Compress Video di iPhone Tanpa Mengurangi Kualitas, Ini Caranya!

Compress Video iPhone
Ilustrasi Compress Video iPhone. Foto: Ist/Net

Compress video di iPhone dapat anda lakukan dengan cara cukup mudah. Bagi anda yang gemar mengoleksi beragam jenis video, mulai dari film, drama, hingga video musik digital, terutama pada perangkat iPhone, maka anda tidak perlu khawatir.

Saat ini terdapat cara mudah compress ukuran video pada perangkat iPhone tanpa harus mengurangi kualitas video. Anda dapat compress video tanpa harus menurunkan kualitas video yang ada sehingga dapat anda nikmati dengan nyaman.

Video merupakan salah satu file digital yang memiliki banyak penggemar sebagai media hiburan. Dengan hadirnya file video tersebut, seringkali akan kita bagikan kepada teman atau media sosial.

Namun dengan ukuran video yang cukup besar, justru akan memperlambat proses pengiriman. Oleh karena itu, dengan mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas, tentu akan mempercepat proses pengiriman video tersebut.

Cara Compress Video di iPhone Secara Mudah dan Praktis

Apple populer sebagai salah satu perangkat yang memungkinkan para penggunanya merekam video dengan kualitas tinggi. Seperti yang kita ketahui, video berkualitas tinggi pada umumnya memiliki ukuran file sangat besar. Namun sebagian besar layanan media sosial mempunyai batasan ukuran file video.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk compress video yang anda miliki sebelum nantinya anda bagikan kepada teman atau layanan media sosial.

Pada saat melakukan compress video, kualitas video sebagian besar tetap sama. Akan tetapi, ukuran file jauh lebih kecil. Dalam hal ini, untuk compress video pada perangkat iPhone dapat anda lakukan dengan cara yang mudah.

Pengertian Compress Video

Compress video selalu berhubungan dengan kompresi data video digital. Aktivitas ini sering kali dibutuhkan untuk coding video secara efisien dalam format file video atau streaming format video.

Compress video adalah suatu konversi data ke sebuah format yang lebih kecil. Sehingga data bisa tersimpan atau terkirim secara lebih efisien.

Sedangkan proses pengembalian data yang telah dikecilkan disebut dengan dekompresi. Jika proses dekomresi memperoleh hasil yang sama dengan data semula, maka kompresi namanya lossless.

Sedangkan apabila data yang dekompresi tersebut menghasilkan data lebih kecil, maka sebutannya dengan lossy. Compress  video dapat anda lakukan pada berbagai perangkat, baik itu PC, Android, serta iPhone.

Bagi anda yang menggunakan perangkat iOS, berikut ini akan kita ulas mengenai cara compress video secara mudah dan praktis tanpa mengurangi kualitas video.

Langkah Compress Video di iPhone

Cara paling mudah untuk compress video pada perangkat iPhone adalah dengan memanfaatkan aplikasi compress pihak ketiga.

Video compress merupakan aplikasi gratis pada perangkat iOS yang memungkinkan penggunanya dalam compress video menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas video.

Dalam aktivitas compress video, anda tidak perlu mengkonfigurasi opsi kompleks dalam bentuk apapun. Anda cukup muat video yang anda miliki pada aplikasi. Selanjutnya aplikasi tersebut akan mengurangi ukuran video anda.

Berikut ini beberapa langkah compress video di iPhone dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, antara lain:

  1. Langkah pertama, unduh serta install aplikasi Video Compress pada iPhone yang anda miliki.
  2. Selanjutnya buka aplikasi serta ketuk ikon roda gigi yang terdapat pada sudut kanan atas atau menu Setting. Lalu pilih format file dari Jenis File Ekspor. Video anda akan tersimpan dalam format ini.
  3. Kembali ke tampilan utama, ketuk satu-satunya ikon layar serta pilih video yang akan anda compress dari galeri ponsel anda.
  4. Pada pengaturan kompresi layarnya, pastikan meninggalkan frame rate yang setinggi mungkin. Selanjutnya gunakanlah Dimensi Video Slider dalam mengubah video sesuai dengan keinginan.
  5. Penting untuk anda perhatikan bahwa slider dengan otomatis menjaga proporsi dimensinya secara tepat sehingga anda tak akan memperoleh video dalam rasio aspek berbeda dengan video asli.
  6. Lalu anda akan melihat penggeser yang memungkinkan anda untuk menyesuaikan tingkat kompresi video.
  7. Seret penggeser bertujuan untuk melihat ukuran yang telah dihasilkan. Saat ukuran sudah sesuai, lalu ketuk pada sudut kanan atas.
  8. Tunggu aplikasi untuk compress video anda, lalu ketuk simpan.

Demikianlah cara compress video di iPhone secara praktis dan mudah. Kualitas video yang anda peroleh pun akan tetap sama seperti awalnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto