming pada jam sekian dan membahas tentang apa.

Tentu Anda sudah terbiasa melihat banyaknya tokoh, pejabat, politisi, atau artis lainnya yang telah menggunakan fitur Facebook live streaming ini. Utamanya untuk menyapa penggemar mereka.

Tidak bisa kita pungkiri jika Facebook live memang mampu meningkatkan viewers para influencers. Yaitu dengan melakukan berbagai macam aksi saat live streaming tersebut.

Sebut saja seperti melakukan tanya jawab, memberikan give away, atau berbagi cerita. Anda bahkan bisa mengundang rekan sesama influencers untuk bergabung saat streaming tersebut.

Saat ini tak hanya influencers saja yang bisa melakukan acara Facebook live streaming atau siaran langsung. Para pelaku usaha atau penjual pun tentu bisa memasarkan barang dagangannya lewat fitur ini.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Promosi di Facebook Gratis? Ini Rahasianya

Tahapan Siaran Langsung Melalui Facebook Live

Karena fitur Facebook live streaming ini telah tersedia untuk semua pengguna Facebook, maka siapapun sudah bisa melakukan siaran langsung melalui akun mereka.

Nah, untuk melakukan siaran langsung di Facebook, ada sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut langkah cara siaran langsung di FB untuk jualan.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah masuklah ke aplikasi Facebook terlebih dahulu. Tulislah status tentang siaran langsung yang akan Anda lakukan.

Setelah itu opsi live video akan muncul. Juga akan muncul notifikasi.

Langkah selanjutnya adalah memilih pengaturan privasi berbagi ke publik. Hal ini karena Anda akan melakukan siaran langsung untuk berjualan. Kemudian klik start live video.

Setelah siaran langsung berjalan, pada layar bagian bawah akan muncul komentar ataupun para pemirsa yang baru ikut di Facebook live streaming Anda. Penonton pun akan langsung melihat event yang Anda siarkan.

Anda juga akan melihat berapa jumlah penonton yang menyaksikan video yang Anda siarkan secara langsung. Begitu pula halnya dengan komentar dari penonton, semuanya akan muncul pada layar live streaming Anda.

Tips Penting Siaran Langsung Melalui Facebook Live

Karena Anda melakukan cara siaran langsung di FB untuk jualan maka penting memperhatikan koneksi internet yang Anda gunakan. Jangan sampai sinyal buruk mempengaruhi siaran langsung Anda.

Karena Anda sedang berjualan lewat Facebook maka cobalah untuk lebih aktif dan responsif kepada para penonton. Dengan demikian penonton juga tidak merasa bosan dengan siaran langsung yang Anda lakukan.

Setelah siaran berakhir Anda juga bisa langsung memilih opsi publish Live Video agar para penonton masih tetap melihat siaran langsung yang telah Anda lakukan.

Setelah live streaming Facebook berakhir maka video tersebut akan langsung dipublikasikan menuju profile atau halaman Anda. Sehingga siapa pun masih tetap bisa menonton video tersebut pada lain waktu.

Itulah beberapa langkah mudah cara siaran langsung di FB untuk jualan. Untuk mencegah gagap saat live, Anda bisa berlatih terlebih dahulu sebelum memulai live streaming tersebut. (R11/HR Online)

Editor: Jujang