Cerita Mistis Rumah Tua Peninggalan Belanda di Banjaranyar Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Rumah tua peninggalan Belanda yang berada di Desa/Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, konon katanya menyimpan banyak cerita mistik di dalamnya.

Bahkan, dari keterangan warga sekitar,  rumah yang berdiri di atas Tanah Negara (TN) yang saat ini dikelola oleh PT Mulia Asli itu sering muncul suara suara aneh dan menakutkan.

Ngadiran, seorang pemegang kunci rumah, yang juga ketua RT setempat, mengatakan, jika rumah tua peninggalan Belanda itu terkenal angker.

Hal itu ditandai dengan seringnya muncul suara suara aneh saat malam tiba.

“Bagi warga disini hal ini sudah tidak menjadi aneh, kami sering mendengar  suara wanita yang seperti sedang menangis, tertawa  serta suara- suara aneh lainnya.  Namun setelah kita intip, tak pernah terlihat wujudnya,” ujar Ngadiran Kamis (18/3/2021)

Dulu lanjut Ngadiran, sewaktu perkebunan karet masih beroperasi lancar, gedung tersebut dijadikan tempat peristirahatan oleh  para pekerja.

Para pekerja juga katanya selalu mendengar suara perempuan menangis, serta suara suara benda yang terjatuh ke lantai.

“Namun ketika mereka periksa tidak ada apa-apa, tuh saya jadi merinding nih menceritakannya,” terangnya.

Bahkan, lanjutnya, saking banyaknya suara-suara aneh, para karyawan jarang yang bisa bertahan menempati rumah tua peninggalan Belanda ini.

“Mungkin mereka tidak kuat dengan gangguan makhluk penunggu gedung ini,” katanya.

Selain banyak terdengar suara- suara aneh, kejadian-kejadian aneh sering muncul di lokasi gedung tersebut.

“Terkadang tiba-tiba pintu rumah tua ini bergerak atau buka tutup dengan sendirinya, menakutkan memang,” pungkas Ngadiran. (Suherman/R8/HR Online)

Editor: Jujang