Cita Citata Jadi Saksi, Konfirmasi Honor Berhubungan Kasus Suap Bansos

Cita Citata Jadi Saksi, Konfirmasi Honor Berhubungan Kasus Suap Bansos
Ilustrasi Cita Citata Jadi Saksi. Foto : Instagram @cita_citata

Cita Citata jadi saksi yang Komisi Pemberantasan Korupsi atau (KPK) periksa. Terkait dengan penerimaan honor dalam sebuah acara yang Kemensos RI adakan menggunakan dana Bansos Covid-19.

Kementerian Sosial yang mengadakan acara bertempat Labuan Bajo dengan mengundang penyanyi cantik ini. Dengan ini membuat Cita Citata yang mengisi acara tersebut ikut terseret dan berakhir menjadi saksi.

Penyanyi dangdut bernama Cita Rahayu ini sempat tersebut-sebut ikut dalam kasus. Kini akhirnya dipanggil jadi saksi.

Baca Juga: Randy Pangalila Resmi Jadi Ayah, Chelsy Frank Lahiran Anak Pertama

Cita Citata Jadi Saksi Tadi Malam

Dugaan kasus suap Pengadaan Bantuan Sosial atau Bansos Covid-19 untuk wilayah JABODETABEK. Menjerat salah satu mantan Menteri Sosial Juliari P. Batubara.

Pengadaan acara oleh Kementerian Sosial RI yang bertempat Labuan Bajo ini terduga berasal dari vendor pelaksana Bansos. Terkonfirmasi dalam keterangan Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri Sabtu 27 Maret 2021, bahwa

“Kami mengkonfirmasi saksi pada saat menjadi pengisi acara yang Kemensos RI adakan di Labuan Bajo. Untuk sumber uang tersebut masih terduga berasal dari vendor yang menjadi pelaksana pengadaan Bansos Untuk wilayah JABODETABEK tahun 2021 di Kemensos RI,” begitu tuturnya.

Hal inilah yang membuat pedangdut Cita Citata menjadi seorang saksi. Karena ia sempat menjadi salah satu pengisi acara tersebut.

Honor Uang Korupsi

Cita Citata jadi saksi, seperti yang Wakil Ketua KPK telah menuturkan, bahwasanya keterangan dari pedangdut cantik ini sangat mereka butuhkan. Keterkaitan honor yang ia terima merupakan hasil dari uang korupsi Bansos.

Baca Juga: Noor Nabila Akui Resmi Menikah Dengan Engku Emran Hari Ini

“Itu yang ia alami, kalau dia tidak tahu dan mungkin biaya standar sebagaimana dia sering terima. Misalnya nyanyi 3 jam Rp 100 juta. Nah, kalau dia mendapat bayaran standart dia pikir memang hak dia menerima pembayaran sesuai tarif.” Begitu keterangan Alex Marwata yang merupakan Wakil Ketua KPK.

Alex menambahkan bahwa, “Kecuali kalau ia mendapat bayaran seratus juta, namun ia menerima bayaran 3 miliar. Tentu hal itu pantas untuk dicurigai sebagai modus cuci uang. Kami akan meminta kelebihan tarif sebagaimana yang telah ia terima. Wajib melihat dulu, saya kira tim penyidik akan mendalami hingga di sana.”

Berdasarkan keterangan perwakilan dari pihak KPK, bahwasanya pemanggilan Cita Citata memang bukan tanpa sebab. Berdasarkan yang ia terima, akan mendalami penyelidikan lebih lanjut.

Pihak Tersangka

Beberapa waktu yang lalu mantan Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK Kemensos mengakui adanya aliran dana senilai Rp 16,7 Miliar. Dana itu berasal dari pengadaan bansos. Hal inilah yang gunakan dalam honor Cita Citata, teranga Matheus Djoko Santoso.

Pihak KPK telah menetapkan mantan Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara beserta dua PPK. Mereka adalah Matheus Djoko Santoso dan Adi Wahyono, yang terduga menerima suap.

Suap yang senilai Rp 17 Miliar pada pengadaan Paket Bansos untuk wilayah JABODETABEK tahun 2021. Pihak lain yang terjerat dalam kasus ini juga ada lagi dari pihak luar pemerintahan.

Sedangkan, dari pihak swasta Ardian Iskandar dan Harry Van Sidabukke juga sebagai tersangka. Keduanya juga telah menjalani dalam proses persidangan.

Cita Citata Setelah Diperiksa

Pada saat setelah kejadian Cita Citata jadi saksi semalam ia belum memberikan keterangan apapun. Saat keluar dari ruang pemeriksaan ia tampak enggan memberikan keterangan apapun.

Pasalnya, ini menjadi pengalaman pertamanya dalam menjadi kasus seperti ini. Penyanyi dangdut ini tidak memberikan detail perihal materi pemeriksaan yang telah selesai.

Bahkan, penyanyi cantik ini takut untuk keluar dari rumah. Bisa kita bayangkan apa yang sedang Cita Citata rasakan saat ini.

Baca Juga: Drama Joseon Exorcist Berhenti Tayang Akibat Kontroversi

Berjanji Jelaskan Lewat Sosmed

Cita Citata jadi saksi kasus ini dan belum memberberkan apapun pada media massa. Namun ia berjanji akan memberikan keterangan melalui sosial media.

Keterangan tentang kasus ini yakni setelah penyelidikan tentang penerimaan honor dari acara yang Kemensos RI adakan tersebut. Cita Citata hanya menyampaikan bahwa ia mengisi acara tersebut secara profesional.

Ia mengaku menerima undangan dari pihak Event Organizer atau EO, dan bahkan menyinggung jika tidak mengenal Juliari P. Batubara yang mana seorang mantan Menteri Sosial.

Cita Citata jadi saksi kasus ini, namun harus ditinjau sampai akhir. Karena ini merupakan hal yang rawan. Semoga segera mendapat titik terang agar tidak salah tangkap.